CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PSBB Jawa Barat Lanjut Sesuai Raport, Ini Daftarnya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec3c9142637725af373b9b0/psbb-jawa-barat-lanjut-sesuai-raport-ini-daftarnya

PSBB Jawa Barat Lanjut Sesuai Raport, Ini Daftarnya

PSBB Jawa Barat Lanjut Sesuai Raport, Ini Daftarnya
Merdeka.com - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jawa Barat akal dievaluasi. Rabu (20/5), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan mengumumkan mana saja daerah yang bakal melanjutkan PSBB atau tidak. PSBB tahap pertama berakhir pada 19 Mei.

Namun Pria akrab disapa Kang Emil itu membocorkan mana saja daerah-daerah yang masih rawan dan sudah kuning penyebaran Covid-19 kepada merdeka.com.

Kang Emil, membaginya ke lima level kewaspadaan yang tergambar menjadi beberapa zona yakni merah, kuning, biru, dan hijau.

Mantan Walikota Bandung itu menyebutkan, penerapan PSBB di Provinsi Jabar akan dilanjutkan secara proporsional. Artinya, tidak menyamakan ke 27 total wilayah Kabupaten/Kota se Jabar, melainkan membagi dengan level kewaspadaan zona masing-masing.

"Ada yang raportnya level lima tidak terkendali, tapi alhamdulilah itu belum ada, ada yang raportnya level empat, masih merah itu, berarti PSBB-nya lanjut. Ada yang level tiga kuning, artinya itu PSBB boleh mengecil berbasis wilayah saja," sebut Emil dalam wawancara interaktif via daring dengan merdeka.com, Senin (18/5).

Selanjutnya, dia menambahkan, jika ada wilayah yang masuk level dua pada zona biru dan bisa kembali normal, tetapi tidak boleh ada kerumunan. Terakhir, level satu zona hijau yang tidak ada pergerakan sama sekali.

"Namun sampai hari ini belum ada yang masuk zona hijau jika dalam skala per daerah Kabupaten/Kota, jadi hanya wilayah-wilayah kecil saja," papar Kang Emil.

Peta Raport
PSBB Jawa Barat Lanjut Sesuai Raport, Ini Daftarnya
Kang Emil pun membocorkan sejumlah tempat yang dianggap masih rawan, alias zona merah. Setidaknya ada 14 kabupaten/kota yang dianggap masih merah. Sehingga ekonomi hanya boleh berjalan 30 persen saja.

Di antaranya, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, Sukabumi, Kabupaten Tasik, Karawang, Pangandaran, Purwakarta, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Tasik, Kota Cimahi.

Sementara ada 9 kabupaten kota yang kondisinya membaik. Di sini, aktivitas ekonomi diperbolehkan berjalan sampai 60 persen saja.

Di antaranya, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bogor, Kabupaten Ciamis, Kota Ciamis, Kuningan, Subang, Kota Bandung, Kota Banjar, Kota Cirebon dan Kota Depok.

PSBB Berhasil
PSBB Jawa Barat Lanjut Sesuai Raport, Ini Daftarnya
Kang Emil mengatakan, penerapan PSBB di wilayahnya bisa dianggap berhasil. Karena telah menurunkan angka pasien positif Covid-19. Dari 430, saat ini sudah turun sekitar 270 pasien yang rata-rata perhari sudah turun hingga sekitar 20 kasus dari semula 40 kasus perhari.

Hal itu, lanjutnya, berdampak pada penurunan kecepatan reproduksi virus yang sebelum PSBB indeksnya tiga, artinya satu orang bisa menulari tiga orang dalam satu hari. Namun, untuk saat ini indeksnya turun menjadi satu dan telah sesuai dengan rekomendasi WHO.

"Saya akan lakukan test itu apakah angka satu itu bertahan atau tidak, tetapi kabar baik itu bisa gagal bila pemudik dan keramaian masyarakat tidak terkendali. Itu bisa merusak berita baik yang sedang kami bangun berminggu-minggu ini jadi tantangannya itu," ungkapnya.

Kang Emil tak menampik jika hasil dari random sampling di beberapa terminal, stasiun, termasuk Kereta Rel Listrik (KRL) itu terjadi penyebaran 1% yang dari sepuluh ada satu yang positif Covid-19.

"Dari seribu ada sepuluh yang positif. Jadi relaksasi transportasi itu bagi kami melelahkan. Karena kita harus jaga gawang untuk antisipasi kebocoran. Terlebih validitas surat tugas juga saya tidak mengerti, bisa dibikin-bikin, bisa diprint sendiri. Padahal 70% kasus itu OTG (orang tanpa gejala). Ini jadi tantangan terbesar kami ada di situ," ungkapnya.

Jabar Urutan 23
Diketahui bahwa Provinsi Jabar saat ini sudah turun menjadi posisi empat dari posisi dua yang saat ini ditempati Provinsi Jawa Timur (Jatim). Atas hal itu, Kang Emil menuturkan bahwa menurunya Jabar karena berhasilnya menekan hampir 20 kasus per hari.

"Sekarang Jatim yang berada di posisi dua bedanya 500 kasus, tetapi kita ini penduduknya lebih banyak. Kalau kita pakai persentase, kita ini urutan ke 23. Jadi caranya itu bisa dua, kita lihat jumlahnya atau persentase jumlah penduduk,” katanya.

Menurutnya, jika dilihat berdasarkan persentase Provinsi Jabar berada di urutan 23 dengan patokan jumlah populasi penduduk Jabar yang menjadi tersebar se-Indonesia mencapai 49 juta mendekati 50 juta jiwa.

Mungkin, katanya, Jabar bisa mendeklarasikan terkendali. Tetapi untuk mengosongkan angka positif itu tidak mungkin, kalau ingin mengosongkan angka penyebaran Covid-19 harus sudah ditemukan vaksin dan obat Covid-19.

"Nah salah satu ukuran WHO itu ada tadi indeks reproduksi Covid itu harus satu atau di bawah satu. Nah kita setelah PSBB itu indeksnya sudah satu, maka sesuai standar WHO. Tetapi ada deadline untuk melakukan pengecekan tujuh sampai empat belas hari. Apakah indeks satu itu bisa dipertahankan atau tidak," pungkasnya.

sumber

Jelas, Terukur, Sistematis, Mantabh emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nawreem dan 6 lainnya memberi reputasi
Pertanyaannya... Orang jakarta udah bisa jalan2 ke bandung blon?
profile-picture
sam86 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
PSBB Jawa Barat Lanjut Sesuai Raport, Ini Daftarnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AsalTembak dan 2 lainnya memberi reputasi
Enak ya penjelasannya, ga perlu terkejut dan tergetar. Goalnya jelas tanpa perlu nakut2in
profile-picture
profile-picture
fa.uz dan bdgkotakembang memberi reputasi
jadi dibandung gak dilanjut ini PSBB nya? portal, perboden pada dibuka lagi gerbang2nya? hari ini kan terakhir.

tapi ada selentingan bilang walkot perpanjang lagi. semoga cepet ada breaking news mana-mana aja wilayah yg dilanjut mana yg tidak

emoticon-Om Telolet Om!
profile-picture
raafirastania26 memberi reputasi
Diubah oleh irma.kawaii
mudah2an cepet ilang neh covid gan
profile-picture
raafirastania26 memberi reputasi
"Urip mati ono ning tangane ..............."
Coba ngomong 'gitu sambil berbaring tiduran seharian di atas rel kereta api (Surabaya Malang) ... emoticon-Big Grin
===> Sebelum ada PSBB ini ...

...
Eh, lebaran kurang semingguan lagi yah ...
Untuk peer bagi para penulis thread disini ..., masih seputar mengenai Covid-19 dan "new normal" ...
Hayo ..., kira-kira kegiatan "unjung-unjung" masih bakal rame apa 'nggak ?
Diubah oleh bingsunyata
#Asyik bentar lagi Jabar menang
Lihat 1 balasan
Nah ini, kepala daerah yang strategi penanganan covidnya jelas. Jauh lebih jelas ketimbang gubernur utara sama pak pres.

Meski bantuan sembako masih ada kurangnya, tapi secara umum ini kepala daerah paling oke selama wabah ini. emoticon-Toast Staf khususnya kerja bener-bener ini pasti. Bukan cuma nilep duit negara doang emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
laksyahina dan bradertangerang memberi reputasi
Diubah oleh ev103
Kota ane memperpanjang PSBB 10 hari lagi dan selesai 29 Mei nanti.

Tapi ya gitulah, PSBB di kota ane cuma lip service doang...
Lihat 2 balasan
Ntar kalo perdaerah di bedain warganya nga terima terus demo bagaimana gan 😁, tapi semoga saja warganya menerima apa keputusan pak Ridwan 🙏
Prov nasbung menang lawan covid-19??emoticon-Kagets
Daerah wa psbb gak ada santai aja....gak ada yg mati yg kena juga bakalan sembuh ngapain ditakuti😁,bodoamat ma kopid
Lihat 2 balasan
Klo kabupaten bogor aktivitas mesjid normal, kota bogor blm. Bbrp playanan bank pun normal. Tapi ada ksmaan dr keduanya... Sama2 tinggi aktivitas di pasar lokal nya, smpe2 lupa klo saat ini msi musim corona emoticon-Ngakak
Lihat 2 balasan
jatim menuju jekardah
emoticon-Angel
markas kadrun,..
profile-picture
victimaye memberi reputasi
Sumuhun...
ntap ntap
Mantap penjelasannya cukup masuk ke akalemoticon-Ngacir
Moga jabar lebih baik lagi kedepannya, moga sampai nol kasusemoticon-Nyepi
Btw sumedang masih lanjut psbb, rencana bakal parsial tapi gak jadi, psbb total seluruh kecamatan dilanjutkan sampe 29 meiemoticon-Matabelo karena yang positif nambah jadi 9 orang, yang reaktif rapid test banyak, odp masih banyak jugaemoticon-Mewek
Post ini telah dihapus oleh KASKUS.HQ


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di