CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ada yang Pernah Membuat Pesawat Kertas Ini? Fix, Masa Kecil Kalian Bahagia Gan-Sist
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec3a16528c991351c331c24/ada-yang-pernah-membuat-pesawat-kertas-ini-fix-masa-kecil-kalian-bahagia-gan-sist

Ada yang Pernah Membuat Pesawat Kertas Ini? Fix, Masa Kecil Kalian Bahagia Gan-Sist


Kenangan masa kecil yang indah itu nggak melulu harus dihubungkan dengan berbagai macam mainan mewah yang dibeli dengan harga mahal.

Nggak harus bepergian ke taman bermain dengan menaiki roller coaster, atau pun ke pasar malam lalu menaiki wahana biang lala.

Setelah dewasa ane sangat merindukan masa masa-masa kecil ane Gan-Sis, masa dimana nggak banyak beban pikiran dan tanggung jawab yang harus dipikul, setiap hari cuma bermain dan belajar.

Padahal dulu waktu kecil ane ngebet banget biar cepet dewasa, supaya nggak dimarahin melulu sama Emak kalau bangun kesiangan atau karena malamnya malah asyik nonton TV sampai lupa ngerjain PR. Setelah dewasa ternyata kenyataannya nggak sesuai ekpektasi ane. Dunia kerja dan lingkungan sosial itu terkadang lebih pedas dari pada sambel tomat buatan Emak ane.

Mengenang kembali masa lalu, baik di rumah maupun di sekolah, terutama sewaktu masih duduk di bangku Sekolah Dasar, ane rasa kebanyakan kegiatan ane cuma bermain wkwkwk.

Saat bel jam istirahat berbunyi misalnya, ane bersama teman-teman langsung berhamburan menuju kantin sekolah, setelah itu ane bermain berkelompok.

Dan senanngnya pada masa itu, apa pun bisa jadi mainan, yang cewe bermain lompat tali yang disusun dari karet gelang, kalau yang cowok kaya ane kalo nggak main bola bedut yang dibuat dari kertas buku tulis, pasti bermain pesawat kertas yang juga dibuat dari kertas buku tulis.

Maka dari itu ane ingin mengenang kembali pesawat kertas menyerupai burung yang dulu sering ane buat lewat thread ini.

Ada yang Pernah Membuat Pesawat Kertas Ini? Fix, Masa Kecil Kalian Bahagia Gan-Sist

Bahan dan alat yang dibutuhkan hanya kerta buku tulis yang dirobek pada bagian tengahnya dan sebuah penggaris, kemudian kertas itu dibagi menjadi dua bagian menggunakan penggaris, sehingga kita mendapatkan selembar kertas saja seperti gambar di bawah ini.
Quote:

Lipat kesamping salah satu ujung kertas seperti ini, lakukan juga ke arah sebaliknya, sehingga terbentuk sebuah pola, seperti pada gambar berikut.
Quote:

Setelah pola terbentuk, kita lipat lagi kertas mengikuti pola yang terbentuk sampai membentuk segitiga pada salah satu sisi kertas seperti gambar di bawah ini, bagian ini yang selanjutnya kita lipat lagi sehingga membentuk seperti kepala burung.
Quote:

Membuat Bentuk Kepala Burung

Lipat kertas seperti langkah-langkah pada gambar di bawah ini.
Quote:

Setelah terbentuk seperti gambar terakhir pada gambar di atas, sekarang kita lipat menjadi dua bagian agar tercipta garis pada bagian tengahnya seperti gambar di bawah ini.
Quote:

Dan langkah terakhir yang harus kita lakukan adalah membentuk bagian ekor dari pesawat burung dengan melipatnya seperti gambar di bawah ini dan merobeknya sehingga menyerupai ekor burung.
Quote:

Hasil akhirnya seperti gambar di bawah ini, dan siap untuk dimainkan. Cara memainkannya cukup dengan memegang bagian kepala dari pesawat mainan dan melemparnya ke udara.
Quote:

Video Cara Membuat Pesawat Kertas
Spoiler for Video Cara Membuat Pesawat Kertas:


Mungkin ada dari Gan-Sis yang sudah pernah membuatanya, bagi yang belum pernah membuatnya, selamat mencoba ya. Hanya dengan memainkan mainan yang dibuat sendiri dengan bahan yang mudah di dapat seperti ini saja, masa kecil ane dulu sudah sangat bebahagia. Kalian juga boleh berbagi cerita pada kolom komentar, maianan apa yang pernah kalian buat sendiri di masa kecil bahagia kalian. Sampai jumpa lagi di thread ane selanjutnya ya. Thank You.

Baca Juga : 6 Tanaman Bernilai Ekonomi yang Dapat Gan-Sis Budidayakan pada Lahan Sempit

Baca Juga : Warning!!! Jangan Biarkan 4 Sifat Buruk Ini Menguasaimu!

Penulis : DeYudi69

Sumber referensi tulisan : opini pribadi
Sumber Gambar : dokumen pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
greenleaf.189 dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh DeYudi69
Halaman 1 dari 2

Baca juga thread menarik dan informatif lainnya! Klik gambar di bawah ini 👇

Ada yang Pernah Membuat Pesawat Kertas Ini? Fix, Masa Kecil Kalian Bahagia Gan-Sist
profile-picture
profile-picture
soelthan99 dan Richy211 memberi reputasi
Diubah oleh DeYudi69
Lihat 1 balasan

Baca Juga :

Quote:
profile-picture
Scroll.Down memberi reputasi
Diubah oleh DeYudi69
reserved again
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
selamat membaca
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
dulu bikin nya yg standaran sih yg ga kek gitu ... emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
udah gitu diarahin ke mulut di hah-hah-in biar terbang
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Spoiler for Body:

Spoiler for Wing:

Spoiler for Mount:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jasakurirjkt dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
bisa dicoba nih gaes ,keren juga pesawatnya
profile-picture
profile-picture
Mbahjoyo911 dan DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
aku gak bisa bikin mksdnya yg gak bisa terbang itu loh
profile-picture
profile-picture
DeYudi69 dan Mbahjoyo911 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
nggak nyadar ternyata udah dari dulu bangsa kita mengenal origami ya..
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wkwkk mainan murah meriah ini.. jaman ane nerbanginnya dari lantai 3 sekolahan biar terbangnya lama mendarat
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ane pernah diajarin bpk waktu msh kecil, tp ga asyik krn ga bisa terbang
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Pernah tuh gan,
Pernah juga bikin prahu, sama mobil kayak tamiya cmn udah lupa caranya.
Oh iya bikin shuriken juga pernah, dulu pas sd main ninja-ninjaan senjatanya dari kertas itu.
Jaman dulu emang mengasikan gan.
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
jaman ane sd nih, sampe ada olimpiade nya sekelas buat yang terbang jauh jauhan akakakak
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mau terbangnya lebih lama..???

belakang sayapnya ditekuk ke atas dikit..emoticon-Big Grin
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Keinget ane dulu bikin pake kertas karton gan biar pesawatnya gede 😂 habis ntu di terbangin di lapangan depan kelas 😅
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
iya pernah bikintapi selalu di robek sama temen" yang sok super banget ngebully gue dulu pas kecil. semoga aja mereka tenang di alam sana deh gue gak akan pernah ikut reuni kalian lagi
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
pesawat kertas versi ajaran agan mantap
blom pernah ane buat yg kek gtu
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
buku suka habis dah dibikin begituan 😅
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
dlu kecil main sma temen2 bikin pesawat dr kertas.. trs diadu siapa yg terbangnya paling jauh..
kertasnya dr buku tulis dirobek tengahnya..
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di