CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Hampir Semua Fraksi DPR RI Desak TAP MPRS Pembubaran PKI Masuk RUU HIP
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec23ce3facb951511626ed6/hampir-semua-fraksi-dpr-ri-desak-tap-mprs-pembubaran-pki-masuk-ruu-hip

Hampir Semua Fraksi DPR RI Desak TAP MPRS Pembubaran PKI Masuk RUU HIP

Spoiler for Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR RI, Ahmad Ali:


Pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) kini sudah mulai memperoleh titik terang. Berdasarkan informasi, sudah ada total 4 Fraksi di DPR RI yang secara tegas mendesak agar RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) mencantumkan TAP MPRS XXV/1966 tentang pembubaran PKI menjadi salah satu konsideran atau landasan. Diantara yang mendukung yaitu Fraksi Partai Nasdem, Fraksi PPP, Fraksi PKS dan Fraksi PAN.

Bukan tanpa alasan, sikap tersebut semata-mata adalah bentuk akomodasi kepentingan masyarakat yang begitu tingginya menolak dihapusnya TAP MPRS Pembubaran PKI didalam RUU HIP ini. Terlebih lagi, masyarakat mengkhawatirkan adanya aroma kebangkitan PKI didalam RUU HIP ini. Padahal sejatinya RUU Haluan Ideologi Pancasila dibentuk untuk memberikan substansi baru dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila di era sekarang.

Tidak ada sedikitpun upaya untuk membangkitkan PKI didalam RUU ini, hal itu bisa dibuktikan sendiri dengan tingginya penolakan beberapa Fraksi DPR RI untuk melanjutkan pembahasan RUU HIP jika tidak mencantumkan TAP MPRS XXV/1966 tentang pembubaran PKI sebagai konsideran.

Disinilah beberapa Fraksi di DPR RI menegaskan bahwa RUU Haluan Idelogi Pancasila secara substantif tetap berpedoman pada TAP MPRS XXV/1966 tentang pembubaran PKI dan kita semua pastinya sepakat bahwa bahaya laten PKI tetap tidak boleh kita beri ruang di republik ini. Itulah kenapa, Fraksi Partai Nasdem meminta semua pihak agar tidak mudah terjebak pada polemik ini.

"RUU ini memiliki substansi yang bisa menjadi tawaran dalam menghadapi perikehidupan di abad 21 yang penuh dengan berbagai bentuk perubahan. RUU HIP juga memiliki spirit dan tawaran yang mengajak semua pihak untuk mendialektikakan antara Pancasila dengan masa depan bangsa, negara, dan bahkan dunia ini," ujar Ketua Fraksi Partai Nasdem, Ahmad Ali dalam keterangan tertulisnya.

"Keterjebakan kita dengan pandangan dan tendensi semacam itu hanya akan akan melahirkan lingkaran setan dan perdebatan tanpa ujung yang menghabiskan energi anak bangsa tanpa progres yang jelas," lanjutnya.

Pandangan ini sekaligus meyakinkan kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir tentang isu kebangkitan PKI didalam RUU Haluan Ideologi Pancasila. Karena memang sejatinya, semangat dasar dibentuknya RUU HIP ini adalah justru untuk memperkokoh nilai-nilai Pancasila agar sesuai dengan masa sekarang.

"Alam kehidupan hari ini adalah alam yang berbeda dengan keduanya. RUU ini adalah sebuah cara pandang terhadap Pancasila di abad 21," kata Ahmad Ali.

"Fraksi Partai NasDem memandang RUU HIP adalah langkah maju dalam menerjemahkan Pancasila bagi kehidupan berbangsa dan bernegara," lanjutnya.

Spoiler for JANGAN LUPA:
profile-picture
profile-picture
forpetrol dan bocahnakal446 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di