CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Habib Bahar Kembali di Bui, Belum 3 hari Keluar Penjara
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec46c8065b24d668f39623f/habib-bahar-kembali-di-bui-belum-3-hari-keluar-penjara

Habib Bahar Kembali di Bui, Belum 3 hari Keluar Penjara

Habib Bahar Kembali di Bui, Belum 3 hari Keluar Penjara

Harapan Habib Bahar bin Smith berlebaran dengan keluarga usai dibebaskan dari Lapas Cibinong harus pupus.

Habib Bahar hanya menikmati udara bebas tak sampai 3 hari sejak dibebaskan dari Lapas Cibinong pada Sabtu (16/5) sore.

Pada Selasa (19/5) pagi, Bahar kembali dijebloskan ke penjara, tepatnya di Lapas Gunung Sindur, Bogor, usai hak asimilasinya dicabut.

Ia akan menjalani sisa masa pidana selama 1 tahun 5 bulan dalam kasus penganiayaan 2 remaja.

"Yang bersangkutan dikembalikan ke Lapas Gunung Sindur setelah program asimilasinya dicabut karena melanggar ketentuan asimilasi," ujar Kadivpas Kemenkumham Jabar, Abdul Aris, kepada kumparan.

Proses penjemputan Habib Bahar di pesantrennya, Pondok Pesantren Tajul Alawin, Desa Pabuaran, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, sempat dikawal sejumlah personel kepolisian bersenjata laras panjang. Kasat Reskrim Polres Bogor, AKP Benny Cahyadi, turut berada di TKP mengawal penjemputan itu.

Proses penjemputan sekitar pukul 02.00 WIB itu juga terekam dalam video yang tersebar di media sosial. Dalam salah satu video berdurasi 51 detik, Bahar menegaskan tidak akan kabur dari penjemputan.

Namun Bahar meminta izin untuk merokok sebelum dibawa kembali ke bui.

"Saya enggak bakal lari, ini pengacara saya. Pak Kasat ikut saya ke dalam, ngerokok dulu sebatang," kata Bahar dalam video itu.

Meski demikian, polisi tak memberikan izin Bahar untuk merokok di dalam ruangannya.

Menurut Benny, tujuan Bahar meminta izin untuk merokok hanya mengulur waktu. Benny bahkan menduga Bahar hendak kabur.

"Pengalihan, dia mau kabur, pura-pura, pengalihan. Intinya biar dia menjauh dari kita, pura-pura keluar dulu, dia pancing supaya kita masuk ke dalam rumah. Dia masuk ke dalam, sementara di dalam itu ada pintu keluar, tapi tidak kita kasih," kata Benny.

Benny juga menduga Habib Bahar hendak mengumpulkan massa dengan alasan merokok. Sebab saat itu sejumah santrinya terlihat sudah berjaga.

Sementara itu, Dirjen Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga, menyatakan asimilasi Bahar dicabut karena dua alasan.

Pertama Bahar dinilai menimbulkan keresahan di masyarakat. Sebab Bahar hadir dalam suatu kegiatan dan memberikan ceramah yang provokatif serta menyebarkan rasa permusuhan dan kebencian kepada pemerintah. Video ceramahnya itu menjadi viral dan dapat menimbulkan keresahan di masyarakat.

Kedua, Bahar dinilai melanggar aturan Pembatasan Berskala Besar (PSBB) dalam kondisi darurat COVID-19. Sebab Bahar telah mengumpulkan massa dalam ceramahnya itu. Padahal Bogor merupakan salah satu daerah yang sedang menerapkan PSBB.

Selain dicabut hak asimilasinya, Bahar juga dimasukkan ke dalam sel pengasingan (straf cell) selama 6 hari dan dapat diperpanjang.

Kakanwil Kemenkumham Jabar, Liberti Sitinjak, menyatakan penempatan Bahar di sel pengasingan berdasarkan pelanggaran disiplin berat yang dilakukannya.

Dalam rentang waktu tersebut, kata Liberti, Bahar tak diperkenankan bertemu dengan siapa pun termasuk dengan keluarganya ketika momen Idul Fitri.

"Kita putuskan memasukkan dalam sel pengasingan selama enam hari selama enam hari ini hak-hak yang dicabut tidak boleh bertemu dengan siapa pun karena itu adalah bagian dari sebuah aturan yang dimiliki Kemenkumham," kata Liberti.

Meski tak boleh dibesuk selama berada di sel pengasingan, pendukung Habib Bahar sempat terlihat berkumpul di depan Lapas Gunung Sindur. Mereka yang jumlahnya puluhan bahkan sempat mendobrak gerbang lapas.

Walhasil, petugas membuka gerbang dan membiarkan massa masuk ke pos penjagaan kedua. Anggota polisi kemudian turun dan berjaga di sekitar.

Setelah itu, massa pendukung Bahar kembali ke rumahnya masing-masing.

Pengacara Habib Bahar, Ichwan Tuankotta, dibuat geram karena tak bisa membesuk kliennya. Padahal, ia hendak memastikan kondisi kliennya.

"Kalau sampai kenapa-kenapa, beliau (Habib Bahar) sakit, kita tuntut kalian," ujar Ichwan.


Dikutip: https://today.line.me/id/pc/article/...i+Dibui-aQnXO2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
devilkillms dan 4 lainnya memberi reputasi
MAU LAWAN APA DIAM SAJA
LAWAN !!!!
SEKALI LAGI MAU LAWAN APA DIAM SAJA
LAWAN !!!!

MAJUKEUN PASUKAN LAWAN PEMERINTAH
profile-picture
redharbingerid memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Mau dibui sampai 2099 pun tidak apa-apa, tidak ada yang merasa kehilangan koq emoticon-Malu dan tidak ada yang merasa dirugikan koq emoticon-Malu
Nothing to lose emoticon-Leh Uga

Yach paling nanti LastCar 7 Juta Umat siap melakukan Aksi Damai emoticon-Belgia
Epik kombek. Wkwkkwkwkw.
Habib Bahar Kembali di Bui, Belum 3 hari Keluar PenjaraHabib Bahar Kembali di Bui, Belum 3 hari Keluar PenjaraHabib Bahar Kembali di Bui, Belum 3 hari Keluar Penjara


Habib Bahar Kembali di Bui, Belum 3 hari Keluar PenjaraHabib Bahar Kembali di Bui, Belum 3 hari Keluar Penjara
Kadrun nyolot ya begini nih, matiin aja langsung, hidup dia apa sih manfaatnya buat ini indonesia ? emoticon-Belgia

Itu pesantren juga musnahin aja, isinya juga sudah terdoktrin sama hal-hal menyesatkan, cikal bakal lahirnya 212 gen II. emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh evildankside
"Mari sama2 kita ucapkan........"

Habib Bahar Kembali di Bui, Belum 3 hari Keluar Penjara
Ini inisyatif pendukung apa dianya yang malah ngumpul rame rame?
Kasian habib,
bukan kasihan karena di bui lagi, tapi kasian musti masuk sel pengasingan, ga bisa menikmati nikmatnya tusbol kaya seperti sebelumnya

emoticon-Mewek
dari kemarin ga pernah pake masker di foto emoticon-DP
ya salah mu juga to bib.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di