CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
7 Trik Tips Lolos Uji Turnitin
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec28a2fc342bb716b7abbbf/7-trik-tips-lolos-uji-turnitin

7 Trik Tips Lolos Uji Turnitin

7 Trik tips lolos uji Turnitinkali ini merupakan hasil dari pengalaman dan praktik langsung dalam melayani revisi proposal skripsi, tesis, karya ilmiah dan karya tulis dari Mahasiswa berbagai Universitas dan Perguruan Tinggi di Sumatera, Jawa dan Bali. Khususnya yang sudah benar-benar merasakan sekali pengecekan setelah revisi langsung lolos uji Turnitin dengan batas maksimal 25% sampai dengan 30%.


Trik dan tips lolos uji Turnitinsebetulnya terletak pada jumlah kosa kata atau perbendaharaan kosa kata yang dimiliki oleh masing-masing individu, parafrase, pemahaman kalimat dan paragraf hingga pemahaman penulisan foot note dan sumber daftar pustaka. Semakin tinggi jam terbang seseorang dalam keterampilan menulis, maka semakin banyak kosa kata atau perbendaharaan bahasa yang dikuasai.


Trik tips lolos uji Turnitindapat dengan mudah diterapkan apabila dilakukan dengan konsisten dan fokus. Butuh niat yang sungguh-sungguh, sehingga dapat melihat hasil yang memuaskan. Cek Uji Turnitin dijalankan oleh program berbasis web, dimana database terbesar dan tercanggih bekerja secara detail memeriksa hasil karya seseorang. Berikut ini trik dan tipsnya supaya mudah lolos cek uji Turnitin sesuai standar yang telah ditentukan, caranya antara lain :



1. Dilarang mengcopy kalimat atau paragraf secara utuh.
2. Tampilkan sumber bahan pustaka.
3. Kutip sumber bahan pustaka sesuai pedoman.
4. Hindari mengutip sumber bahan pustaka yang legal atau resmi.
5. Pakai teknik dan metode parafrase dan sinonim.
6. Utamakan revisi plagiasi dengan nilai paling tinggi.
7. Pakai kosa kata serapan dari bahasa asing untuk kata-kata tertentu.

Ketujuh metode atau cara tersebut merupakan sebagian cara dari berbagai upaya dan usaha supaya mampu lolos uji turnitin dengan mudah. Memang paling berat dirasakan adalah jika terjadi plagiasi pada sebagian besar teks atau paragraf dalam satu lembar bahkan berlembar-lembar karya tulis, skripsi, tesis atau disertasi. Apalagi nilai plagiasi mencapai diatas 50% (Lima Puluh Persen). Artinya dari awal penulis terlalu banyak copy paste, biasanya banyak mengambil sumber dari internet atau jurnal online.
7 Trik Tips Lolos Uji Turnitin



sumber gambar : khairpedia


Ketentuan pengecekan program Turnitin sebagai berikut :
Originality-Check. 
Pengecekan dan pencocokan teks atau sekumpulan informasi yang ada di dalam website repositories, big data atau database.

Grade-Mark. 
Pengecekan teks atau paragraf melalui sistem digital (paperless).

Peer-Mark.
Menampilkan hasil pengecekan yang ditentukan secara proporsional sesuai standar keputusan tutor/ dosen.

Grade-Book.

Pengecekan online yang dlakukan oleh dosen/ tutor dalam memberikan tugas kepada suatu kelompok belajar.


Plagiarism atau plagiasi dapat diselesaikan dengan program Turnitin. Program Turnitinmemiliki algoritma untuk melakukan pencarian yang sudah disetting dan dirancang oleh master developer, untuk melakukan perbandingan dan seleksi tingkat kemiripan atau kesamaan (plagiarism) suatu karya tulis atau karya ilmiah dengan tulisan karya yang sudah ada di big data. 


Software web Turnitindidukung oleh 3 sumber utama untuk membandingkan dan mencocokkan karya yang diujikan, yaitu sumber online internet (website blog, web archieve, dan jurnal online), referensi akademisi atau pendidikan (database jurnal, buku, karya ilmiah, publikasi ilmiah, artikel), serta big data lokal yang tersimpan atau dimiliki oleh setiap institusi atau lembaga pendidikan formal seperti Cek Turnitin pada setiap Universitas atau Perguruan Tinggi




GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di