CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
5 Hal yang Dapat Mempertajam Otak Kanan Kalian di Tengah Pandemi COVID-19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec3aecd8d94d0457c778c93/5-hal-yang-dapat-mempertajam-otak-kanan-kalian-di-tengah-pandemi-covid-19

5 Hal yang Dapat Mempertajam Otak Kanan Kalian di Tengah Pandemi COVID-19

5 Hal yang Dapat Mempertajam Otak Kanan Kalian di Tengah Pandemi COVID-19

Ditengah pandemi Covid-19 yang mengharuskan agan-agan stay at home pasti bingung mau melakukan apa, ane mau merekomendasikan hal-hal yang bisa dilakukan dirumah untuk mempertajam otak kanan yang berhubungan erat dengan kreatifitas. Yuk langsung saja ini adalah 5 hal yang dapat mempertajam otak kanan kalian.

1. Bermain Alat Musik

5 Hal yang Dapat Mempertajam Otak Kanan Kalian di Tengah Pandemi COVID-19

Yang pertama bermain alat musik. Bermain musik dapat mempertajam pikiran Khususnya jika agan bermain gitar, agan akan meningkatkan fungsi otak dan menstimulasi fungsi kognitif. Hal ini karena ketika bermain gitar, agan harus fokus pada beberapa hal seperti belajar membaca akord, menyeimbangkan nada, bahkan menekan dan memetik senar. Menurut beberapa penelitian, bermain gitar dapat mempertajam fungsi otak dan juga merangsang kekuatan otak dengan cepat.

Juga bisa meningkatkan konsentrasi, ada banyak unsur musik yang tidak boleh diabaikan saat bermain alat musik. Sebagai seorang musisi, agan harus mampu untuk mendengarkan beat, ritme, tekstur, timbre, dan sebagainya. Satu-satunya hal yang lebih bermanfaat daripada mendengarkan suara musik agan sendiri adalah mendengarkan suara musik dalam kelompok. Berada di dalam kelompok dapat meningkatkan keterampilan konsentrasi, dengan membuat Anda fokus pada harmoni kelompok secara keseluruhan.

2. Menggambar

5 Hal yang Dapat Mempertajam Otak Kanan Kalian di Tengah Pandemi COVID-19

Yang kedua menggambar. Menggambar ternyata dapat membantu meningkatkan kreativitas seseorang. Dengan menggambar, agan akan menggunakan daya imajinasinya untuk menciptakan berbagai bentuk yang diinginkan. Agan akan dituntut berpikir secara kreatif untuk menciptakan gambar yang sesuai dengan imajinasi. Jika hal ini dilakukan secara terus-menerus, kreativitas anak pun akan terasah dengan baik. juga dapat meningkatkan fokus. Saat menggambar atau melukis, agan akan dituntut lebih fokus dan berkonsentrasi untuk menyelesaikan gambar yang akan dibuat. Jika kegiatan ini dilakukan secara rutin, agan pun akan lebih terbiasa fokus dalam mengerjakan sesuatu.

3. Bermain Basket

5 Hal yang Dapat Mempertajam Otak Kanan Kalian di Tengah Pandemi COVID-19

Yang ketiga bermain bola basket. Kalo agan mempuyai halaman rumah yang cukup besar sebaiknya digunakan untuk bermain bola basket karena saat melempar bola ke ring, otak kanan sibuk mengukur untuk ketepatan ’menembak’ bola. Gerakan lain yang ikut berkontribusi adalah men-dribble dan mengoper bola ke teman. Saat men-dribble, seorang pemain tidak melihat bola. Artinya kemampuan pengenalan ruangnya bekerja. Begitu juga saat dia mengoper bola, artinya dia harus mampu memprediksi ruang gerak teman, dirinya, dan bahkan mengenal keseluruhan lapangan agar mengoper bola tidak ngaco. Semua kegiatan itu mampu mengasah naluri.

4. Membaca Buku atau Novel Fiksi

5 Hal yang Dapat Mempertajam Otak Kanan Kalian di Tengah Pandemi COVID-19

Yang keempat membaca Novel fiksi. Saat melahap buku fiksi, agan bak diajak ’bertualang’  ke dunia lain. Otak pun bak dimanjakan karena bebas berfantasi dan berimajinasi tanpa mengenal batas. Ternyata, kenikmatan ini juga bermanfaat untuk mendongkrak produktivitas otak kanan. Otak kanan tak lagi cemburu dengan otak kiri yang selalu aktif, karena sisi-sisi kreativitas yang kerap terlelap ikut terbangun.

5. Menonton Anime

5 Hal yang Dapat Mempertajam Otak Kanan Kalian di Tengah Pandemi COVID-19

Yang terakhir adalah menonton anime. Percaya gak sih kalau menonton anime ternyata bisa nambah IQ/ Kepintaran agan. Sebenarnya secara tidak sadar saat kita menonton anime terdapat beberapa materi pelajaran yang terkandung di dalamnya. Misalnya anime Detective Conan yang membahas tentang dunia detective. Pada anime ini, untuk memecahkan sebuah kasus Conan (Tokoh Utama ) ditunțut untuk berpikir kritis dalam mengurai sebuah kasus dan terurut hingga pelaku dalam kasus tersebut terungkap. Dan ada banyak materi - materi fisika blologi dan logilka yang diajarkan pada anime tanpa kita sadari namun dimplementasikan secara langsung dalam dunia nyata pada anime Ini. Ane mau rekomendasiin anime yang bisa bikin otak berpikir lebih keras.

1. Steins;Gate

    Bercerita tentang seorang Mad Scientist yang tidak sengaja membuat mesin waktu yang dioperasikan oleh sebuah Handphone dan Microwave. Handphone tersebut bisa mengirim pesan ke masa lalu. lalu mad scientist ini merubah masa lalunya untuk memperbaiki masa depannya, namun tidak berjalan seperti apa yang ia inginkan.

2. NoGameNoLife

    Bercerita tentang kakak beradik yang sangat jenius yang suka bermain game online, namun merasa bosan hidup di dunia manusia. tiba-tiba ada seorang Dewa dari dunia lain menantang mereka untuk bermain catur lalu Dewa tersebut mengajak kakak beradik itu untuk hidup di dunia lain dimana semua peraturan yang ada ditentukan dengan permainan.

3. Code Geass

    Bercerita tentang seorang yang mendapatkan kekuatan untuk memerintah secara mutlak (tidak bisa ditolak) namun kekuatan itu hanya bisa dipakai sekali kepada satu orang yang sama. orang tersebut menggunakan kekuatannya untuk menyelamatkan Jepang

4. Death Note

    Bercerita tentang seorang yang menemukan sebuah buku DeathNote dimana ketika ada seseorang yang dituliskan namanya dibuku tersebut, orang itu akan mati saat itu juga. karakter utama pada anime ini menggunakan DeathNote untuk memusnahkan penjahat-penjahat yang ada, namun ada seorang jenius yang kontra dengan cara yang dia pakai.

Yap itu semua merupakan kegiatan yang dapat dilakukan untuk mempertajam otak kanan agan. semua latihan di atas baru efektif jika dilakukan secara kontinu. Sebaiknya sempatkan waktu 2 kali dalam seminggu untuk ’belajar bersama’ dengan otak. Untuk hasil yang maksimal, memaksakan diri untuk serius bukanlah jawabannya. Otak justru akan happy dan terangsang jika latihan dilakukan secara santai. Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan. Salam gan

emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol

profile-picture
profile-picture
profile-picture
devilkillms dan 5 lainnya memberi reputasi
emoticon-Wagelaseh
profile-picture
RickyHidayat82 memberi reputasi
emoticon-2 Jempol
profile-picture
RickyHidayat82 memberi reputasi
Ane narik bajaj aja emoticon-Ngacir2
profile-picture
RickyHidayat82 memberi reputasi
Kebanyakan tidur, jd otak jarang dipake si
profile-picture
profile-picture
RickyHidayat82 dan mardieberto memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wahh kerenn kalo saya mending otak kanan
profile-picture
RickyHidayat82 memberi reputasi
Kalo ngegame juga mempertajam otak juga ga gan, soalnya ane selama di rumah kerjaannya cuma ngegame wkwkk
profile-picture
RickyHidayat82 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
nonton drama koreaa termasuk ga gan hehe
profile-picture
RickyHidayat82 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Gue nonton kartun detektif Conan, bahasa nya Mandarin subtitle nya bahasa lain lagi gan. Biar puyeng skalian.
profile-picture
RickyHidayat82 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ngelamun gan emoticon-Malu
profile-picture
RickyHidayat82 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Wah kayanya harus perbanyak nonton anime nih biar otak kanannya ga tumpul di masa pandemi ini wkwk
profile-picture
RickyHidayat82 memberi reputasi
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di