CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Permainan Kotor Pemicu Harga Gula Meroket Akhirnya Terbongkar!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec51f778d9b175c9d7fad61/permainan-kotor-pemicu-harga-gula-meroket-akhirnya-terbongkar

Permainan Kotor Pemicu Harga Gula Meroket Akhirnya Terbongkar!

Permainan Kotor Pemicu Harga Gula Meroket Akhirnya Terbongkar!

Jakarta - Pemerintah membongkar permainan kotor distributor yang menyebabkan harga gula tembus Rp 18.000-Rp 22.000/kg. Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengungkapkan, distributor itu ialah PT PAP yang menjual harga gula di atas harga acuan di tingkat konsumen ke distributor lainnya.

PT PAP diduga menjual ribuan ton gula ke distributor lainnya hingga beberapa lapis distributor dengan harga Rp 13.000/kg, jauh di atas harga acuan konsumen. Tak hanya itu, PT PAP juga diduga sudah menjual gula dengan harga di atas acuan tersebut ke lintas provinsi di wilayah Indonesia seperti ke Maluku dan Kalimantan.

"Hasil pengawasan barang beredar Ditjen PKTN Kemendag ditemukan penjualan gula dari distributor 1 ke distributor ke-2 gula hingga distributor ke distributor ke-3 dan distributor ke-4 bahkan dijual lintas provinsi dengan harga yang sudah mencapai Rp 13.000/kg," ujar Agus dalam keterangan tertulis Kementerian Perdagangan (Kemendag), Rabu (20/5/2020).

Agus dan jajarannya sudah menyidak gudang penyimpanan stok gula dari PT PAP yang berlokasi di gudang produsen PT Kebon Agung, Jalan Kebon Agung, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dari penyidakan tersebut, ditemukan 300 ton gula masih tersisa dan langsung diamankan. Menurut Agus, jumlah tersebut hanyalah sebagian kecil dari gula yang sudah dijual PT PAP.


Ia mengatakan, pihaknya akan memberikan sanksi tegas berupa pencabutan izin usaha dari distributor nakal tersebut.

"Kami tak segan akan mencabut izin usaha dan membawa kasus ini ke ranah hukum," tegas Agus.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag Veri Anggrijono mengatakan, 300 ton gula yang sudah disita pihaknya akan diguyur ke pengecer di pasar.

"Rencananya gula yg diamankan ini akan dilepas langsung ke pengecer, terutama yang ada di pasar tradisional sehingga dapat memotong jalur distribusi yang tidak wajar, sehingga masyarakat mendapatkan gula dengan dan yang tidak melebihi HET Rp. 12.500/kg," tandas Veri.

Veri menambahkan Kemendag dalam melakukan pengawasan dan penindakan terhadap segala pelanggaran yang menyebabkan kelangkaan dan tingginya harga gula di pasar.

"Kemendag bersinergi dengan Satgas Pangan akan terus melakukan pengawasan dan penindakan terhadap segala bentuk pelanggaran dalam kegiatan perdagangan dan akan memberikan sanksi yang tegas bagi siapapun yang melanggar. Distributor harus terdaftar di Kementerian Perdagangan sehingga lebih mudah dikontrol," tandas Veri.

Dalam kesempatan ini, Bupati Malang HM Sanusi meminta Mendag Agus untuk menggelontorkan temuan gula ini ke pasar rakyat dan ritel modern di Kabupaten Malang dan sekitarnya agar harga gula bisa normal Rp12.500/kg. Mendapat permintaan tersebut, Agus memerintahkan agar Operasi Pasar Gula Pasir segera dilakukan di wilayah Malang dan sekitarnya.

"Sebenarnya distribusi gula ke Malang, atau seluruh wilayah Jawa Timur sedang dilakukan Operasi Pasar dalam satu-dua hari ini sehingga harganya bisa Rp12.500/kg. Saya kira pabrik gula juga ada di Malang, juga diprioritaskan pendistribusiannya di wilayah sekitar," ujar Agus.


Sumur: https://m.detik.com/finance/berita-e...nya-terbongkar

TERBONGKAR..!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iisirawan dan 8 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Yg spt ini seolah bikin bulog itu gak ada gunanya sama sekali.
oknum pengusaha spt itu kok dipercaya sbg penyalur utama gula nasional
yg menguasai hajat hidup org banyak
emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
judogal dan 3 lainnya memberi reputasi
Masa cmn siji doank
profile-picture
uratkumbang memberi reputasi
Plot twist ala konspirasi: Sang saudagar upetinya kurang ke kerajaan setempat karena wabah, jadi dimatiin biar dikasih kesempatan buat saudagar yang lain... emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
judogal dan uratkumbang memberi reputasi
Cuman izin aja dicopot emoticon-Leh Uga
profile-picture
uratkumbang memberi reputasi
kambing hitam lagi kyk dulu pt ibu

Kapasitas segitu mana bisa pengaruhi harga nasional...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
judogal dan 2 lainnya memberi reputasi
Ingat PT.PAP kalau sempat masih beroperasi pasti ada kongkalikongemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 2 lainnya memberi reputasi
kaga usah kaget pak, sekarang aja di pasar" pada beredar gula rafinasi
profile-picture
uratkumbang memberi reputasi
langsung lah penjara dan hukum seberat"nya
profile-picture
uratkumbang memberi reputasi
"Kami tak segan akan mencabut izin usaha dan membawa kasus ini ke ranah hukum," tegas Agus.

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
esaka.kedua dan uratkumbang memberi reputasi
yang kamu lakukan itu...jahat! eh, numpang taro tissue dulu di pejwan...
profile-picture
uratkumbang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
semoga para oknum2 kotor itu kena diabetes abadi emoticon-Ngamuk:
profile-picture
uratkumbang memberi reputasi
Ga usah pake gula, ga sehat, bisa kena diabetes, orang jaman dulu ga pake gula buat minum sama makan, bisa hidup panjang umur
profile-picture
profile-picture
uratkumbang dan prestige memberi reputasi
masak cuman satu itu ??? klo cuman dia doang ngak bakalan naik drastis kecuali yg lain juga harganya mirip
profile-picture
uratkumbang memberi reputasi
Biang keroknya ijin impor.
profile-picture
uratkumbang memberi reputasi
Wah salut buat Mendag Erick Thohir
profile-picture
uratkumbang memberi reputasi
gula ini bukan makanan pokok jg sbnrnya sih.
profile-picture
uratkumbang memberi reputasi
bukannya kurang upeti nih makanya di ciduk? wkwkwk
profile-picture
uratkumbang memberi reputasi
nanti import dari tiongkok....
profile-picture
uratkumbang memberi reputasi
Saya akan doakan para mafia ini biar mati terpuji nan syahid.

Karena Corona
profile-picture
profile-picture
judogal dan uratkumbang memberi reputasi
biar bisa impor, trs tar jokowi maen drama nyalahin pemerintah karena impor. lagu lama yg diulang2
profile-picture
uratkumbang memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di