CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tak Hanya untuk Tenaga Medis, Jangan Lupakan Tempat Ini jika Memberi Donasi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec32287facb951a022d7961/tak-hanya-untuk-tenaga-medis-jangan-lupakan-tempat-ini-jika-memberi-donasi

Tak Hanya untuk Tenaga Medis, Jangan Lupakan Tempat Ini jika Memberi Donasi

Tak Hanya untuk Tenaga Medis, Jangan Lupakan Tempat Ini jika Memberi Donasi

Tenaga medis yang terdiri atas dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya merupakan garda terdepan dalam perang melawan corona. Merekalah para pahlawan yang sangat sulit dilupakan jasa-jasanya untuk menyembuhkan korban Covid-19. Tak heran begitu banyak perhatian ditujukan kepada tenaga medis, baik itu perhatian dari pemerintah maupun dari beragam lapisan masyarakat.

Salah satu bentuk dukungan tersebut berupa pemberian donasi. Terutama untuk membeli alat pelindung diri (APD) dan keperluan lainnya yang bertujuan melindungi tenaga medis dari paparan virus corona. Sudah banyak donasi diberikan dan sampai tulisan ini saya buat, pemberian bantuan tersebut masih mengalir.

Donasi juga diberikan untuk korban Covid-19 serta masyarakat terdampak lainnya. Entah itu berupa uang tunai maupun sembako, kita banyak melihat pemberian bantuan sosial itu, sebagai wujud solidaritas bersama, keprihatinan dan kesedihan bersama, sambil sama-sama berharap pandemi Covid-19 tersebut segera berlalu.

Di tengah mengalir derasnya donasi untuk tenaga medis, korban corona, serta masyarakat terdampak lainnya, ada suatu tempat yang jangan sampai kelupaan untuk diperhatikan. Selama ini, menurut pendapat saya, belum terlihat perhatian besar tersebut di tempat ini. Tempat apakah itu?

PANTI SOSIAL

Ya, panti sosial. Tempat apakah itu? Tentu sudah banyak orang yang tahu, di tempat ini banyak orang, bahkan ribuan, memerlukan bantuan pemerintah dan masyarakat. Oleh karena itu, di setiap provinsi ada yang namanya Dinas Sosial (Dinsos), yang membawahi panti-panti sosial.

Ada beragam jenis panti sosial. Panti jompo, misalnya. Ada juga panti anak, yang mengurusi anak-anak gelandangan atau anak-anak yang sudah tidak punya keluarga. Ada juga panti rehabilitasi untuk para korban narkoba, HIV-AIDS, dan penyakit lainnya. Apakah cuma itu?

Tentu saja tidak.

Ada juga panti yang mengurusi orang-orang yang punya penyakit kejiwaan atau gangguan mental. Bahasa ilmiahnya sering kita dengar, skizofrenia. Penderita penyakit ini sangat tergantung kepada obat yang menenangkan. Itu karena para penderitanya sering ngomong sendiri atau berhalusinasi. Penyakitnya jangka panjang dan harus dalam pengawasan psikolog, dokter, perawat, dan juga para tenaga pelayanan sosial.

Dalam suatu panti sosial, penderita kejiwaan ini bisa dalam jumlah banyak, hingga ratusan orang, dan dirawat oleh psikolog, dokter, perawat, dan tenaga pelayanan sosial tersebut. Meskipun ada anggaran negara untuk merawat mereka, banyak juga sumbangan dari masyarakat untuk berbagai jenis panti sosial tersebut, sebelum pandemi corona. Ini juga menunjukkan kepedulian masyarakat tidak hanya ditunjukkan semasa wabah virus corona, tapi jauh-jauh hari sebelumnya, hal tersebut sudah terjadi.

Apa Istimewanya Kini?

Hal yang istimewa adalah saat ini. Di masa pandemi corona, petugas pelayanan sosial yang mengurusi masing-masing panti, berusaha membentengi warga binaan di dalam panti tersebut, agar tidak terkena virus corona. Perjuangan mereka untuk mencegah virus corona masuk ke panti pun tidak bisa dianggap enteng. Protokol kesehatan juga dilakukan seperti yang dianjurkan oleh pemerintah dan tenaga medis, seperti memakai masker, cuci tangan, dan lain sebagainya.

Bayangkan jika satu orang di suatu panti sosial terkena virus corona, betapa repotnya. Itu karena banyak orang berada dalam suatu panti. Bahkan, ada yang sampai ratusan. Tergantung besar kecilnya panti sosial, baik itu yang dikelola pemerintah maupun swasta atau yayasan sosial lainnya.

Tempat-tempat inilah yang juga membutuhkan perhatian istimewa di masa pandemi ini. Donasi bisa diberikan, misalnya, untuk membeli makanan tambahan atau vitamin. Bisa juga dalam bentuk uang tunai yang diberikan kepada pengelola panti, untuk membeli berbagai kebutuhan mendesak yang diperlukan oleh suatu panti.

Saya menuliskan ini hanya sebagai informasi tambahan. Setidaknya masih banyak pihak yang terdampak pandemi corona ini. Tidak hanya yang jelas terlihat oleh mata kita, seperti tenaga medis, tapi juga yang mungkin saja terlewat, terpinggirkan, dan keberadaannya kurang diperhitungkan orang; seperti panti sosial dengan banyak warga di dalamnya, yang harus terlindungi dari virus corona.   



Foto: pixabay.com  
profile-picture
profile-picture
srusuut dan c4punk1950... memberi reputasi
Betul sekali GanTS...
emoticon-Matabelo
Tak Hanya untuk Tenaga Medis, Jangan Lupakan Tempat Ini jika Memberi Donasi
profile-picture
herrypengarang memberi reputasi
Mudah2an covid19 cepat selasay
profile-picture
herrypengarang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
dan juga kebun binatang siii, sedih banget banyak yg kesusahan makan
profile-picture
herrypengarang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Dimanapun tempat berdonasi yang penting ikhlas hehehe
profile-picture
profile-picture
herrypengarang dan luvandin memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Bahkan sampe banyak yg udah open donasi saking sekaratnya
profile-picture
herrypengarang memberi reputasi
Jaman sekarang banyak platform yang memudahkan buat donasi, nah biar mereka aja yang nyebarin mau kemana, yang penting kita tau jadi aja
profile-picture
herrypengarang memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di