CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Website, Webmaster, Webdeveloper /
5 Elemen Penting Pada Desain Website
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec24526af7e932e34728729/5-elemen-penting-pada-desain-website

5 Elemen Penting Pada Desain Website

5 Elemen Penting Pada Desain WebsiteTidak dapat dipungkiri bahwa tampilan merupakan kesan pertama yang kita lihat dan kita nilai. Jika kesan pertama sudah positif, sudah barang tentu kesan positif lainnya akan nampak. Hal ini berlaku dalam segala aspek, termasuk aspek desain sebuah website. Apalagi jika website Anda ini digunakan untuk memikat customer loyal Anda demi melancarkan sebuah bisnis. Bukan itu saja, tampilan situs web juga berpengaruh terhadap SEO. Semakin SEO friendly tampilan situs web Anda, maka semakin tinggilah peringkat yang akan didapat. Hal ini merupakan peluang bagi Anda. Jika posisi website Anda di halaman pertama, maka semakin mudah untuk mendapatkan jangkauan pasar yang luas. Yang perlu Anda pahami adalah memastikan bahwa desain website Anda harus memiliki 5 elemen penting ini. Apa saja 5 elemen tersebut? Yuk simak ulasan berikut:

1. Layout
Layout sebuah situs website hendaknya mempertimbangkan letak penyusunan elemen-elemen desain yang memudahkan pembaca untuk mencerna informasi yang disajikan. Perhatikan keseimbangan dan keselarasan layout secara keseluruhan.
Perhatikan tips-tips berikut ini :
• Buat susunan atau alur informasi yang mudah diikuti oleh mata pembaca.
• Susun elemen berdasarkan skala prioritas misalnya seperti pola informasi dari yang paling penting → penting → kurang penting.
• Sebagian besar orang terbiasa membaca dari kiri ke kanan, maka letakkan main post di sebelah kiri sedangkan sidebar di sebelah kanan.

2. White Space
White space berguna untuk membantu mata manusia dalam memahami informasi yang disajikan. Bagi Anda yang belum begitu familiar dengan istilah desain, white space bisa diartikan sebagai ruang kosong yang memisahkan antara satu elemen dengan elemen lainnya. Situs website adalah sebuah ruang berisi berbagai informasi, agar informasi itu dapat diolah dengan baik oleh mata pembaca, maka ruang kosong berfungsi sebagai jeda.
Hal hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur white space adalah:
• Gunakan ruang kosong dengan jarak yang sama antara satu elemen dengan elemen lainnya agar terkesan rapi.
• White space juga termasuk jarak antarbaris dan antarparagraf dalam body text.

3. Jenis Huruf
Prinsip memilih huruf untuk website agak berbeda dengan ketika memilih huruf untuk materi cetak seperti brosur, pamflet, buku, atau materi cetak lainnya. Sebab ketika membaca di layar, mata manusia lebih cepat lelah daripada ketika membaca di atas kertas.
Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih jenis huruf untuk web:
• Klasifikasi huruf
Kenali klasifikasi huruf dan karakternya masing-masing. Setidaknya ada 4 klasifikasi dasar huruf: serif, sans serif, script, dan dekoratif. Pilih font yang menurut Anda sesuai dengan style website Anda.
• Karakter
Huruf memiliki psikologinya sendiri-sendiri, pilih jenis huruf yang sesuai dengan karakter situs web atau produk Anda.
• Legibility
Legibility adalah tingkat kemudahan mata mengenali suatu karakter/huruf tanpa harus bersusah payah. Pilihlah jenis huruf yang mudah diolah oleh mata pembaca. Hindari menggunakan huruf latin.
• Readibility
Readibility berkaitan dengan bentuk huruf dan hubungannya dengan huruf lain. Readibility juga berhubungan dengan jarak antarhuruf dan jarak antarkata.

4. Pilihan Warna
Warna juga memengaruhi psikologi pembaca, menciptakan mood, bahkan menyelusup ke alam bawah sadar. Warna bisa menyampaikan simbol diri dengan sendirinya tanpa disertai oleh teks. Itu sebabnya mengapa pemilihan warna merupakan salah satu elemen penting dari desain sebuah web.
Perhatikan tips-tips berikut ini :
• Gunakan warna muda untuk latar dan warna tua untuk teks, bukan sebaliknya. Hal ini dimaksudkan agar mempertegas informasi yang ingin Anda sampaikan.
• Jika Anda tidak yakin dengan pilihan warna yang sesuai, gunakan gradasi abu-abu (grayscale).
• Hindari menggunakan warna-warna primer untuk latar seperti merah, biru, kuning. Anda bisa memilih warna-warna soft untuk lantar belakang website.
• Pilih hanya satu warna yang akan di-highlight. Untuk variasi, Anda bisa menggunakan warna lain tapi dengan tone yang sama atau gradasi dari warna utama.

5. Laman About Us/Me & Contact
Laman About Us/Me memiliki peran yang penting diantaranya adalah memperkenalkan diri/perusahaan Anda, memperkenalkan jasa/produk yang Anda miliki, menjelaskan secara spesifik bidang yang Anda geluti.
Hal yang harus Anda perhatikan adalah :
• Letakkan laman “About Me/Us” di navigasi agar mudah ditemukan.
• Laman “About Us” bisa dipergunakan untuk menceritakan visi dan misi perusahaan atau organisasi.
• Berikan informasi yang jelas dan tidak bertele-tele terkait diri Anda atau sejarah sebuah perusahaan misalnya. Susun kalimat yang persuasif sehingga pembaca tertarik untuk membaca profile Anda.
Laman kontak berpengaruh terhadap autoritas. Pembaca dan klien tentu harus tahu apakah situs yang mereka kunjungi benar-benar dikelola oleh perusahaan atau orang asli, bukan fiktif. Laman kontak juga mempermudah mereka untuk menghubungi Anda.
Hal-hal yang wajib ada di laman kontak adalah :
• Perusahaan: Alamat lengkap, jam operasional, nomor telepon, surel.
• Personal: Alamat (lengkap atau hanya nama kota), nomor telepon (opsional), surel.
• Form (opsional).

Terkait dengan website, CAN Creative merupakan perusahaan yang bergerak dalam jasa IT consultant dan pembuatan aplikasi/website. Bagi Anda yang tertarik membuat sebuah aplikasi/website, konsultasikan dengan CAN Creative dengan mengunjungi kami di instagram @cancreative, facebook CAN Creative atau di website can.co.id. Tim CAN Creative dapat membantu Anda mewujudkan aplikasi dan website idaman Anda, tentunya dengan desain website yang menarik.
Diubah oleh cancreative2017


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di