CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Siwalan, Buah Langka Muncul Di Saat Ramadhan Saja
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec5a9daa727684cab7ae071/siwalan-buah-langka-muncul-di-saat-ramadhan-saja

Siwalan, Buah Langka Muncul Di Saat Ramadhan Saja



Assalamu 'alaikum. Tinggal menghitung hari. Hari raya Idul Fitri segera tiba Gansis. Banyak yang bersuka cita menyambutnya, tapi banyak yang sedih tahun ini. Semoga wabah covid di negeri ini cepat hilang, ya. Aamiin ya rabbal alamiin.


Quote:



Ramadhan kali ini sangatlah berbeda. Shalat di masjid nggak boleh. Pulang kampung nggak boleh. Mudik apalagi. Eh ... kebalik apa nggak, nih ya. 😅

Kalo bercerita tentang pulang kampung, apa kalian pernah bawa oleh-oleh buah yang unik. Sebagian orang menganggapnya sudah biasa, ya. Namun, hanya sebagian orang yang belum pernah menjumpainya.

Langka. Ditempatku nggak ada buah seperti ini. Adanya saat Ramadhan tiba. Harganya yang mahal dan manfaatnya jangan diragukan.

Quote:



Quote:



Siwalan, bisa juga disebut buah lontar. Pohonnya hampir mirip dengan pohon kelapa. Tingginya sampe ratusan meter. Bedanya, dari bentuk dan daging buahnya.

Kalo dimakan seperti agar-agar rasa air kelapa. Namun, lebih enak daging buah siwalan ketimbang agar-agar.

Siwalan ini dijajakan di area pinggir jalan. Banyak banget yang jual, sampe bingung beli yang mana. Biasanya aku beli yang sudah dikupas. Daging buahnya sudah dimasukkan ke dalam plastik. Tinggal kupas kulit tipis yang menempel pada buah siwalan. Kemudian, tinggal dimakan aja.


Quote:



Bukan hanya siwalan aja yang digandrungi banyak orang. Legen, air nira dari buah siwalan juga banyak peminatnya, khususnya kaum pria.

Ya, ada yang bilang air legen dari pohon siwalan ini manfaatnya adalah menambah stamina dan bagus untuk sperma.
Klik disini


Quote:



Air legen 'haram' bila diminum?

Pertanyaan itu dulu yang membuat aku jadi bingung. Apakah memabukkan? Nyatanya nggak. Namun, ada yang bilang melarang meminumnya tapi banyak yang beli, karena rasanya enak. Benar yang mana, nih.

Ternyata Gansis, ini loh yang harus temen-temen tau. Air legen itu ada alkoholnya di bawah 1%, jadi boleh dikonsumsi karena kandungan alkoholnya tidak begitu tinggi dan tidak memabukkan, seperti yang mereka bilang.

Lain halnya bila air legen yang kandungan alkoholnya sudah lebih dari 1%, tidak boleh dikonsumsi. Itu yang membahayakan. Memabukkan. Makanya dibilang haram. Hindari ya Gan.
Klik disini

Kalo beli air legen, selama dua hari harus sudah dihabiskan. Jika lebih dari itu, buang aja lah.

Kalo bulan Ramadhan habis, para penjual siwalan juga nggak ada. Makanya, sangat langka di tempat tinggalku.

Apa temen-temen kaskus pernah makan siwalan? Atau pernah minum air legen?





Sumber : blog pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Bgssusanto88 dan 20 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
firdainayah dan 2 lainnya memberi reputasi
pengen siwalan lagi 😌
profile-picture
profile-picture
profile-picture
firdainayah dan 2 lainnya memberi reputasi
udah bener bener langka sih kayanya sist, udah lama ga liat yang jualan ginian. dulu dulu sih kadang masih ada yang keliling pake sepeda ontel atau gerobak dorong gtu. dam harganya jg lumayan tuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
firdainayah dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ya sih ...
Dari dulu di sini jualan di pinggir jalan ja. Gak sampe pake sepeda ontel.
profile-picture
profile-picture
firdainayah dan adeutut memberi reputasi
Enak itu gan sayangnya disini udah susah nyarinya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 3 lainnya memberi reputasi
gresik gudangnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
firdainayah dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ya, ditempatku hanya saat Ramadhan ja. Hrs beli banyak dong
profile-picture
profile-picture
firdainayah dan adeutut memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Kurleb 1 jam lebih kesana Gan. Jauhlah ...
profile-picture
firdainayah memberi reputasi
Kulang kaling yo Mbak?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Beda mbk. Kulang kaling buahnya cuma segenggam gedenya. Direbus dulu baru diambil dagingnya.

Kalo siwalan nggak, cuma dibuang ja kulit luarnya.
profile-picture
firdainayah memberi reputasi
gw suka legennya yg udah lewat sehari seger bgt
profile-picture
profile-picture
firdainayah dan muyasy memberi reputasi
Quote:


Kalo di luar jawa timur biasanya disebut buah Lontar mbak e
profile-picture
profile-picture
firdainayah dan muyasy memberi reputasi
Diubah oleh cheepoetz
Quote:


Aku suka baunya ja kyk sari tape 😅 kalo minum, cuma sekali doang. Panas ditenggorokan.
profile-picture
firdainayah memberi reputasi
kalo gak ramadhan di buat tuak mungkin ?
profile-picture
profile-picture
firdainayah dan muyasy memberi reputasi
Air legen itu kalau dijual untuk langsung diminum, kiranya secukupnya saja. Kita tahunya dari penjualan tahun sebelumnya, karena itu perlu ada pencatatan jumlah penjualan. Daripada berlebih dan kemudian dibuang begitu saja, kiranya masih bisa diolah untuk menghasilkan gula merah, dan tentunya setelah jadi gula merah, kita tidak perlu takut kalau itu akan "busuk" setelah dua hari. emoticon-Big Grin
Atau bisa juga memakai metoda, kalau dipajang sehari tidak laku, sisanya langsung dijadikan gula merah.

Sedangkan kulit buah siwalannya sendiri, bisa diolah untuk pestisida yang ramah lingkungan. Walau mungkin ini belum banyak yang mengetahui.
profile-picture
profile-picture
firdainayah dan muyasy memberi reputasi
Diubah oleh bingsunyata
Yang bikin males itu tukang dagang nya make botol aer mineral bekas buat naro aernya.. Geli jadinya. Mao beli mundur lagi ngebayangin asal usul botol boleh mungut di sampahan emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
firdainayah dan muyasy memberi reputasi
Buah mantap nie
profile-picture
profile-picture
firdainayah dan muyasy memberi reputasi
sesuatu bisa masuk kategori "haram" jika :
- mengandung zat-zat dari segala sesuatu yang memang diharamkan, misalnya : babi, anjing, dan binatang yang hidup di dua alam (katak, kodok, buaya, penyu, dll), atau binatang buas.
- dapat membuat orang menjadi mabuk dan hilang kesadaran,
- membahayakan kesehatan dan keselamatan.

sesuatu yang tadinya halal pun bisa jadi haram jika sudah masuk ke level membahayakan kesehatan dan keselamatan jika dikonsumsi atau dilakukan secara berlebihan.

lihat dan teliti dulu kondisinya. Jangan pukul rata donk.

air putih pun bisa jadi haram jika dikonsumsi secara berlebihan. karena dapat menimbulkan keburukan bagi tubuh.

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
firdainayah dan muyasy memberi reputasi
Diubah oleh 64m64n9s
Quote:


Kemungkinan gitu Gan
profile-picture
firdainayah memberi reputasi
Quote:


Bukan itu ja. Di sini da es campur, es kopyor, es oyen, es blewah. Macem" pokoknya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
firdainayah dan adeutut memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di