CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Perang Pastry (1838-1839), Saat Toko Kue Menjadi Pemicu Perancis Menyerang Meksiko
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec4df2aaf7e93375a3b44da/perang-pastry-1838-1839-saat-toko-kue-menjadi-pemicu-perancis-menyerang-meksiko

Perang Pastry (1838-1839), Saat Toko Kue Menjadi Pemicu Perancis Menyerang Meksiko

Perang Pastry (1838-1839), Saat Toko Kue Menjadi Pemicu Perancis Menyerang Meksiko

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Shalom, salam sejahtera. Om swastiastu. Namo buddhaya. Wei de dong tian.

Hai, GanSis apa kabar?

emoticon-I Love Indonesia

Perang Pastry (1838-1839), Saat Toko Kue Menjadi Pemicu Perancis Menyerang Meksiko
Lukisan oleh Horace Vernet yang menggambarkan armada Perancis membombardir benteng San Juan de Ulúa pada tahun 1838.
Sumber

Perang Pastry (1838-1839) (bahasa Spanyol: Guerra de los pasteles) atau Perang Perancis-Meksiko Pertama adalah intervensi Perancis terhadap Meksiko dengan memblokade beberapa pelabuhan Meksiko dan menaklukkan benteng San Juan de Ulúa di Veracruz.

Pada awal berdirinya Republik Meksiko, terjadi serangkaian kekacauan sipil akibat perebutan kekuasaan oleh faksi-faksi yang hendak menguasai negara baru tersebut. Kerusuhan dan pertempuran sering berakhir penghancuran atau penjarahan properti pribadi.

Acap kali para korban kerusuhan tak bisa mengklaim kompensasi kepada Pemerintah sebab ketiadaan perwakilan di golongan atas. Sementara itu, orang asing yang menjadi korban juga tak memperoleh kompensasi. Akibatnya mereka mencecar pemerintah negara mereka sendiri guna memperoleh bantuan dan kompensasi atas kerusakan properti di Meksiko.

Saat itu Perancis menjadi mitra dagang terbesar ketiga Meksiko. Ramai orang Perancis yang bekerja dan membuka usaha di sana dan tak jarang turut menjadi korban kekacauan sipil.

Perang Pastry (1838-1839), Saat Toko Kue Menjadi Pemicu Perancis Menyerang Meksiko
Raja Louis Philippe.
Sumber

Pada suatu hari seorang koki pastry Perancis bernama Monsieur Remontel mengadu kepada Raja Louis Philippe bahwa pada tahun 1832, pegawai sipil Meksiko menjarah toko kue miliknya yang terletak di Tacubaya, pinggiran ibu kota Mexico City. Ia telah menuntut ganti rugi 60.000 peso, namun kompensasi dari Pemerintah Meksiko hanya menghargai kurang dari 1.000 peso.

Sebelumnya pada tahun 1828, terjadi penjarahan toko-toko Perancis di Plaza del Zócalo, Mexico City. Juga pada tahun 1837, seorang warga Perancis di Tampico dieksekusi atas tuduhan pembajakan.

Pada tahun 1838, Raja Louis Philippe melalui Perdana Menteri Louis-Mathieu Molé, menuntut pembayaran 600.000 peso atau 3 juta franc sebagai ganti rugi. Nominal yang sangat besar pada saat itu sebab upah standar harian di Mexico City hanya sekitar 1 peso.

Presiden Anastasio Bustamante yang masih sibuk dengan masalah dalam negeri pun menolak tuntutan itu. Perancis memberikan ultimatum seraya mengirim 10 kapal perangnya pada bulan Maret 1838. Armada mendarat di Isla de Sacrificios, Veracruz dengan ancaman invasi jika Meksiko tak memenuhi tuntutan.

Ketika ultimatum berakhir pada tanggal 15 April 1838, AL Perancis di bawah kepemimpinan Laksamana Bazoche menyatakan blokade total semua pelabuhan di Teluk Meksiko, dari Yucatán sampai Rio Grande. Mereka mulai menyita kapal-kapal dagang Meksiko yang membuat hubungan kedua negara terputus keesokan harinya.

Perang Pastry (1838-1839), Saat Toko Kue Menjadi Pemicu Perancis Menyerang Meksiko
Laksamana Muda Charles Baudin.
Sumber

Pada bulan Oktober 1838, Perancis menambah 20 kapal perang di bawah komando Laksamana Muda Charles Baudin yang merupakan veteran Perang Napoleon. Ia akan menjadi pemimpin utama armada Perancis di Meksiko. Setibanya di sana, kedua belah pihak sempat bertemu di Xalapa untuk melakukan negosiasi. Tuntutan dari Perancis naik menjadi 800.000 peso yang terdiri dari: 600.000 peso untuk penyelesaian umum dan 200.000 peso sebagai uang bensin armada Perancis yang telah berlabuh di lepas pantai Meksiko.

Meksiko yang sejak awal tak ingin membayar berupaya mengulur waktu. Perancis yang hilang kesabaran akhirnya memborbardir benteng San Juan de Ulúa dan pesisir Veracruz (kota pelabuhan terpenting di Teluk Meksiko) pada tanggal 21 November 1838. Terjadi serangkaian pertempuran liar di benteng San Juan de Ulúa sampai Meksiko menyatakan perang resmi pada tanggal 30 November 1838.

Pada tanggal 4 Desember 1838, Meksiko menugaskan Antonio López de Santa Ana untuk melindungi Veracruz. Ia berhasil memukul mundur pasukan Perancis untuk kembali ke kapal.

Perang Pastry (1838-1839), Saat Toko Kue Menjadi Pemicu Perancis Menyerang Meksiko
Pertempuran Veracruz 1838.
Sumber

Ketika pertempuran mencapai dermaga, armada Perancis menembaki pasukan Meksiko yang melakukan pengejaran. Di sini Santa Ana terkena rentetan peluru anggur di kaki yang menyebabkan kakinya harus diamputasi. Ia memerintahkan pasukannya mundur menjauh dari pesisir dan melakukan evakuasi penduduk ke Pocitos, kota satelit Veracruz yang aman dari jarak tembak kapal-kapal Perancis.

Blokade tersebut melumpuhkan ekonomi Meksiko. Satu-satunya akses laut hanya bergantung kepada Republik Texas yang sebetulnya juga musuh Meksiko karena baru saja memproklamirkan kemerdekaan dua tahun yang lalu. Namun, Republik Texas khawatir Perancis juga akan memblokade mereka. Pada akhirnya mereka membentuk batalion patroli untuk menghentikan penyelundupan barang-barang dari Meksiko.

Amerika Serikat yang ingin menegaskan hubungan persahabatan dengan Perancis mengirim USRC Woodbury untuk membantu patroli Perancis. Kasihan kepada Meksiko yang diblokade selama berbulan-bulan, Inggris berusaha menengahi yang sukses melahirkan perjanjian perdamaian pada tanggal 9 Maret 1839. Meksiko bersedia membayar 600.000 peso sebagai ganti rugi untuk warga Perancis terdampak penghancuran dan penjarahan properti. Perancis menarik pulang seluruh armadanya, namun nominal tersebut tak pernah dibayarkan.

Perang Pastry (1838-1839), Saat Toko Kue Menjadi Pemicu Perancis Menyerang Meksiko
Charles-Louis Napoleon Bonaparte atau Napoleon III.
Sumber

Kelak masalah ini menjadi pembenaran Napoleon III untuk melakukan intervensi kedua, terlepas tujuan utamanya adalah agenda luar negeri demi melebarkan pengaruh Perancis ke seluruh dunia. Dengan menggandeng Inggris dan Spanyol, koalisi Perancis menyerbu Meksiko pada musim dingin tahun 1861.

Inggris dan Spanyol mengundurkan diri setahun kemudian setelah negosiasi damai dengan Meksiko, sedangkan Perancis melanjutkan invasi dengan melegitimasikan kekuasaan lewat Maximilian I (adik Kaisar Austria, Franz Joseph I) yang diangkat menjadi Kaisar Meksiko pada tanggal 10 April 1864. Sementara itu, kubu Republik tetap melakukan perlawanan gerilya di lapangan.

Di tempat berbeda terjadi Perang Saudara Amerika Serikat (1861-1865). Menjelang berakhirnya perang, Amerika Serikat yang dipimpin oleh pegiat hak asasi manusia, Abraham Lincoln, mulai mengambil sikap dengan mendukung perjuangan kubu Republik di Meksiko. Napoleon III yang lebih menjaga hubungan baik Perancis-AS dibandingkan ambisi monarki Meksiko, memutuskan menarik pasukannya pada tanggal 31 Mei 1866. Itu berarti Maximilian I harus berjuang sendirian yang membawanya pada kekalahan.

Pengadilan militer menjatuhi hukuman mati untuk Maximilian I dan kedua jenderalnya: Miguel Miramón dan Tomás Mejía. Banyak kepala negara Eropa dan tokoh-tokoh terkemuka lainnya (termasuk Victor Hugo dan Giuseppe Garibaldi) yang memohon agar Maximilian I dibebaskan, tapi Presiden Benito Juárez menolak dengan alasan bahwa rakyat Meksiko tak bisa mentolerir pemerintahan yang dilaksanakan oleh kekuatan asing.

Perang Pastry (1838-1839), Saat Toko Kue Menjadi Pemicu Perancis Menyerang Meksiko
Maximilian I dan kedua jenderalnya dieksekusi pada tanggal 19 Juni 1866.
Sumber

Pada tanggal 19 Juni 1866, Maximilian I dan kedua jenderalnya dieksekusi di Cerro de las Campanas, sebuah bukit di pinggiran kota Querétaro. Kubu monarki yang menguasai Mexico City menyerah sehari setelah eksekusi tersebut. Republik dipulihkan dan Presiden Juárez kembali berkuasa di ibu kota federal.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sumber Referensi:
1 | 2 | 3 | 4 | 5

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sekian thread dari ane. Ambil bagusnya, buang buruknya. Semoga bermanfaat. Bye.

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)
Perang Pastry (1838-1839), Saat Toko Kue Menjadi Pemicu Perancis Menyerang Meksiko
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 64 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prayformysky dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mengeja
Ternyata masih ada hubungannya sama invasi Napoleon III emoticon-Belo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
gara2 toko kue bisa memancing perang gede ya gan ?,nice share.nambah wawasan nih emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uray24 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
pasukan mexico vs perancis, msh ada republik texas di amrik... ada pihak UK pula.... ribet bngt ya kasus ini yg awal mula hny krn soal kue saja, gan....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uray24 dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:

Emang suwe Napoleon III udah bujuk Maximilian I buat jadi Kaisar Meksiko eh malah ditinggal
emoticon-Leh Uga



Quote:

Yoi bre sampe segitunya Perancis ngelindungin hak warganegaranya
emoticon-Matabelo



Quote:

Itu rantai peristiwa aja bre. Gak lama Meksiko merdeka dari Spanyol, Republik Texas juga memerdekakan diri. Buat Meksiko mereka ini separatis, tapi pas perang sama Perancis numpang naruh selundupan via Texas juga
emoticon-Leh Uga

Texas ini belom punya AS karena waktu nawarin aneksasi, AS malah nolak. Baru nanti setuju aneksasi tahun 1845 yang jadi sebab Perang AS-Meksiko 1846-1848
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
lagian ganti ruginya berkali2 lipat dia beli toko tersebut,dan upahnya cuma 1 peso perhari,yah wajarlah ngasih seribu peso.penjajah mah gitu minta seenak jidatemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
uray24 dan mengeja memberi reputasi
gue kira perang lempar2an pastry emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
uray24 dan mengeja memberi reputasi
emoticon-Keep Posting Gan
profile-picture
profile-picture
uray24 dan mengeja memberi reputasi
Quote:


jadi si pns vangsat ini penyebabnya emoticon-Mad
kelakuannya macam ormas atau suporter bola disini emoticon-Bata (S)

pribumi lokal menjarah toko milik warga keturunan asing.. lalu pemerintah lokal tutup mata ga mau tanggung jawab atau malah terkesan membela.. hmmm jadi teringat emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
uray24 dan mengeja memberi reputasi
sampe sekarang meksiko rusuh yak.. tapi lawan kartel narkoboi.

sebenernya ya pemimpin meksiko lagi pusing juga negara baru ekonomi belum beres san lagi rebutan kekuasaan jadi ya kaya acuh tak acuh ama itu jadinya kena serang dan tambah ruwet.
ini seperti di gangguin anak gang sebelah trus pulang ngadu ke bapaknya emoticon-Leh Uga


Ngeliat gambar ini jadi keinget opening game AOE 3
Perang Pastry (1838-1839), Saat Toko Kue Menjadi Pemicu Perancis Menyerang Meksiko
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uray24 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh aliensia
kenapa amerika ga melindungi meksiko ya?,secara mereka memakai prinsip doktrin monroe yang menyatakan eropa jangan ada intervensi di benua Amerika lagi..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uray24 dan 2 lainnya memberi reputasi
Baguette vs Taco emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 2 lainnya memberi reputasi
Ebused gara-gara toko kue dijarah jadi berujung peperangan
profile-picture
profile-picture
uray24 dan mengeja memberi reputasi
Sama saja ya..
Masalah perut emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
uray24 dan mengeja memberi reputasi
Napoleon kurang ajar, max terjebakemoticon-Wink
profile-picture
profile-picture
uray24 dan mengeja memberi reputasi
buritos vs croissant
profile-picture
profile-picture
uray24 dan mengeja memberi reputasi
gara-gara takjil sampai begitu.
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alepato1602 dan 2 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
grande armee emoticon-Belgiaemoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
uray24 dan mengeja memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di