CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Pakar di China Yakin Virus Corona Bisa Dikalahkan dengan Obat, Bukan Vaksin
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec40adb8d9b17615b40dcf2/pakar-di-china-yakin-virus-corona-bisa-dikalahkan-dengan-obat-bukan-vaksin

Pakar di China Yakin Virus Corona Bisa Dikalahkan dengan Obat, Bukan Vaksin

Pakar di China Yakin Virus Corona Bisa Dikalahkan dengan Obat, Bukan Vaksin

iNews.id - Laboratorium di China mengembangkan obat yang diyakini dapat mengobati pasien Covid-19. Para ahli yakin virus mematikan itu dapat dikalahkan tanpa vaksin.

Obat tersebut diupayakan bisa tersedia lebih cepat dibandingkan vaksin yang diperkirakan baru tersedia paling cepat pada tahun depan.

Obat yang sedang diuji para ilmuwan Universitas Peking tidak hanya mempersingkat waktu pemulihan pasien, tapi juga membuat mereka kebal terhadap virus meskipun untuk waktu jangka pendek.

Direktur Beijing Advanced Innovation Center for Genomics Sunney Xie mengatakan, sejauh ini obat telah berhasil diuji coba terhadap hewan.

“Kami menyuntikkan antibodi penawar ke tikus yang terinfeksi. Setelah 5 hari, kandungan virus berkurang dengan faktor 2.500. Ini berarti obat punya potensi memiliki (a) efek terapi,” kata Xie, dikutip dari AFP, Selasa (19/5/2020).

Dia melanjutkan, obat memanfaatkan antibodi penawar, yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh manusia, untuk mencegah infeksi terhadap sel. Sampel didapat dari darah 60 pasien yang saat ini sudah sembuh.

BACA JUGA: WHO Tegaskan Belum Ada Satu pun Obat Virus Corona yang Disetujui

Hasil studi oleh tim Xie yang diterbitkan di jurnal ilmiah Cell menunjukkan, penggunaan antibodi berpotensi menyembuhkan penyakit dan mempersingkat waktu pemulihan.

"Keahlian kami adalah genomik sel tunggal ketimbang imunologi atau virologi. Ketika kami menyadari bahwa pendekatan genomik sel tunggal dapat secara efektif menemukan antibodi penawar, kami sangat senang,” tuturnya.

Dia menambahkan, obat diperkirakan siap digunakan mulai akhir tahun ini atau pada musim dingin bersamaan dengan ancaman gelombang baru virus corona.

"Rencana untuk uji klinis sedang dilakukan. Harapannya antibodi yang dinetralkan bisa menjadi obat spesial yang akan menghentikan pandemi," kata Xie, seraya menambahkan, pengujian juga akan dilakukan di Australia dan beberapa negara lain.

China sedang mengembangkan lima vaksin virus corona dan sudah pada tahap uji coba terhadap manusia. Namun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan pengembangan vaksin bisa memakan waktu antara 12 hingga 18 bulan.


Source: Pakar di China Yakin Virus Corona Bisa Dikalahkan dengan Obat, Bukan Vaksin


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di