CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Aparat Industri Disiapkan Hadapi "Normal Baru", Fungsinya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec4b552a727682db5378366/aparat-industri-disiapkan-hadapi-quotnormal-baruquot-fungsinya

Aparat Industri Disiapkan Hadapi "Normal Baru", Fungsinya?

Aparat Industri Disiapkan Hadapi "Normal Baru", Fungsinya?

Kementerian Perindustrian menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) untuk aparatur industri di 34 provinsi seluruh Indonesia untuk mempersiapkan aparat industri dalam menghadapi kenormalan baru di tengah pandemi COVID-19.

“Kegiatan ini jadi merupakan momentum paling tepat untuk menjawab tantangan, dalam rangka menyiapkan aparat industri yang mampu menjawab berbagai macam tantangan, khususnya ketika menghadapi Covid-19, dan bersiap menghadapi kenormalan baru yang berkaitan dengan kegiatan industri,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, saat pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aparatur Industri secara virtual, Selasa (19/5).

Menperin mengungkapkan, kegiatan bimbingan teknis tersebut merupakan upaya knowledge transfer sekaligus sinkronisasi persepsi antara aparatur industri di pusat dan daerah, terkait kebijakan pengembangan dan pembinaan industri pada masa pandemi dan setelah COVID-19.

“Peserta diharapkan berperan aktif selama mengikuti bimtek agar tujuan dari penyelenggaraan bimtek ini dapat dicapai secara optimal,” paparnya, dikutip Antara.

Kegiatan yang dimotori oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin itu diharapkan mampu menyiapkan aparatur industri khususnya di daerah, agar mampu beradaptasi dalam menjalankan tugasnya mendampingi pelaku usaha atau industri dalam menghadapi berbagai macam situasi dan kondisi yang beragam. Termasuk kondisi pandemi Covid-19.

“Harus kita pahami, setelah pandemi Covid-19 ini membuat masyarakat harus menyesuaikan diri dengan yang disebut normal baru, sehingga aparatur industri sebagai pelayan publik dituntut untuk berinovasi dalam hal kebijakan yang bisa mendukung masyarakat industri,” ujar Menperin.

Ia menuturkan, dengan kegiatan bimtek aparatur industri ini diharapkan meningkatkan kemampuan peserta dalam membuat, mengevaluasi dan mengimplementasikan kebijakan yang terkait dengan sektor industri.

“Tentunya, termasuk memahami konsep dan kebijakan ekonomi, mampu menganalisa posisi sektor industri dalam kebijakan makro dan kebijakan sektoral, mengevaluasi dampak kebijakan nasional dan internasional terhadap sektor industri, serta menyusun kebijakan dan menganalisis kebijakan publik,” imbuh Menperin.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin Eko SA Cahyanto mengatakan, para peserta bimtek aparatur industri merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) baik pusat maupun daerah yang khusus menangani bidang perindustrian. Peserta dari masing-masing provinsi terdiri dari aparatur dinas perindustrian baik tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota.

“Sasaran yang hendak dicapai melalui bimtek aparatur industri yakni tersedianya aparatur industri di daerah pada tingkat provinsi yang memiliki wawasan terkait implemantasi kebijakan pengembangan pembinaan industri pada masa pandemi Covid-19, serta menyiapkan industri di daerah untuk menghadapi normal baru,” terangnya.

Adapun materi yang diberikan dalam bimtek tersebut adalah, arahan dari Menperin, manjemen strategi dan competitive intelligence, pengawasan dan pengendalian kegiatan usaha industri pada masa pandemi COVID-19 melalui Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI). Perekonomian dan industri pada masa pandemi COVID-19.

Kemudian, kebijakan pembinaan dan pengembangan standarisasi jasa industri dan industri hijau, kebijakan dan pengembangan industri pada Direktorat Industri (Ditjen) Agro, Industri Kimia, Dirjen Farmasi dan Tekstil (IKFT), Ditjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE), Industri Kecil Menengah (IKM), Ditjen Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII).



profile-picture
profile-picture
profile-picture
devilkillms dan 3 lainnya memberi reputasi
Normal Baru emoticon-Leh Uga

Pemerintah sekarang banyak banget ya pakai kata kiasan emoticon-Leh Uga
istilahnya udah common sebenarnya the new normal.
cuman diartikan normal baru aja agak aneh.
yg pasti harus bersiap dengan strategy menghadapinya krn corona diprediksi akan lama setidaknya tidak akan berakhir tahun ini..
jadi semua bidang harus persiapan.
industri akan cepat ke triger ke 4.0 ..
Lebih cocok New Era

Lihat 1 balasan
Quote:


baguslah biar ada anggaran yang terserap untuk bimtek ini emoticon-Ngakak
Persetan dengan pandemik emoticon-Marah
Kitak wajib hidup normal, jangan takut matik. Cuman virus koronak aje takut klean. Dasar kampret ...
Pengecut2 itu wajib taruk bagian garda depan normalisasi era baru.
Paham Klean ? emoticon-Hansip
Diubah oleh mibmobz
Pakai masker, jaga jarak, sering² cuci tangan, gunalan media virtual
The New Normal menggantikan Industri 4.0
Dulu yang Muliah Baginda Raja sering banget cuap-cuap Era Industri 4.0 tapi sekarang ganti cuap-cuapnya jadi Era The New Normal emoticon-Malu
The new normal ultimate TRD sportivo limited edition....emoticon-Cool


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di