CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sri Mulyani Perpanjang Program Listrik Gratis Hingga September 2020
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec3967a5cf6c476a6156c13/sri-mulyani-perpanjang-program-listrik-gratis-hingga-september-2020

Sri Mulyani Perpanjang Program Listrik Gratis Hingga September 2020

Pemerintah perpanjang program listrik gratis menjadi enam bulan! Simak berita selengkapnya melalui artikel Finansialku berikut ini!
 
Subsidi Listrik Gratis dari Tiga Bulan kini Jadi Enam Bulan Lamanya!

Angin segar datang membawa kabar baik. Program Listrik Gratis yang dicanangkan pemerintah akan diperpanjang. Ini merupakan salah satu upaya penanganan ekonomi dampak dari pangebluk virus corona atau Covid-19.

Sebelumnya, subsidi listrik ini diberikan selama tiga bulan hingga Juni 2020, namun kini diperpanjang menjadi enam bulan hingga September 2020.
Sama seperti kebijakan sebelumnya subsidi listrik ini berlaku pada pelanggan PLN golongan 450 VA dan 900 VA.

Sri Mulyani Perpanjang Program Listrik Gratis Hingga September 2020
 
Adapun bagi pelanggan golongan 450 VA mendapatkan subsidi listrik gratis. Sedangkan, untuk pelanggan rumah tangga dengan daya 900 VA mendapatkan diskon sebesar 50 persen untuk jangka waktu yang sama.

"Subsidi listrik untuk pelanggan 450 VA yang 24 juta dan 900 VA yang 7,2 juta rumah tangga yang subsidinya adalah dari mulai April sampai Juni diperpanjang sampai dengan September," Kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebagaimana mengutip dari Kompas, Selasa (19/05).
Eks Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menjelaskan, untuk perpanjangan masa berlakunya subsidi tarif listrik tersebut, pemerintah mengalokasikan anggaran tambahan sebesar Rp 6,9 triliun.

Perlu diketahui, Sobat Finansialku, secara rinci alokasi anggaran untuk subsidi listrik tahun ini menjadi Rp 61,69 triliun.
 
Program Bantuan Lain

Menurut informasi yang tersebar di beberapa media online, selain subsidi listrik, pemerintah juga akan memperpanjang program bantuan sosial dalam bentuk sembako di Jabodetabek dan non Jabodetabek hingga akhir Desember 2020.

Sri Mulyani mengatakan, program bansos pada masa penyebaran Covid-19 ini sudah diimplementasikan oleh pemerintah, mulai dari program keluarga harapan hingga Kartu Pra Kerja.

"Bansos sembako Jabodetabek dan bansos tunai non-Jabodetabek diperpanjang menjadi sembilan bulan hingga Desember," kata Sri Mulyani seperti dikutip dari Liputan6.
Dengan perpanjangan bansos ini, maka masyarakat akan tetap mendapatkan hingga Desember 2020. Namun mengenai besaran insentif yang diberikan pun ikut berubah, terutama di tiga bulan terakhir.

"Dengan perhitungan Juli-Desember menjadi hanya Rp 300 ribu per bulan dari yang tadinya Rp 600 ribu per bulan," ujarnya melansir dari laman yang sama

Sri Mulyani menerangkan Ini semua merupakan upaya untuk mengurangi dampak dari virus corona atau Covid-19 terhadap sisi konsumsi, yakni memberikan bantuan masyarakat agar bisa menjaga konsumsi pada level basic needs.
 
Alihkan Anggaran

Apakah Sobat Finansialku sudah ada yang menikmati subsidi listrik dari pemerintah dan merasa terbantu?

Meski begitu dengan mendapat subsidi listrik tersebut Sobat Finansialku merasa bahwa ada anggaran yang lebih, karena biasanya itu untuk bayar listrik.

Nah, jika perkaranya begitu, lebih baik alihkan anggaran tersebut ke Dana Darurat.

Kenapa? Karena di tengah kondisi tak tentu ini Dana Darurat sangat diperlukan demi menjaga keseimbangan finansial kalian. Kita juga, sadar atau tidak, dituntut untuk sebisa mungkin memanfaatkan dana yang ada.
 
Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang artikel ini lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!
 
Sumber Referensi:
Admin. 18 Mei 2020. Pemerintah Perpanjang Program Listrik Gratis hingga September 2020. Liputan6.com - https://bit.ly/2Zfa7XV
Mutia Fauzia. 18 Mei 2020. Subsidi Listrik Diperpanjang hingga September 2020. Kompas.com - https://bit.ly/2LEHCef
Admin. 18 Mei 2020. Pemerintah Perpanjang Listrik Gratis Hingga September 2020. CNN Indonesia - https://bit.ly/2LC3JCf
https://www.finansialku.com/listrik-...diperpanjang/

profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 9 lainnya memberi reputasi
kalau orang sini bilangnya entek-entek'an ini pemerintah. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Tak diragukan lagi srimulyani & jokowi memang hebat.
kontrakan di jakarta rata² udah hampir 1300VA, kasian mereka yg ngontak padahal mereka butuh jg
profile-picture
masih.abu.abu memberi reputasi
Lihat 2 balasan
ngasih bantuan tebang pilih, kalo mau bantu jangan pake kategori, pake asas adil dan merata.

5. keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

kalo pake syarat ya di daftar pancasila pake simbol *, trus kasih tulisan syarat dan ketentuan berlaku

contoh : 5. keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia*

Syarat : khusus warga miskin, penghasilan bla.. bla.. bla.., kendaraan bla.. bla.. bla..

ah elah, bikin pancasila elu lupa, elu beda2in bikin kecemburuan di masyarakat.

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tantintuuun dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh rajin.meremas
Lihat 6 balasan
bilang aja boong buk, listrik sekrg dah 1300 an rata2. oke ane gak protes bu mul mau gratisin listrik org miskin, tapi jangan usik kita2 dgn subsidi silang dong, makin memberatkan tau, alasan kwh nya tetap tapi dikumpulin kelebihannya ditaruh di satu bulan yg sama itu namanya subsidi silang, kalo yg miskin gak bisa byr listrik kan bisa diambil dari selisih bbm yg sampe skrg gak turun2 bu, jgn otak atik kita yg UKM lah bu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tantintuuun dan 2 lainnya memberi reputasi
duit utang nggak usah buat subsidi, masukin semua ke kesehatan
udah saatnya herd imunity, nggak usah banyak denial
cuman itu pilihan realistis, makanin orang segitu banyak cuman kayak ngebendung banjir pake karung pasir emoticon-Ngakak
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Percuma gw gk dapet emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Hmm menarik
subsidi silang lg, siap2 tagihan naik lg
emoticon-Blue Guy Bata (L)
"Listrik gratis"
Buahahahaha, masih ada aje yg percaya..
Bilang subsidi silang sri, jangan kite yg bayar junjungan lo yg dapet pamornye..
Blog
wah listrik gue jadi naek dari 400 ke 600
listrik nih semenjak wfh dan di rumah aja jadi naik 2 kali lipat biayanya, ane shock gan.
yg bawah digratisin
diatasnya dinaekin
bs aje kang dagang cari mukaemoticon-Bola
profile-picture
akbarg1 memberi reputasi
negeri banyak prank
Ada baiknya untuk yang listriknya dibawah 1000 watt, itu ditawari pakai panel surya, bu. Terutama yang pemasangan baru. PLN bertindak sebagai distributor/agen, serta jasa pemasangan. Terkait perawatan atau layanan panggilan kalau ada kerusakan, selain bisa dilakukan secara mandiri oleh yang punya rumah, bisa manggil tenaga freelance atau orang dari PLN (dengan biaya terpisah). Itu akan lebih sehat bagi PLN nantinya.
Diubah oleh bingsunyata
Lihat 1 balasan
Apa listrik buat industri pariwisata yg terdampak covid juga digratiskan?
Baguslah kalo emang gitu
Sasarannya tepat
kebetulan rumahku dikampung pakai 450 VA, tp sebelum program ini ada tiba2 listrik dirumah mati, ga bisa nyala, panggil lah PLN pas panggil kata PLN nya harus naik ke 900 VA karena sudah tdk ada yg 450 VA,. kek di main2 ini akhirnya ga dpt. gratis juga.....


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di