CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / UKM /
Pentingnya Membangun Manajemen Keuangan Bagi UMKM
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec4ac0d09b5ca746401aae4/pentingnya-membangun-manajemen-keuangan-bagi-umkm

Pentingnya Membangun Manajemen Keuangan Bagi UMKM


[img]https://miro.medium.com/max/1024/1*sj2alqohahDuG7CtGDWcgw.jpeg[/img]
Sudah saatnya membuat usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM Anda naik kelas. Walau mempunyai usaha dengan skala terbatas, bukan berarti pengelolaan keuangan ala kadarnya.

Justru manajemen keuangan di UMKM sangatlah penting, karna ini sangat sistematis dan akan membantu usaha berjalan terarah. Berikut kami hadirkan tips mengatur keuangan UMKM untuk memaksimalkan manfaat keuangan bagi usaha Anda, baik yang masih baru atau sudah beroperasional.


Membangun Neraca Keuangan yang Stabil

Tips mengatur keuangan UMKM bermula dari membuat neraca keuangan. Neraca keuangan yang baik sedari awal memainkan kunci penting bagi keberhasilan UMKM Anda. Canangkan tujuan 

keuangan Anda dari awal untuk mempermudah dan memperjelas Anda dalam membuat laporan keuangan. Dalam laporan tersebut, perinci jenis transaksi, dana masuk dan keluar setiap harinya untuk mempermudah pemantauan.

Setelah tujuan keuangan yang tepat, tentukan tipe pengeluaran perusahaan Anda. Hindari meminjam pada kreditur yang membebankan bunga terlalu tinggi dan nilai pokok mahal. Dengan cara ini Anda bisa menghindari mengerucutnya laba hanya karena harus membayar bunga tinggi tersebut.


Fokus dalam Membayar Beban dan Pajak

Dalam laporan keuangan, tuliskan anggaran selama periode satu tahun. Beberapa komponen yang harus dimasukkan mencakup pengeluaran besar, seperti sewa, gaji karyawan, pajak, bunga, Harga Pokok Penjualan, utang dan biaya operasional lainnya.

Saat menyusun laporan ini Anda bisa menentukan biaya dan komponen keuangan lainnya yang perlu atau tidak. Hal ini membantu agar keuangan kantor Anda tidak terjerumus mengeluarkan biaya yang tidak penting. Fokus pada beban yang penting membantu perusahaan Anda menghemat anggaran.


Profesional Mengelola Uang Pribadi dan Kantor

Tips mengatur keuangan UMKM berhubungan dengan rekening bank Anda. Pisahkan rekening pribadi dan perusahaan. Lakukan ini sedari awal agar tidak repot nantinya. Memisahkan pendapatan dan pengeluaran yang masuk ke rekening pribadi atau kantor membantu dalam membuat laporan keuangan nantinya.

Apabila tetap Anda gabung, Anda akan bingung menelisik pendapatan dan pengeluaran untuk pribadi dan perusahaan. Jangan lupa untuk konsisten mematuhi hal ini dimana masukkan uang pribadi ke rekening pribadi. Sebaliknya, catat di rekening kantor untuk transaksi usaha Anda.

Jauhkan diri dari mengutak-atik rekening kantor untuk keuangan pribadi. Walaupun Anda pemilik usaha tersebut, Anda tetap harus menegakkan aturan yang Anda buat sendiri.


Konsisten Mengevaluasi Keuangan

Apa artinya perencanaan yang matang tanpa evaluasi. Buatlah Laporan Arus Kas bisnis Anda untuk memantau pergerakan modal, pengeluaran dan pemasukan. Laporan ini sangat efektif mengevaluasi transaksi keuangan sehingga Anda akan mengetahui jenis bisnis yang paling menguntungkan dan mengembangkan anggaran yang lebih realistis.


Go Digital

Untuk lebih mempermudah manajemen keuangan UMKM, Anda bisa beralih ke digital. Banyak pengusaha Indonesia yang sukses karena beralih ke digital. Tidak dapat dipungkiri perkembangan dunia teknologi yang semakin maju, ikut mendorong dunia bisnis merambah era digital.

KITA DIGI sebagai perusahaan teknologi yang berfokus membangun pasar digital bagi sektor Koperasi dan UMKM, menyediakan aneka platform yang mendukung kelancaran bisnis UMKM Anda. Salah satunya adalah pembuatan sistem Point of Sales (POS) untuk membantu dalam sistem administrasi penjualan. Ini adalah salah satu komponen dalam manajemen keuangan yang akan Anda butuhkan setiap harinya. Sistem POS akan mencatat setiap transaksi secara mudah dan transparan. Layanan lain yang bisa dimanfaatkan adalah mitra UMKM dapat menjual produk di platform e-commerce yang sudah memiliki pasar sendiri atau close loop.

Facebook Twitter LinkedIn WhatsApp 




GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di