CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
TANYAKAN HAL INI SAAT AGAN MAU BELI APARTEMEN
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec4984f26377261b3459047/tanyakan-hal-ini-saat-agan-mau-beli-apartemen

TANYAKAN HAL INI SAAT AGAN MAU BELI APARTEMEN

kini semakin tinggi karena besarnya minat masyarakat untuk dapat menjalani hidup yang serba praktis. Hingga kini, apartemen dinilai merupakan pilihan yang tepat bagi masyarakat perkotaan yang menginginkan kemudahan dalam mengakses area pusat bisnis maupun perkantoran.

Selain itu minimnya waktu yang perlu diluangkan dalam perawatan apartemen menjadi salah satu hal yang menjadi poin penting dalam pengambilan keputusan untuk memilih tinggal di apartemen atau rumah tapak atau landed house. Dibandingkan dengan rumah tapak, ukuran apartemen relatif lebih kecil sehingga waktu dan biaya perawatan menjadi lebih minim.

Jika Anda merupakan salah seorang yang tertarik untuk tinggal di apartemen dan sedang mencari apartemen untuk dibeli, ada beberapa cara yang dapat Anda tempuh untuk membeli sebuah apartemen. Cara pertama yakni secara langsung ke pihak developer dan cara kedua yakni melalui agen properti atau broker.

Dan jika Anda merupakan seorang pekerja profesional yang tidak mempunyai banyak waktu dan memiliki mobilitas yang tinggi, pilihan kedua adalah opsi yang paling tepat. Agar Anda memperoleh apartemen sesuai dengan keinginan, ada beberapa hal penting yang perlu Anda tanyakan kepada pihak broker secara detail. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya masalah di kemudian hari.

Lantas apa saja pertanyaan tersebut? Berikut penjelasannya.

Apa Saja Fasilitas Yang Ada Di Gedung Apartemen

Fasilitas apartemen merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli sebuah apartemen, terlebih jika Anda membeli apartemen tersebut untuk ditempati sendiri. Meskipun biasanya pembangunan fasilitas apartemen biasa dilakukan pihak developer ketika progress pembangunan apartemen sudah mencapai lebih dari 80%, tetapi biasanya broker tahu tentang rencana fasilitas yang akan disediakan.

Seperti Apa Pangsa Pasar Apartemen

Selain untuk ditempati sendiri, pembelian sebuah unit apartemen biasanya juga bisa untuk disewakan kembali. Untuk mengetahui seberapa besar keuntungan yang dapat Anda peroleh nantinya, tanyakan bagaimana pangsa pasar apartemen tersebut. Agen properti yang baik biasanya tahu lokasi apartemen mana yang menjadi favorit kaum ekspatriat, eksekutif muda, mahasiswa dan profesional.

Seperti Apa Desain dan Kualitas Bangunan

Pertanyaan ini wajib Anda ajukan kepada broker untuk mengetahui bagaimana kualitas bangunan dan seperti apa desain yang diterapkan, apakah semi furnished atau full furnished. Mintalah penjelasan secara rinci mengenai desain interior bangunan, seperti berapa luas bangunan, tinggi ruangan, luas masing-masing ruangan dan sebagainya.

Jika apartemen tersebut full furnished, Anda dapat menanyakan apakah furniture tersebut merupakan barang baru atau bekas dan tanyakan juga mengenai merek untuk memastikan kualitas dan furniture tersebut.

Apa Yang Perlu Diperbaiki

Pertanyaan ini penting untuk diajukan terutama saat Anda akan membeli sebuah apartemen bekas. Mintalah pihak broker untuk terbuka dan menjawab secara jujur bagian mana saja yang perlu diperbaiki di apartemen tersebut, seperti misalnya dinding retak, keran bocor, engsel pintu dan jendela, dan sebagainya.

Yang terpenting, saat berkomunikasi dengan broker, jangan berpikir sungkan atau pertanyaan yang terlalu sepele, justru hal-hal kecil tersebut kadang dapat berpengaruh besar pada harga dan kualitas apartemen yang akan Anda beli.



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di