CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bagaimana Jika Kita Harus Hidup Berdampingan Dengan Corona?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec34fb55cf6c460084c8583/bagaimana-jika-kita-harus-hidup-berdampingan-dengan-corona

Bagaimana Jika Kita Harus Hidup Bersama Corona? Hal Gila Apa Yang Terjadi?

Bagaimana Jika Kita Harus Hidup Berdampingan Dengan Corona?
sumber gambar: tirto.id

Kehidupan mencekik yang dijalani saat ini merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mencegah lebih banyak lagi orang yang terjangkit Virus Corona. Namun, dalam pikiran terliar kita, Bagaimana jika semua yang terjadi saat ini akan terus terjadi kedepannya dan menjadi kebiasaan baru dalam kehidupan kita sebagai manusia?

Sebelum era berdaulat dan merdeka seperti sekarang ini, kehidupan manusia telah diancam oleh banyak hal. Menurut Yuval Noah Harari, salah satu penulis bestseller dunia lewat buku Sapiens dan Homo Deus, manusia terlebih dahulu menghadapi tiga ancaman utama yaitu kelaparan, wabah, dan perang. Harapan hidup manusia pada masa-masa saat ketiga faktor pengancam kehidupan manusia itu masih relevan bahkan jauh lebih rendah dari harapan hidup rata-rata manusia di era modern sekarang. Jika kita bisa hidup hingga 60-70 tahun, manusia di era itu hanya bisa bertahan selama 40-50 tahun atau bahkan 30 tahun.

Ketika era ini sedang berusaha menatap masa depan dengan meninggalkan tiga ancaman di masa lalu, kini tiba-tiba salah satu ancaman itu kembali datang menghantui kehidupan manusia. Wabah penyakit yang sekarang sedang hinggap di dunia lewat Virus Corona kembali mengancam. Sejak tulisan ini dibuat, sudah 4,7 juta kasus positif di dunia yang terpapar Corona dengan  1,7 juta orang sembuh dan 317 ribu orang meninggal dunia. Laju pertumbuhan virus masih fluktuatif walaupun kurva kasus positif telah menunjukan kelandaian. Sampai saat ini, belum ada institusi maupun individu secara independen yang dapat memperkirakan dengan tepat kapan wabah ini berakhir. Seperti yang disinggung pada paragraf pertama, dalam pikiran terliar kita, apa yang akan terjadi jika pandemi ini tidak menghilang dan kita harus hidup berdampingan? Apakah kehidupan kita akan di tarik mundur untuk menghadap faktor pengancam dari masa lalu lagi?

Jika dipikir kembali, tiga ancaman kehidupan manusia itu bisa saja datang kembali, namun dalam bentuk yang sedikit berbeda. Berikut ini beberapa poin yang bisa menjabarkan hal itu:

Quote:

Dari pemaparan di atas, hal yang paling penting untuk dijaga selain kesehatan adalah rasa kemanusiaan. Sebelumnya, sudah kita dapati banyak berita mengenai kelangkaan hand sanitizer, masker, bahkan alat pelindung diri yang notabenenya sangat diperlukan oleh tenaga medis sebagai garda utama yang memerangi virus ini. Hal itu mencerminkan ternodainya rasa kemanusiaan manusia yang sudah ditanam sangat lama. Rasa kemanusiaan pula yang mencegah ancaman masa lalu (kelaparan, wabah, dan perang) datang kembali dan merusak kehidupan damai manusia yang sudah dijalani cukup lama. Jika rasa kemanusiaan bisa dijaga, kemungkinan-kemungkinan di atas mungkin tidak akan pernah terjadi.

Selain itu, kita juga harus tetap optimis dan mendukung upaya-upaya pemerintah untuk memerangi virus ini. Kita harus mengawal semua kebijakan dan mematuhinya agar semua ini cepat berakhir. Sejatinya, pertanyaan yang harus kita tanyakan saat ini bukanlah, bagaimana kita bisa mengatasi wabah ini?Akan tetapi, kapan kita bisa mengatasi wabah ini? 


Sumber Tulisan:
Pemikiran TS

Sumber Gambar:
Google Images
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liramarlinda dan 58 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kulitkacang10
Halaman 1 dari 5
Baca thread ane yang lain gan sist:
Quote:


Untuk mencegah mispersepsi, ini ada beberapa hal yang akan ane tambahkan berkenaan dengan pendapat salah satu dari agan-agan semua:
Quote:

betul gan, ane juga tidak menekankan pesimistis karena faktanya manusia punya teknologi yang lebih dari cukup untuk menangani virus ini (pernyataan ini berasal dari Tokoh Akademisi Dunia Yuval Noah Harari). Semua yang agan sebutkan sebenarnya sudah ane rangkum di simpulan trit ane, kita harus optimis untuk bisa keluar dari semua permasalahan ini. Kalaupun harus hidup berdampingan dengan corona, akan ada banyak penyesuaian-penyesuaian yang terjadi khususnya dari regulasi dan kebijakan publik. Selain itu, untuk masalah new normal kita memang harus bisa beradaptasi untuk segala kemungkinan yang terjadi. Dalam sejarah manusia juga sudah banyak bukti bahwa kita adalah salah satu spesies paling superior yang menghuni bumi ini, segala macam ancama telah berhasil kita lalui dengan baik dan kita bisa beradaptasi dengan baik (Pernyataan dari Yuval Noah Harari)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
n.y.a dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kulitkacang10
Nice trit gan emoticon-thumbsup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
jadi mentingin pola hidup sehat dan kebersihanemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
jocorona? 🤣
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hard_dick dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:

yoi gan, kesehatan penting disaat seperti ini tapi janga lupakan juga rasa kemanusiaan
Quote:

waduh wkwkkw emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan 3 lainnya memberi reputasi
Yah yang ane lihat sih sisi baiknya adalah kita jadi lebih bisa menghargai diri kita sendiri dalam hal kebersihan dan kesehatan serta jadi lebih menghargai alam dengan segala isinya gan, termasuk denga virus corona ini..

Di dalam hal buruk yang terjadi pasti ada hal baik yang kita dapatkan.. emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dukuncaboel dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
tembak mati aja para penjahat, biar ga ganggu kehidupan yg sudah susah sekarang
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan dukuncaboel memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Bakalan pusing sih, soalnya pasti prasangkanya buruk mulu sama orang yang lagi sakit. dan yang paling kasian ya dokter dan perawat, entah sampe kapan mereka harus kerja pake apd
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan 3 lainnya memberi reputasi
masalahnya ni corona dateng mendadak banget.. rencana yang udah rapi disusun waktu resolusi tahun baru jadi berantakan emoticon-Sorry

kalo ane sih patokannya virus ini berakhir pas vaksin udah ditemukan.. minimal 18 bulan sejak penelitian dilakukan, tapi semoga dengan donor plasma darah pasien yang sembuh bisa mempercepat proses emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:

betul gan, kita harus menghargai kinerja mereka setidaknya dengan tidak keluar rumah kalo ga pelru perlu banget
Quote:

aminn
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan dukuncaboel memberi reputasi
sebenernya yg paling kasian tetep tenaga medis kita, kasian udah beberapa bulan ada yg ga pulang katanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Semoga segera berlalu..
Bagi masyarakat kecil seperti kita, yg bisa kita lakukan cuman berdoa, dan menumbuhkan optimisme dlm diri bahwa badai ini akan segera berlalu..

emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Klo kejahatan merajalela
siapin home defender bre hehe
minimal airgun
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan dukuncaboel memberi reputasi
bodo amat gan. duit ane masih byk. siap buat ngumpet dirumah selamanya hip hip huuu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dogmagila dan 2 lainnya memberi reputasi
Bagaimana Jika Kita Harus Hidup Berdampingan Dengan Corona?
profile-picture
dukuncaboel memberi reputasi
Jaman now why not petrus hidupin lagi? For the greater good, bahkan ambil aja target g cuman preman kroco tpi koruptor dor juga who's agree with me?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Djinggo07 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
bukannya penyakit yang belum ditemukan obatnya selain covid ini juga byk ya emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

cuman covid doang ini yg selalu digaungkan mulu, efek medsos, internet murah ya gini ni. emoticon-Wkwkwk
profile-picture
dukuncaboel memberi reputasi
Umur bumi makin pendek
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan dukuncaboel memberi reputasi
Yg paling kasihan itu tenaga medis...
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan dukuncaboel memberi reputasi
Lihat 2 balasan
sebener nya g ada masalah, yg jadi masalah itu kelucuan negara ini menghadapi wabah ini mulai dari keputusan2 aneh sampai gagap rantai komando emoticon-Ngakak

Jadi kesan nya rakyat hidup tanpa pemimpin makanya muncul hashtag #indonesiaterserah

Pemimpin nya masa bodo, rakyat nya jg masa bodo kan lucu jd nya dimana peran negara melindungi rakyat nya? Padahal semua ini diatur di undang undang emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
n.y.a dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di