CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Motor Matic Rasa MotoGP, Lihat Aja Ada Ada Fitur Canggih Ini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec59c837414f536231de03d/motor-matic-rasa-motogp-lihat-aja-ada-ada-fitur-canggih-ini

Motor Matic Rasa MotoGP, Lihat Aja Ada Ada Fitur Canggih Ini

Ada yang tahu teknologi winglet? Bagi yang suka nonton MotoGP pasti tahu apa itu wingle ini. Jika kamu melihat sisi kanan dan kiri fairing terdapat semacam spoiler kecil, itulah yang dinamakan winglet. 

Benda ini bukan hanya sekedar pajangan saja, tentu memiliki fungsi yang sangat krusial. Yang jelas keberadaan winglet dapat memperbaiki akselerasi suatu kendaraan dan memberikan traksi yang baik di kecepatan tertentu.

Motor Matic Rasa MotoGP, Lihat Aja Ada Ada Fitur Canggih Ini

Sifat winglet ini seperti memberikan downforce atau tekanan kebawah tambahan bagi motor tersebut, Karena bentuknya yang aerodinamsi sehingga membuat turbulensi angin yang terbelah dikonversikan jadi tenaga yang berfungsi untuk menambahkan tekanan bagi motor tersebut.

Alhasil jika motor mendapat tekanan maka traksi roda terhadap aspal juga sangat besar, para pembalap akan diuntungkan ketika mereka melakukan akselerasi dikecepatan tinggi dan juga saat melibas tikungan.

Motor Matic Rasa MotoGP, Lihat Aja Ada Ada Fitur Canggih IniMotor Matic Rasa MotoGP, Lihat Aja Ada Ada Fitur Canggih Ini

Nah, teknologi tersebut juga ditanamkan di motor matic buatan Piaggio ini. Skutik roda tiga yang dinamai Piaggio MP3 ini terlihat menggunakan paten desain berteknologi winglet. Teknologi ini biasanya ditanamkan untuk mencegah yang namanya wheelie, tapi padahal jika kita bayangkan motor yang memiliki konfigurasi roda tiga seperti Piaggio MP3 ini memiliki distribusi yang berat dibagian didapan.

Teknologi winglet ini memiliki sistem independen, yang artinya konfigurasi kanan dan kirinya berbeda. Salah satu sisi winglet memiliki posisi liftforce sedangkan posisi yang sebaliknya memiliki berbentuk downforce.

Lalu kenapa Piaggio membekali teknologi ini di motornya? Jadi menurut penuturan pihaknya mereka sengaja membekali fitur tersebut untuk memudahkan pengendara dalam menikung. Winglet di sisi dalam tikungan akan dibuat menghasilkan Downforce sementara winglet di sisi luar akan dibuat menghasilkan LiftForce.

Motor Matic Rasa MotoGP, Lihat Aja Ada Ada Fitur Canggih Ini

Sitem kerja winglet tersebut akan dibantu sensor IMU yang pintar, sehingga dapat memberikan distribusi yang baik saat pengendara Piaggio MP3 ini menikung.

Tapi apakah berguna? Mengingat motor yang dipasangi teknologi winglet ini kecepatannya tidak seberapa kenceng. Bahkan untuk menikung pun, pendistribusian berat Piaggio MP3 ini sudah lumayan berat untuk downforce.

Gimana menurut kalian, canggih bukan?

Referensi : iwanbanaran.com(17/5/2020).

profile-picture
profile-picture
profile-picture
orgbekasi67 dan 23 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Post ini telah dihapus oleh KS06
Post ini telah dihapus oleh KS06
Wadidaw neh motor
profile-picture
anakjahanam721 memberi reputasi
Mane lagi gambar nya??
Baru desain aja...?emoticon-Ultah
Boros nggak tuh kalau diterapkan? emoticon-Matabelo
pas banget teknologi ini buat aku yg ga bisa kopling ajahaha
Apa malah gak bahaya?
Post ini telah dihapus oleh KS06
Buat ngebut dong?
profile-picture
Fanear memberi reputasi
kaya viar dan nizomi
motor matic buat belanja kepasar cocok kalo buat balapan mah emoticon-Cape d...
Tetep bisa buat beli lpg sama galon ga nih emoticon-EEK!
motor ane pake singlet.. emoticon-Ultah

bat@
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gargantuar89 dan 2 lainnya memberi reputasi
Harga yang di tawarkan setara dengan teknologi yang di berikan
ni motor apa ya? peugout?
Lihat 1 balasan
masuk dulu di thread iwan banaran..

ia cak..

emoticon-Selamat
pujoo
emoticon-Matabelo

Ga perlu napak
motor 3 ban
ah, sama kayak Yamaha NIKEN juga paling desainnya. cuman mesin doang di ganti matic.
wawww sekarang motor matic pun udah pada kenceng banget yah kayak baik ducati
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di