CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Hati-Hati, Pakar Peringatkan soal Gelombang Kedua Infeksi Corona di China
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec2a5072525c3162f6d49d7/hati-hati-pakar-peringatkan-soal-gelombang-kedua-infeksi-corona-di-china

Hati-Hati, Pakar Peringatkan soal Gelombang Kedua Infeksi Corona di China

Hati-Hati, Pakar Peringatkan soal Gelombang Kedua Infeksi Corona di China

iNews.id - China diprediksi bakal menghadapi gelombang kedua infeksi virus corona (Covid-19). Penasihat kesehatan pemerintah setempat memperingatkan, kemungkinan tersebut muncul lantaran kurangnya kekebalan di antara penduduk negeri tirai bambu terhadap virus yang telah merenggut 313.633 nyawa penduduk dunia itu.

Setelah berbulan-bulan menerapkan karantina wilayah (lockdown) dan menyetop perjalanan ke berbagai negara, sebagian besar upaya China dianggap berhasil mengendalikan virus corona. Akan tetapi, kini muncul kekhawatiran akan gelombang kedua infeksi yang meningkat di sejumlah provinsi yang berada di kawasan timur laut China, termasuk di Kota Wuhan, tempat asal virus itu.

"Mayoritas orang China saat ini masih rentan terhadap infeksi Covid-19, karena kurangnya kekebalan,” kata pakar kesehatan China, Zhong Nanshan, kepada CNN, seperti dikutip AFP, Minggu (17/5/2020).

“Kami menghadapi tantangan besar. (Kondisi di China) ini tidak lebih baik daripada negara-negara lain yang saya pikir saat ini,” ujarnya.

BACA JUGA: AS Setuju Danai WHO Lagi, tapi Jumlahnya Sama dengan China

Zhong, ilmuwan yang turut membantu mengungkap skala wabah sindrom pernafasan akut parah (SARS) pada 2003, juga mengatakan bahwa pihak berwenang di Kota Wuhan tidak pernah melaporkan kasus selama masa-masa awal pandemi Covid-19.

“Pemerintah setempat, mereka tidak mau mengatakan yang sebenarnya pada waktu itu. Saya tidak percaya dengan hasil (jumlah kasus yang dilaporkan) itu, jadi saya (terus) bertanya dan kemudian, mereka harus memberikan saya angka sebenarnya,” kata Zhong, yang juga menjadi bagian dari tim ahli yang dikirim ke Wuhan untuk menyelidiki wabah tersebut kala itu.

Namun, kata Zhong, dia akhirnya percaya dengan data yang diterbitkan setelah Wuhan dikarantina total pada akhir Januari lalu, juga ketika pemerintah pusat mengambil kendali atas tanggap wabah Covid-19.

Saat ini, para ilmuwan dan perusahaan farmasi berlomba-lomba menemukan vaksin corona. Zhong memperingatkan, penemuan vaksin yang sempurna untuk Covid-19 mungkin bisa memakan waktu bertahun-tahun.


Source: Hati-Hati, Pakar Peringatkan soal Gelombang Kedua Infeksi Corona di China


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di