CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Penggunaan Inclinometer Pada Industri Maritim
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec4d661b8408868c83d1263/penggunaan-inclinometer-pada-industri-maritim

Penggunaan Inclinometer Pada Industri Maritim

Inclinometer adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk menunjuk ataupun untuk melakukan pengukuran pada sudut permukaan tanah. Pada industri kelautan, alat inclinometer ini seringkali digunakan pada kapal besar serta rig minyak untuk melakukan pengukuran kemiringan yang terjadi pada kapal pada saat kapal melintasi perairan tenang ataupun pada saat melewati perairan yang relatif bergelombang atau berombak.
Penggunaan Inclinometer Pada Industri Maritim
Pada saat dilakukannya proses pengeboran di tengah lautan, akan dilakukan beberapa proses yang sangat sulit, reservoir yang memiliki kandungan minyak serta gas pada daerah samudera harus berada tepat pada zona yang tepat, serta harus dilakukan proses penggalian pada kedalaman tertentu. Hal tersebut karena, jika proses penggalian pada waduk tersebut dilakukan penggalian yang terlalu dalam, maka hal tersebut dapat membahayakan ekosistem laut yang berada di sekitan area.

Dengan menggunakan inclinometer kita dapat mengetahui batasan maksimum pada reservoir. Untuk batas maksimal minyak di bawah laut dapat berkisar antara 1000 kaki hingga maksimal 35 ribu kaki. Mengukur kemiringan yang terjadi pada kapal juga merupakan hal yang sangat penting. Karena jika kapal mengalami kemiringan yang melebihi batas pada saat melewati ombak, tentu kapal dapat mengalami kecelakaan fatal seperti terbalik di tengah lautan. Dengan menggunakan inclinometer kita juga dapat dengan mudah menentukan kemiringan pada kapal dan melakukan pembatasan pada kemiringan sesuai dengan batasan bebas bahaya kemiringan pada kapal.

Inclinometer merupakan sebuah alat yang diciptakan berdasarkan rata rata, alat ini akan berisi cairan yang dapat memberikan sifat perpindahan pada sebuah perangkat. Lalu setelahnya alat akan ditutup dengan menggunakan penutup kaca yang memiliki ukuran menyerupai lingkaran geometris penuh. Dan juga kesalahan margin yang terdapat pada alat ini bisa dibilang sama sekali tidak ada, sehingga alat ini dapat diandalkan pada tiap tiap pengukuran nya. Alat ini juga dapat menciptakan jarak virtual yang juga dikenal dengan istilah “cakrawala buatan” dengan menggunakan batuan agar tercapai nya tujuan tersebut.

Selain pada tanah dan industri lautan, penggunaan inclinometer juga dapat diaplikasikan pada pesawat terbang, serta alat ini juga dapat digunakan untuk mencari tahu kemiringan yang lebih cenderung pada sebuah gedung. Alat ini diciptakan pada tahun 1900 an dan sudah diaplikasikan selama berpuluh tahun lamanya, serta dari tahun ke tahun penggunaan pada alat ini dapat naik berkali kali lipat


Sumber : Testing Indonesia


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di