CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bye-bye! Kelas Peserta BPJS Kesehatan Bakal Dihapus
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec4e42c7e3a723040697862/bye-bye-kelas-peserta-bpjs-kesehatan-bakal-dihapus

Bye-bye! Kelas Peserta BPJS Kesehatan Bakal Dihapus

Bye-bye! Kelas Peserta BPJS Kesehatan Bakal Dihapus Foto: Charolin Pebrianti

Jakarta - Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) membeberkan rencana penghapusan kelas dalam program jaminan kesehatan nasional BPJS Kesehatan. Ini artinya kelas 1, 2, dan 3 untuk peserta mandiri yang ada saat ini akan tergabung menjadi hanya satu kelas.

"Jadi konsep ideal ke depan, diharapkan hanya akan ada satu kelas tunggal di JKN," ujar Anggota DJSN Muttaqien kepada detikcom, Rabu (20/5/2020).

Pengadaan kelas tunggal atau yang disebut oleh DJSN sebagai kelas standar ini didorong sebagai upaya untuk menerapkan kembali prinsip ekuitas yang tertuang dalam amanah Undang-Undang (UU) No.4 Tahun 2014 Pasal 23 Ayat (4).

"DJSN dalam jangka panjang ingin mengembalikan amanah UU tersebut yang menyatakan bahwa dalam hal peserta membutuhkan rawat inap di rumah sakit, maka kelas pelayanan di rumah sakit diberikan berdasarkan kelas standar. Sehingga tidak ada kelas di rawat inap RS. Hal ini untuk memastikan adanya prinsip ekuitas untuk memastikan bahwa semua rakyat mendapatkan hak yang sama tanpa dibedakan kelas sosial maupun ekonomi masyarakat," katanya.

Akan tetapi, rencana penghapusan kelas ini akan dilakukan secara bertahap dimulai dari 2021-2022 mendatang. Sembari menunggu kesiapan Rumah Sakit (RS). Setelah itu, barulah kelas tunggal benar-benar bisa diterapkan seutuhnya pada 2024 mendatang.

"Untuk menuju kelas tunggal tersebut, maka membutuhkan waktu terkait konsep dan spesifikasi kelas standar, kesiapan RS, pendanaan, maupun harmonisasi regulasi. Sehingga proses tersebut akan dilaksanakan bertahap. Untuk tahap awal, akan ditetapkan dua kelas standar dulu dimulai 2021-2022, setelah itu kita evaluasi dulu, barulah di 2024 mulai kelas tunggal," tutupnya.

Rencana penghapusan kelas peserta BPJS Kesehatan ini sudah disetujui dalam Rapat Tingkat Menteri dan selanjutnya untuk memperkuat dituangkan di Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 Pasal 54 A dan 54 sebagai panduan awalnya.

Adapun bunyi Pasal 54 A perpres tersebut adalah sebagai berikut : Untuk keberlangsungan pendanaan Jaminan Kesehatan, Menteri bersama kementerian/lembaga terkait, organisasi profesi, dan asosiasi fasilitas kesehatan melakukan peninjauan Manfaat Jaminan Kesehatan sesuai kebutuhan dasar kesehatan dan rawat inap kelas standar paling lambat bulan Desember 2020. Artinya, akhir tahun ini, penyesuaian terhadap kartu peserta BPJS Kesehatan harus sudah bisa mulai dijalankan.

sumber: https://finance.detik.com/moneter/d-...159.1581999425


nastak dan nasbung silakan tanggapannya emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Bobby315 dan 33 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
Tambah ruwet emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
decodeca dan gabener.edan memberi reputasi
kenapa dihapus pak? kuatir rakyat berbondong bondong pindah ke kelas 3?
yang kelas 1 aja dulu sering dilepehin ama RS, apalagi sekarang semua dianggap sama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
syangyong dan 24 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
itu menkeu yang kemaren bacot tinggal turun kelas gimana tuh.....bangsad...emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoshitake dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
spt dulu pakai ASKES,,...
ribet BPJS>>.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Semua terpadu.
Karena kita satu hati, tanpa dikotak-kotakkan oleh strata dan kelas.

emoticon-Angel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zhed09 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lupis.manis
Lihat 2 balasan
pada puas y koar koar dikaskus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mhrdhk94 dan 5 lainnya memberi reputasi
anjing2 nggak ada yg bener. bakal makin dilepehin RS dah para pesertanya. yg sekarang, kelas 1 aja dianggap kayak tukang minta2.



anjing kalian.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoshitake dan 16 lainnya memberi reputasi
emoticon-Leh Uga
ambyar
profile-picture
profile-picture
decodeca dan gabener.edan memberi reputasi
lah trus bayarannya gimana?
trus d rumah sakitnya pelayanannya gimana? lol
profile-picture
profile-picture
decodeca dan gabener.edan memberi reputasi
Nah mending gitu, langkah selanjutnya, hapus PBI
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zhed09 dan 2 lainnya memberi reputasi
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Di rumah sakit ada kelasnya....

Terus nanti basic-nya mau dikemanain?
Semua distandar kelas 3 (kamar perawatan isi 6 tempat tidur) kah?

Kalo asuransi swasta jelas
premi sekian dapet kamar standar sekian rupiah

emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Bagus samakan saja banyak kubaca keluhan kelas 1 dirawat kls 3 karna alasan kmr penuh emoticon-Big Grin yg penting bpjs bayar tagihan rs jgn telat biar pasien dilayanin bagus urusan yg mo naik kmr bayar nambah duit sdr emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 7 lainnya memberi reputasi
Kenyataan apa beda kelas 2 dan kelas 3
Nunggak juga kagak masalah emoticon-Big Grin

Studi kasus
Bulik saya nunggak 2 tahun bpjs kelas 3
Masuk rsud kondisi tdk sadar kena struk dan gula

1. Tunggakan bpjs 650 ribu dibayar

Masuk icu

Bayar denda diagnosa awal 1.900.000

Masuk icu 5 hari
Masuk hcu 5 hari
Masuk perawatan kelas 3 5 hari
Akhirnya meninggal


Total by perawatan 23.800.000 ditanggung bpjs emoticon-Big Grin


emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 21 balasan
Klo disamakan mau pake tarif yg mana tuh bpjs ?
Ngoahahaha...
profile-picture
profile-picture
decodeca dan anggrekbulan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Beli rumah sakit swasta
Beli dokter jadikan PNS
Iket itu rumah sakit dan dokternya
Jangan ada tagihan siluman, mubazir dan diada2in
Bikin sekolah dokter dengan biaya minim dan ikatan dinas
Ubah mindset jd dokter biar kaya
Semua dokter udah kebayang sebulan berapa duit yg bakal diterima
Yg penting stabil, misal gaji dokter rata2 di range 10-15jt
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
trus kalo kalian gak dpt kamar, karena kamar kelas 3(paling rendah) tentu sangat sedikit di swasta, kalian jgn mewekemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
decodeca dan gabener.edan memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Kesehatan itu penting juga
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Ada yang takut user bpjs cuman kelas 3 doang emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chisaa dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Apalagi nih
profile-picture
profile-picture
i.macintosh dan gabener.edan memberi reputasi
Dipaksa bayar mahal emoticon-Leh Uga

Bye-bye! Kelas Peserta BPJS Kesehatan Bakal Dihapus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh alisson.13
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di