CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
KIAT MENULIS KREATIF UNTUK MENCIPTAKAN KARYA FENOMENAL
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec3e45bf4ae2f20371504a6/kiat-menulis-kreatif-untuk-menciptakan-karya-fenomenal

KIAT MENULIS KREATIF UNTUK MENCIPTAKAN KARYA FENOMENAL



Oleh : Kamiluddin Azis


1. Fenomenal menentukan karya yang sudah dikenal, diterbitkan dan di konsumsi oleh masyarakat luas.
Best seller sendiri istilahnya buku-buka penjualan yang laku, membludak dipasaran dalam waktu cepat di pasaran. Yang terpenting adalah bagaimana karya kita dikenal dan diapresiasi oleh orang lain. Karya tersebut harus memiliki kaida-kaidah memenuhi kebutuhan masyarakat, memiliki norma-norma dan nilainilai kebudayaan, motivasi, membangun sebuah peradaban baru adalah karya yang patut di apresiasi.
Ketika kita menulis dengan visi tertentu, orang yang membaca dapat mendapatkan ide-ide dari karya tersebut dan terjadi perubahan dalam diri pembaca tersebut.

2. Kiat menulis Kreatif
Proses menulis dimulai dari ide, ide yang unik yang dipengaruhi oleh lingkungan, apa yang dilihat, di dengar dan diraskan. ide tersebut diseleksi dibuat kemudian jadi sebuah synopsis. Ide dalam everlasting diramu dalam sebuah synopsis yang dibuat rumit dan bagaimana itu muncul dan terjadi konflik, sub-sub sampainya endingnya. Outline-outline perbab dituliskan menurut tokoh-tokoh yang diangkat.

-->Membuat cerita menarik tidak harus saling bersinggungan, yang terkenal atau ornament yang aneh-aneh, tokoh yang sederhana memiliki kepribadian positif dan menjadi inspirasi dari pembacanya.

-->Novel yang menarik memiliki konflik yang memiliki konflik dasar, muncul sub konflik dan seorang tokoh melewati sub konflik tersebut dan tokoh tersebut harus menyelesaikan satu persatu konfilik dalam masalah tersebut.

-->Ending sebuah novel tidak harus happy (bahagia), bisa sad ending, agak menggantung namun konflik besar dan konflik kecil dari novel tersebut terselesaikan.
yg penting buat aja dulu emoticon-Betty


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di