CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ganjar Pranowo Rela Jawa Tengah Dijadikan Tempat Uji Coba Energi Bersih
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec4b0d75cf6c466ce364fb3/ganjar-pranowo-rela-jawa-tengah-dijadikan-tempat-uji-coba-energi-bersih

Ganjar Pranowo Rela Jawa Tengah Dijadikan Tempat Uji Coba Energi Bersih

Ganjar Pranowo Rela Jawa Tengah Dijadikan Tempat Uji Coba Energi Bersih

iNews.id - Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo mendukung penuh penggunaan energi bersih atau energi baru terbarukan (EBT). Dia yakin EBT dapat mendorong kemandirian energi nasional.

Ganjar Pranowo mengatakan, pandemi Covid-19 menjadi momentum yang tepat untuk mendorong kemandirian. Salah satunya mendorong daya saing produk panel surya lokal.

“Dalam konteks energi surya ini, apakah kita tidak bisa membuat panel sendiri? Apakah tidak ada material dalam negeri? Saya rasa otoritas Kementerian ESDM siap untuk ini, saya mau kok Jawa Tengah dijadikan laboratorium untuk percepatan kemandirian energi bersih ini,” ujar Ganjar, Selasa (19/5/2020).

Menurut dia, kebijakan energi harus memandang ke depan dengan perlahan mengurangi penggunaan sumber daya konvensional. EBT dinilainya bisa menjadi kunci kebijakan pemerataan listrik, sehingga bisa menyentuh daerah-daerah yang belum teraliri listrik.

Namun, Ganjar mengakui tantangan menggunakan EBT cukup besar, terutama dari persepsi masyarakat. Jateng yang kaya akan geotermal hingga kini masih kesulitan karena masyarakat takut akan terjadi seperti di Lapindo, Jawa Timur. Lalu, ada juga masalah soal pencurian EBT.

“Sebenarnya di daerah Pantura (Jawa) itu sudah dicoba menggunakan energi matahari, tapi apa yang terjadi? Baterai panel suryanya hilang, ini kan masalah juga,” kata Ganjar.

Pria asal Karanganyar tersebut mengaku pernah berdiskusi Presiden Jokowi mengenai isu ini. Presiden, kata Ganjar, ingin Indonesia mandiri energi, terutama berbasis EBT.
profile-picture
profile-picture
devilkillms dan Abc..Z memberi reputasi
Diubah oleh iNews.id
pastikan dulu masyarakatnya ga kleptomania pak gub

emoticon-Shakehand2
Kirain ujicobak era normalisasi baru emoticon-Leh Uga


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di