CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kesenian Betawi: Keindahan Warisan Para Nenek Moyang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec49e3182d495297e414d04/kesenian-betawi-keindahan-warisan-para-nenek-moyang

Kesenian Betawi: Keindahan Warisan Para Nenek Moyang

Kesenian Betawi: Keindahan Warisan Para Nenek Moyang


Quote:


Kesenian Betawi memiliki banyak keunikkan dan keindahan. Seperti misalnya ondel-ondel yang menunjukkan nenek moyang yang menyayangi cucunya, serta lenong yang mengandung pesan moral.

Namun, kesenian ini sudah sangat jarang ditemukan di Jakarta. Tetapi pemerintah Indonesia selalu senantiasa berusaha untuk menjaga kesenian ini. Hanya saja, perlu juga kesadaran para rakyatnya agar hal ini bisa tercapai.

Kesenian Betawi Yang Masih Dilestarikan Hingga Sekarang


Apa saja kesenian tradisional Betawi?

1.Lenong
Kesenian Betawi: Keindahan Warisan Para Nenek Moyang
Lenong adalah seni pertunjukkan teater khas Betawi. Kesenian ini merupakan teater yang mengkisahkan cerita yang diangkat dari kehidupan sehari-hari masyarakat Betawi.

Kesenian tradisional ini diiringi musik gambang kromong dengan alat-alat musik seperti gambang, kromong, gong, kendang, kempor, suling, dan kecrekan, serta alat musik unsur Tionghoa seperti tehyan, kongahyang, dan sukong.

Lakon atau skenario lenong umumnya mengandung pesan moral, yaitu menolong yang lemah, membenci kerakusan dan perbuatan tercela.

2.Ondel-Ondel
Kesenian Betawi: Keindahan Warisan Para Nenek Moyang
Ondel-ondel adalah kesenian khas Betawi yang banyak ditampilkan daerah Jakarta. Dalam acara-acara tertentu, kesenian klasik ini masih sering dijumpai.

Ondel-ondel merupakan bentuk pertunjukan rakyat Betawi yang sering ditampilkan dalam pesta-pesta rakyat. Ondel-ondel memerankan leluhur atau nenek moyang yang senantiasa menjaga anak cucunya atau penduduk suatu desa dari gangguan pihak luar.

3.Palang Pintu
Kesenian Betawi: Keindahan Warisan Para Nenek Moyang
Palang Pintu merupakan kebiasaan masyarakat Betawi saat upacara pernikahan. Kesenian dati Betawi Palang pintu ini menggabungkan seni beladiri dengan seni sastra pantun.

Pada tradisi ini, jawara yang bertindak sebagai perwakilan mempelai laki-laki dan perempuan akan saling menunjukan kemampuan memperagakan gerakan silat dan melontarkan pantun satu sama lain.

Usai menunjukkan beberapa gerakan silat dan saling berbalas pantun, baru rombongan mempelai pria bisa masuk ke area rumah mempelai perempuan untuk melanjutkan prosesi pernikahan.

4.Tanjidor
Kesenian Betawi: Keindahan Warisan Para Nenek Moyang
Tanjidor merupakan kesenian adat Betawi yang berbentuk orkes. Kesenian ini sudah dimulai sejak abad ke-19 atas rintisan Augustijn Michiels atau lebih dikenal dengan nama Mayor Jantje di daerah Citrap atau Citeureup.

Saat ini tandijor sudah melebur dengan musik tradisional Melayu, yaitu gembang kromong yang menggunakan rebana, beduk, gendang, kempul, dan masih banyak lagi.

Itulah berbagai kesenian yang masih dilestarikan hingga sekarang. Sebagai warga Indonesia, kita juga harus selalu bisa menjaga warisan ini, salah satu cara untuk menjaganya adalah dengan mempelajarinya. Semoga artikel ini bermanfaat.

JANGAN LUPA

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Imlekemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
devilkillms dan Pupilsxone memberi reputasi
Diubah oleh pesonaindo2020
emoticon-2 Jempol
tiap suku memang punya budaya yang mengagumkan.
Kalo ondel2 bukannya dipake buat ngamen ya
ane taunya cuman ondel ondel sih yg identik sama betawi tuh hehe


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di