CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Aneka Soto Nusantara, Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec28cd6f4d6954f6f35a10f/aneka-soto-nusantara-indonesia

Aneka Soto Nusantara, Indonesia

Aneka Soto Nusantara, Indonesia
akurat.co

Soto, sudah tidak asing lagi bagi lidah orang Indonesia. Dengan cita rasa khas dari setiap daerahnya, tak hanyak orang Indonesia saja yang menyukainya. Banyak sekali turis asing(luar negeri) yang datang ke Indonesia untuk berlibur sekaligus menyicipi kulinernya. 

Agan suka yang mana nih, apalagi bisa ngerasain semuanya. Sebuah keberuntungan, kerena belum tentu semua orang sudah ngerasai soto yang ada di nusantara secara keseluruhan.

1. Soto Lamongan
Aneka Soto Nusantara, Indonesia

Berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Soto ini sangatlah di sukai banyak orang karena ciri khas dari resep leluhur adalah soto lamongan yang mengandung taburan koya, dan daging ayam yang diiris menyamping, tetapi tidak hancur. 

2. Soto Madura
Aneka Soto Nusantara, Indonesia

Berasal dari daerah Madura, Jawa Timur berbahan dasar daging sapi, telur rebus, kentang goreng dan tauge, dengan bumbu ketumbar, bawang putih dan bawang merah, jahe, kunir, laos, Kemiri, jeruk purut, dan garam secukupnya. Ciri khas kuah Soto Madura berwarna bening kekuningan.

3. Soto Kudus
Aneka Soto Nusantara, Indonesia

soto yang berasal dari Kudus. Soto kudus, hampir mirip dengan Soto Lamongan. soto khas Kudus menggunakan daging kerbau sebagai bahan utama. Namun, kini daging kerbau mulai tergantikan oleh daging ayam karena dagingnya empuk, sehingga tidak memerlukan waktu pemasakan yang lama.

4. Coto Makassar
Aneka Soto Nusantara, Indonesia
Coto tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Soto ini terbuat dari jeroan (isi perut) sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. 

5. Soto Medan
Aneka Soto Nusantara, Indonesia

Soto Medan menggunakan santan sehingga tekstur kuahnya lebih kental dan berwarna kuning pekat. Soto Medan hampir sama dengan Soto Jawa, hanya kuahnya yang berbeda.

6. Soto Betawi
Aneka Soto Nusantara, Indonesia

Soto yang populer di daerah Jakarta. Seperti soto Madura dan soto sulung, soto Betawi juga menggunakan jegoan( juga daging sapi) . Selain jeroan, sering kali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, terpedo, dan hati. Soto Betawi kuahnya cenderung berwarna putih kekuningan yang kental dengan aroma yang khas. Terbuat dari santan atau susu, inilah yang berbeda dari kuah soto lainnya. Jadi pengen makan gimana rasanya gan?.

7. Soto Bandung
Aneka Soto Nusantara, Indonesia

 Soto khas Bandung, Jawa Barat. Sepintas, soto yang berbahan dasar daging sapi(biasanya bagian tetelan atau has dalam) ini hampir sama dengan jenis soto yang lain, bahan pelengkapnya seperti tomat, lobak dan kacang tanah yang telah digoreng. Kuahnya lebih terasa ringan di lidah karena tidak menggunakan santan.

8. Soto Padang
Aneka Soto Nusantara, Indonesia

Hidangan berkuah kaldu sapi dengan bahan irisan daging sapi yang sudah digoreng kering, bihun (mie dari tepung beras), ditambah perkedel kentang dan dihidangkan panas-panas. Soto Padang menggunakan kuah bening dengan rasa segar dan dari campuran cuka, jeruk nipis, daun jeruk, serai, jahe, dan daun bawang.

9. Soto Banjar
Aneka Soto Nusantara, Indonesia

Soto khas Suku Banjar, Kalimantan Selatan, dengan bahan utama ayam serta memiliki aroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Baru tahu kalo soto di kasih kayu manis, biji pala dan cengkeh. Setiap daerah memang mempunyai ciri khas yang berbeda-beda.

10. Soto Mie Bogor
Aneka Soto Nusantara, Indonesia

Perpaduan daging, mie kuning, bihun, risol serta kuah soto membuat rasa dari soto mie menjadi nikmat dan lezat. Pengen ngerasain gimana, apalagi di campur mie pasti lezat gan.

Pencinta kuliner nusantara sudah tidak asing lagi dengan olahan soto. Banyak sekali jenis soto yang tersebar di daerah Indonesia. Gimana ya? rasa soto di atas pengen banget, apalagi makannya langsung di daerah asalnya.

Sumber: Wikipedia
Gambar: resepkoki.id
profile-picture
profile-picture
jagogkritikal dan Betjanda memberi reputasi
Ane suka yg soto bening kayak soto kudus, tapi pake daging ayam.
profile-picture
lianasari993 memberi reputasi
soto itu makanan hemat ....lah ayam disuiiir. emoticon-I Love Indonesia
Keren negeriku makana enak hematemoticon-Ngakak
profile-picture
lianasari993 memberi reputasi
ada yang pernah nyobain soto rempah gak? dulu di tempat ane (di sidoarjo) pernah ada yang jual, tapi gak lama orangnya pindah, pdhal enak banget banyak rempahnya dan ada seperti singkong parut digoreng sebagai gantinya kentang kali ya?? post di sini dung yang tau soto rempah
profile-picture
lianasari993 memberi reputasi
Quote:


Enak tuh emoticon-2 Jempol
Quote:


Memang soto itu sudah melekat pada lidah orang indonesia
Quote:


Wah baru tau kalau ada soto rempah


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di