CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sempat Jadi Meme soal 'RI Belum Dimasuki Corona', Begini Respons Mahfud Md
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec3d3fa88b3cb66ec458e3b/sempat-jadi-meme-soal-ri-belum-dimasuki-corona-begini-respons-mahfud-md

Sempat Jadi Meme soal 'RI Belum Dimasuki Corona', Begini Respons Mahfud Md

Sempat Jadi Meme soal 'RI Belum Dimasuki Corona', Begini Respons Mahfud Md
Mahfud Md (Kadek Melda Luxiana/detikcom)

Jakarta - Menko Polhukam Mahfud Md menanggapi meme mengenai dirinya yang mengatakan bahwa Indonesia belum dimasuki Corona (COVID-19) pada akhir Februari lalu. Dia mengatakan pernyataan yang dilontarkannya saat itu merupakan data dari jurnal internasional.

"Bukan karena tidak ada COVID, saya katakan sampai hari ini, 29 Februari, itu belum ada COVID dan itu jurnal internasional yang muat, apa laporan internasional, memuat Indonesia satu-satunya negara Asia terbesar yang belum memasuki COVID dulu tanggal 29 Februari, makanya saya ngomong hari itu," kata mahfud saat berbicara di akun YouTube Deddy Corbuzier, seperti dilihat detikcom, Selasa (19/5/2020).

"Lalu saya tanyakan, di mana ada kasus itu, itu kan tidak ada (Corona) memang sampai hari itu. Baru tiga hari kemudian tanggal 2 (Maret) ditemukan kasus pertama," sambungnya.

Mahfud menuturkan pemerintah sudah mengantisipasi masuknya virus Corona sejak akhir Januari lalu melalui rapat kabinet. Dikatakan Mahfud, antisipasi itu dilakukan dengan cara menutup penerbangan dari Republik Rakyat Tiongkok (RRT) menuju Indonesia dan sebaliknya.

"Nah begini saya ingin jelaskan tadi akhir Januari itu kita memang sudah rapat, rapatnya itu dimuat oleh koran bahwa Indonesia menutup penerbangan dengan RRT dari Indonesia ke RRT dan RRT ke Indonesia. Pada waktu itu keputusan yaitu bulan Januari tanggal 28 karena itu akhir pekan, dimuat Senin-nya, tapi disebut bahwa keputusan rapat kabinet hari itu. Itu bulan Januari masih lama belum ada," tuturnya.

Pada awal Februari, Mahfud mengaku diminta diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengkoordinasi pertemuan para menteri untuk membahas rencana pembangunan rumah sakit (RS) khusus virus menular, seperti Corona. Dia menyebut wacana pembangunan RS tersebut tidak sekontroversial pemulangan mahasiswa warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China, ke Natuna.

"Kemudian tanggal 4 Februari presiden meminta saya mengkoordinir pertemuan para menteri untuk membuat rumah sakit khusus karena ada Corona, ini rumah sakit khusus yang di mana tidak jadi kontroversi karena apa? Karena kita menjemput orang dari Wuhan, itu orang pada menular, sehingga berpikir letakkan di tempat khusus saja," jelasnya.

Mahfud mengatakan informasi mengenai rencana pemerintah membangun RS khusus tersebut juga sudah beredar luas di media. Hingga akhirnya Pulau Galang dipilih menjadi lokasi RS khusus tersebut.

"Itu juga sudah dimuat di media medsos secara meluas bahwa pemerintah akan membuat rumah sakit di pulau kosong itu ada beritanya. Nah jadinya apa? Jadinya di Pulau Galang tidak kosong betul tapi dulu bekas penampungan apa namanya pengungsi pengungsi Vietnam di situ dijadikan rumah sakit," ujarnya.

Mahfud membantah pemerintah abai terhadap virus Corona. Dia menyebut pemerintah sudah mempersiapkan segala sesuatu tidak lama setelah Wuhan memberlakukan lockdown.

"Jadi begini, poin dari apa yang saya sampaikan barusan ini pertama tidak benar bahwa pemerintah itu mengabaikan dari awal. Anda tahu lockdown itu di Wuhan tanggal 23 Januari, 28 Januari kita sudah bersikap tidak diam, lalu menyiapkan rumah sakit lalu menyebut orang itu kan di Januari semua," ucapnya

Meski demikian, Mahfud tak menampik bahwa pemerintah berusaha membuat masyarakat tidak panik pada saat itu. Dia mengatakan pemerintah juga tidak pernah menutup-nutupi sesuatu terkait Corona.

"Tetapi kan memang pada saat waktu itu sekarang sudah mulai banyak beredar ya apa yang dikatakan oleh Menteri Kesehatan Terawan ini anggap saja flu biasa karena orang mati oleh flu itu lebih banyak, ini harus dihadapi dengan tenang saja jangan sampai panik. Pada saat itu. Bukan menutupi, mengajak santai saja santai belum masuk dan kita sudah melakukan sesuatu yang bisa diumumkan ke masyarakat," tandasnya.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antonisalim007 dan 46 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Sempat Jadi Meme soal 'RI Belum Dimasuki Corona', Begini Respons Mahfud Md
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajatsu dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Januari pasien pneumonia wuhan udah ada di Indonesia dirawat di RSPI, dgn riwayat perjalanan dari wuhan.
Waktu di test PCR emang negatif : beneran negatif atau metode/reagen yg tdk tepat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajatsu dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
yg ane pikirkan malah berapa orang yg telah bekerja keras dan berpikir sekian lamanya (sebulan lebih loh!) untuk mencari cara agar pernyataan mafud ini bisa diklarifikasi (baca : dibelokkan).

wew...


emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gundam.dynames dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
ciiaaat ciattt ciaaaaatttt

money can buy everything
profile-picture
profile-picture
profile-picture
programmerlabs dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh chisaa
Lihat 1 balasan
Santai.. sudah ada sang pengendali Corona:

Sempat Jadi Meme soal 'RI Belum Dimasuki Corona', Begini Respons Mahfud Md

emoticon-Selamat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jangan.lupa dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 18 balasan
"Tetapi kan memang pada saat waktu itu sekarang sudah mulai banyak beredar ya apa yang dikatakan oleh Menteri Kesehatan Terawan ini anggap saja flu biasa karena orang mati oleh flu itu lebih banyak, ini harus dihadapi dengan tenang saja jangan sampai panik. Pada saat itu. Bukan menutupi, mengajak santai saja santai belum masuk dan kita sudah melakukan sesuatu yang bisa diumumkan ke masyarakat," tandasnya.


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

mengajak santai saja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
programmerlabs dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Kadrun kejang kejang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
puyol89 dan 9 lainnya memberi reputasi
mas ker dipakai hanya untuk yg sakit
udeh ilang entah kmne
profile-picture
profile-picture
profile-picture
berakalbaik dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
terserah lah pak.... sini manut aja lah. toh corona juga bisa diajak berdamai koq. kata presiden bos mu itu..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
berakalbaik dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
BUBAR2..

KORONANYA SUDAH DI DAMAIKAN 😚😚
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jangan.lupa dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh aprilazzazza
Lihat 3 balasan
ngeles terussss emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jangan.lupa dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Every man has a weakness

find the girl

-vladmir makarov
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akubebe dan 5 lainnya memberi reputasi
Sempat Jadi Meme soal 'RI Belum Dimasuki Corona', Begini Respons Mahfud Md

Jelas jelas binatang bukan? emoticon-Entahlah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Joetyrex dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yeytothesouz
Lihat 5 balasan
Kesimpulannya .... Orang pintar bisa mendadak bodoh saat gabung dgn rezim ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yuri21 dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
terlalu remehin
dampak nya paling nyekit ekonomi emoticon-Berduka (S)
segelintir doang yg meningkat di wabah ini
emoticon-Berduka (S)

semoga vaksin nya di dapat kan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akubebe dan 4 lainnya memberi reputasi
au dah, semuagua anggap cerdas, gada kadrun gada cebong, kita hanya terlalu bahagia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akubebe dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Serius nanya
Yg nantangin corona dari awal kan emang Presiden dan Menkes
Skrg korban tewas sdh tembus 1000
Presiden dan Menkes belum minta maaf

Mahfud MD masih mau joget ubur-ubur lg gak ky kmrn???

emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jangan.lupa dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Sempat Jadi Meme soal 'RI Belum Dimasuki Corona', Begini Respons Mahfud Md
profile-picture
profile-picture
profile-picture
omiwon dan 5 lainnya memberi reputasi
Jadi gimana nih sobat kadrun tanggpannya?

emoticon-Wagelaseh

Cendolnya gan cendolll

emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Joetyrex dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh affan0225
bomat lah
gua cuma mau ngasi kutipan dari series chernobyl

"What is the cost of lies?"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shlndells dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di