CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Minta PSBB Lanjut, Peneliti Sebut Virus Covid-19 Terbawa Angin
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec3260528c9916d7a214d3f/minta-psbb-lanjut-peneliti-sebut-virus-covid-19-terbawa-angin

Minta PSBB Lanjut, Peneliti Sebut Virus Covid-19 Terbawa Angin

Minta PSBB Lanjut, Peneliti Sebut Virus Covid-19 Terbawa Angin

Covid-19 berpotensi menjadi bioaerosol atau mikroorganisme udara di atmosfer sehingga disebut penularannya dapat menjangkau jarak lebih jauh dari dua meter. Berdasarkan hasil studi, menurut peneliti lingkungan atmosfer Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan),  Sumaryati, virus Covid-19 terdeposisi atau memadat di dalam partikel yang melayang-layang di udara.

“Karena itu kebijakan karantina wilayah dan PSBB harus terus dilakukan dengan mendasarkan kebijakan pada data sebaran harian Covid-19 yang valid,” ujarnya lewat keterangan tertulis Senin 18 Mei 2020.

Menurut Sumaryati, walau angin bisa menyebarkan virus Corona namun jangkauan penyebarannya tidak akan terjadi dalam jarak yang sangat jauh seperti puluhan kilometer. “Karena siklus hidup virus sebagai bioaerosol hanya sekitar tiga jam,” ujarnya di acara webinar soal Evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Indirect Impact Covid-19. Pertemuan ilmiah itu gelaran Lapan dan Masyarakat Ahli Penginderaan Jauh Indonesia (Mapin) Senin 18 Mei 2020.

Selain itu kata Sumaryati, pada malam hari saat lapisan atmosfer dalam keadaan stabil maka aerosol yang berada dekat permukaan tanah akan cepat mengendap di tempat yang tidak jauh dari sumbernya. Sementara pada siang hari dengan kondisi atmosfer yang cenderung tidak stabil, aerosol cenderung menyebar secara vertikal atau ke atas dan sulit mengendap. “Jika ada angin maka dapat tersebar jauh dari sumbernya,” kata dia.

Kasus kejadian Covid-19 di sebagian negara lintang menengah, tinggi, dan rendah dekat ekuator atau khatulistiwa menunjukkan tingkat keacakan yang tinggi. Menurut Sumaryati sebaran Covid-19 tidak berkaitan dengan garis lintang geografis. Meskipun begitu kata dia, studi di Brasil menunjukkan temperatur yang tinggi dapat mematikan virus dengan ambang batas sekitar 25 derajat Celcius  

Hasil kajian literatur mengenai bioaerosol Covid-19 itu menurut Sumaryati merekomendasikan bahwa pemutusan mata rantai penyebaran tidak cukup dilakukan dengan menjaga jarak sosial (Physical Distancing) sejauh dua meter, namun diperlukan upaya untuk mengisolasi sumber dan menggunakan alat perlindungan diri berupa masker dan face shield.

https://tekno.tempo.co/read/1343860/...n/full?view=ok

LUPAKAN RENCANA PEMERINTAH 'NEW NORMAL' DI BULAN JUNI AGAR EKONOMI BANGKIT

ATAU RAKYAT KENA AKIBATNYA

KINI MANUSIA DIGEMPUR HABIS2AN AMA CORONA, DEPAN-BELAKANG-KIRI-KANAN

SEMENJAK CORONA MENGINVASI PENDUDUK BUMI

TINGGAL NUNGGU GILIRAN

KITA KAPAN...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antonisalim007 dan 68 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nevertalk
Halaman 1 dari 6
kemarin sehabis mandi aku jalan kaki pakai masker, lalu ada truk lewat, debu campur angin langsung menghampiri wajah dan maskerku.

sepulangnya aku langsung mandi lagi keramas dan minum air panas campur garam. all out dah. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jenggalasunyi dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
emang aerosol dari awal...dari awal awal wabah sampai skrg dirumah sakit tindakan yg mengundang timbulnya aerosol sebisa mungkin di cegahemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Sekarang jaga diri dan sekitar sendiri dehhh, aturan abu2 semua. Salam sehat untuk agan/wati semua emoticon-Angel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wolfzmus dan 4 lainnya memberi reputasi
Kebawa angin 3 jam, trus sebelum 3 jam nempel di orang/di besi/di kertas/kardus, tu waktunya ke reset lagi ya?

Repot ya kalo begindang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Yahh mo bijimana lgemoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan coens1982 memberi reputasi
Ane pikir tuh virus nantinya bisa beradaptasi di daerah tropis.
Jadi lebih tahan panas
profile-picture
coens1982 memberi reputasi
Lihat 11 balasan
PSBB lanjut tp kelompok ngeyel masih idup....... emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
jaga kesehatan dan kebersihan, jangan lupa pakai masker dan cuci tangan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekooll dan 2 lainnya memberi reputasi
yang ngomong soal virus biar ahli virus ,yang ngomong kehamilan biar ahli kandungan saja,yang ngomong bentuk bumi biar ahli astronomi saja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nyongnyongan
Lihat 4 balasan
semoga aja makin kesini ini virus jadinya cuma kek masuk angin aja
profile-picture
profile-picture
wanpantau dan coens1982 memberi reputasi
Ngeri ini virus bro..
Alami atau buatan sih
profile-picture
profile-picture
coens1982 dan navacuy memberi reputasi
tanah abang rame
gatot subroto macet


anies 60% warga taat psbb


tapi dilihat secara ghoib
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suekethos dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Apa virus corona kehadirannya sdh seperti virus batuk pilek, yg mbedakan ini virus emang raja tega.......?
profile-picture
coens1982 memberi reputasi
NEW NORMAL(dengan asumsi vaksin tidak pernah ditemukan) TERJADI KETIKA :

-manusia wajib memakai masker dilapisi tembaga saat keluar rumah

-semua material ganggang pintu dan interior bangunan dilapisi tembaga

covid-19 adalah konspirasi freeport,pemda papua dan pemerintah indonesia sebagai pemilik tambang grassberg emoticon-thumbsup:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalamuka dan 3 lainnya memberi reputasi
harusnya dr awal biasa aja, kuncinya hidup sehat dan jaga kebersihan
profile-picture
coens1982 memberi reputasi
gak usah pake PSBB PSBB an lagi lah, gak efektif dan gak cocok di Indonesia pula
yg penting keluar rumah pake face shield, kacamata shield, dan masker
trus kemana mana bawa disinfektan di taruh di wadah yg biasa di pake buat semprot tanaman tuh
Minta PSBB Lanjut, Peneliti Sebut Virus Covid-19 Terbawa Angin
hand sanitizer terlalu dikit, kurang nendang, lebih nendang disinfektan, lebih mantap dan lebih menyakinkan.
perbandingan nya 10ml karbol atau pemutih, campur sama 1 liter air
ane udah coba dan lumayan efektif kok, bahkan aman di kulit orang dewasa. ane udah coba, gak ada tuh iritasi atau sebangsanya.
emang jadi aneh sih, makanya dibilang NEW NORMAL (gaya hidup baru).
dijamin aman dah, mau aerosol kek, mo airborne kek, mau kerumunan kek, covid gak bakal bisa masuk ke badan kita
satu lagi, kalo pulang ke rumah, tumpukin semua baju dan celana ente, langsung mandi, trus ganti baju dan celana baru. makanya jangan keseringan keluar masuk rumah, karena kudu sering2 mandi juga nanti nya. pastikan kalo udah pulang ke rumah, gak keluar rumah lagi, atau mendingan diluar seharian sampai gak ada urusan lagi, baru pulang k rumah.
keluarga ane nerapin gaya hidup seperti itu, alhamdulilah ampe skarang sehat sehat aja.

Minta PSBB Lanjut, Peneliti Sebut Virus Covid-19 Terbawa Angin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cucigosok dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Mau lewat angin kek lewat, tatapan mata kek. Semakin kita waspada semakin kita bisa antisipasi Corona

audaz
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 2 lainnya memberi reputasi
Plecidennya aja nyuruh berdamai hidup berdampingan ma virus bre..
Data orang positif juga mau ditutup gak di publish lagi ke publik...

Entah apa jadinya kedepan moga2 gak terjadi ledakan infeksi
emoticon-Ngacir
profile-picture
coens1982 memberi reputasi
Kemarin bilang bisa nyebar melalui kentut, rokok,dan berhubungan badan.. auh ahh emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
suekethos dan coens1982 memberi reputasi
@tukangbeling
media juga asal muat berita bukan dari ahlinyaemoticon-Cape d...

btw cara quot sekarang bagaimana?
profile-picture
coens1982 memberi reputasi
Diubah oleh nyongnyongan
Lihat 2 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di