CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Sejarah Asal Usul Nama Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec3e128f4d6952170258dca/sejarah-asal-usul-nama-indonesia

Sejarah Asal Usul Nama Indonesia

Sejarah Nama Indonesia

Nama Indonesia di perkenalkan pada tahun 1850 oleh Logan seseorang penglola Majalah tahunan dari Scotlandia, nama Indonesia dia pakai sebagai nama Kepulauan Hindia ataupun Kepulauan Melayu, namun banyak yang tidak mengetahui sejarah ini.

Asal usul nama Indonesia mula- mula di perkenalkan oleh James Richard Logan pada tahun 1850 didalam suatu majalah tahunan yang dia kelola bernama Journal Of Indian Archipelago And Estern Asia ataupun disingkat JIAEA.

James Richardson Logan, adalah seorang etnolog dan kompeten berkebangsaan Inggris. Dialah orang yang pertama kali memperkenalkan nama Indonesia.

Sebelumnya ada George Samuel Windson Earl, seorang etnolog yang tak lain adalah guru James Richardson Logan. James Richardson Logan lahir di Berwickshire, Skotlandia tahun 1819 dan meninggal di Penang, Malaysia pada tahun 1869. Namanya barangkali tidak begitu populer di Indonesia. Tapi di Malaysia namanya di abadikan menjadi salah satu nama jalan di kota Penang, Logan Road HE. Lebih lengkapnya mengenai Sejarah Nama Indonesia klik disini

Namun nama Indonesia yang dia perkenalkan adalah kutipan dari artikel gurunya yaitu Earl yang menulis artikelnya yang berjudul On The Leading Characteristics Of The Papuan, Australian and Malaypolynesian Nations, dan termuat didalam majalah JIAEA milik Logan.
Setelah sebelumnya Earl bergabung di JIAEA pada tahun 1950, dan dia menulis artikel tadi di volume 4 Majalah JAEA, karena baginya sudah waktunya masyarakat di kepulauan Hindia atau Melayu memiliki nama khusus, sedangkan bagi Ear nama Hindia kurang begitu bagus dan kerap kali keliru dengan penyebutan India.

Dalam artikel yang ditulis Earl, ia memiliki 2 persepsi nama yang bagus bagi kepulauan Hindia yaitu Indunesia dan Malayunesia, dan penyebutan masyarakat disana di panggil dengan Bangsa Malayunesia atau Bangsa Indunesia.

Namun dari kedua nama yang diajukan Earl dia lebih memilah nama Malayunesia dibanding nama Indunesia, baginya nama tersebut sangat sesuai bagi Bangsa Melayu yang menyebar keseluruh pulau di Indonesia.
Baru lah kemudian James Richardson Logan, menulis artikel berjudul The Ethnology of the Indian Archipelago yang termuat dalam majalah JIAEA hal : 252, menurutnya nama kepulauan Hindia atay Indian Archipelago terlalu sulit untuk diucapkan, maka harus diganti dengan nama yang mudah diucapkan.
Kemudian James Richardson Logan, mengambil nama Indunesia lalu diganti huruf U dengan O menjadi Indonesia, berdasarkan kutipan yang ia ambil dari artikel milik gurunya George Samuel Windson Earl didalam majalah JIAEA.

Setelah itu di tahun 1884 nama Indonesia yang di kenalkan oleh Logan dipopulerkan kembali oleh Adold Bastian dia ialah guru besar etnologi di Unveritas Berlin, Jerman, dia lahir pada tahun 1826 serta meninggal 1905, dia menulis suatu novel yang bertajuk Indonesien Oder Die Inseln Des Malayischen Archipel, sebanyak 5 volume.

Setelah itu nama Indonesia terus menjadi terkenal buat istilah kepulauan Hindia, serta nama Indonesia digunakan oleh para pendiri bangsa serta tokoh politik di Indonesia sebagai nama untuk mempersatukan bangsa-bangsa yang ada di Indonesia yang saat itu masih berjuang mengusir Penjajah, hingga saat ini nama Indonesia menjadi nama sebuah negara.

Silahkan Kunjungi https://www.sikoplak.xyz untuk mengetahui sejarah Indonesia lainya.
profile-picture
superlife memberi reputasi
Diubah oleh sikoplak08
hmm, promosi situs lain toh, gan ??
Lihat 1 balasan
pertamax
br tau klo trnyta nama Indonesia dinamai oleh wolverine emoticon-Berduka (S)


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di