CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Menlu Sebut NU Miliki Peran Penting Dalam Penanganan Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec4203fa2d1950b7f0e52fd/menlu-sebut-nu-miliki-peran-penting-dalam-penanganan-corona

Menlu Sebut NU Miliki Peran Penting Dalam Penanganan Corona

Menlu Sebut NU Miliki Peran Penting Dalam Penanganan Corona

JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyebut Nahdlatul Ulama (NU) memiliki peran penting dalam mendukung kesuksesan bangsa Indonesia menangani pandemi virus Corona atau Covid-19.

Retno juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) di luar negeri yang berkoordinasi dengan perwakilan RI untuk membantu WNI. "Di negara demokrasi, termasuk Indonesia, sinergi antara pemerintah dengan organisasi masyarakat merupakan sebuah keniscayaan. Di tengah pandemi, saya melihat potensi peran NU maupun organisasi kesehatan lainnya sangat penting," ujar Retno dalam dialog Solidaritas Global: Nahdlatul Ulama dan Diplomasi Indonesia di tengah Covid-19, Selasa (19/5/2020). (Baca juga: Said Aqil Siroj: Tidak Usah Panik Hadapi Covid-19)

Retno juga mengungkapkan NU memiliki tiga peran penting dalam penanganan covid-19. Pertama yakni, NU dapat membantu mengedukasi publik tentang Corona-19. Menurutnya NU memiliki peran penting bagi bangsa Indonesia untuk dapat menjangkau dan mengedukasi masyarakat. "Faktor penting yang bisa menghambat penyebaran Covid-19 adalah pemahaman masyarakat akan tindakan pencegahan dan mitigasi. NU terutama PCINU di seluruh dunia dapat berperan sentral dalam menjembatani proses edukasi kepada publik," ungkapnya. (Baca juga: Update Corona Indonesia 19 Mei: 18.496 Positif, 4.467 Sembuh, dan 1.221 Meninggal)

Baca Juga:

Peran penting kedua, kata Retno, NU diharapkan dapat membantu memberikan tuntunan mental dan spiritual guidance. NU dapat memberikan ketenangan dan dukungan bagi masyarakat di tengah pandemi yang belum jelas kapan akan berakhirnya. "Hidup dengan normal baru memerlukan kesiapan dan ketenangan psikologis. Ketenangan dalam menghadapi pandemi ini diharapkan bisa memperkuat sistem imunitas diri terhadap virus," katanya.

Peran penting lainnya, lanjut Retno, NU dapat memperkuat rasa persatuan. Sebab dalam menghadapi pandemi Covid-19 diperlukan upaya saling membantu dan menopang satu sama lainnya serta merekatkan dan menghilangkan disinformasi. "Kita harus tutup potensi perpecahan dalam masyarakat, baik perpecahan politik maupun sosial, termasuk bagi masyarakat Indonesia di luar negeri. Di sinilah teman-teman PCINU memiliki peran penting sebagai perekat anak bangsa Indonesia di seluruh penjuru dunia," tuturnya.


Sumber : https://nasional.sindonews.com/read/...ona-1589900735

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Menlu Sebut NU Miliki Peran Penting Dalam Penanganan Corona Asia Cooking Journeys Sajikan Makanan Lezat dan Bergizi untuk Tenaga Medis

- Menlu Sebut NU Miliki Peran Penting Dalam Penanganan Corona DPR Minta Seluruh Stakeholders Bahas Iuran BPJS Secara Menyeluruh

- Menlu Sebut NU Miliki Peran Penting Dalam Penanganan Corona Menlu Sebut NU Miliki Peran Penting Dalam Penanganan Corona



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di