CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Belasan Penjual Daging di Pasar Cileungsi Positif Corona. HOAKS / FAKTA?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec210dafacb9560367ca252/belasan-penjual-daging-di-pasar-cileungsi-positif-corona-hoaks---fakta

Belasan Penjual Daging di Pasar Cileungsi Positif Corona. HOAKS / FAKTA?

Belasan Penjual Daging di Pasar Cileungsi Positif Corona. HOAKS / FAKTA?

MerahPutih.Com - Beredar pesan berantai Whatsapp yang menyebutkan bahwa ada 13 orang penjual daging di Pasar Cileungsi diketahui positif terpapar virus Corona atau Covid-19 dan tengah dilakukan tes SWAB massal di lokasi pasar.

Narasi:

Buat teman2 yg tinggal di sekitar cileungsi…klo bisa jangan ke pasar cileungsi dlu. Karena ada 13 org penjual daging yg positif covid19, sekarang ini di pasar cileungsi lg dilakukan test swab massal. Bukan hoax ya teman teman…

FAKTA:

Berdasarkan hasil penelusuran tim Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), kabar tersebut rupanya telah dibantah oleh pihak pengelola Pasar Cileungsi.


Direktur Utama PD Pasar Tohaga, Haris Setiawan menyebut informasi tersebut tidak benar. Dia menjelaskan, tes swab yang dilakukan di Pasar Cileungsi, Jumat (15/5) belum dapat ditentukan hasilnya.

Ada 30 orang di Pasar Cileungsi mengikuti tes swab. Terdiri dari 25 orang pedagang dan lima orang pegawai PD Pasar Tohaga Unit Cileungsi.


“Termasuk kepala pasar dan petugas harian. Hasil swab kan keluarnya 14 hari setelah tes. Jadi dari mana itu bisa menyatakan sudah ada yang positif,” kata Haris.

Tes swab dilakukan oleh Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Cileungsi dan petugas kesehatan Puskesmas Cileungsi pada Jumat pagi.

Kepala Pasar Cileungsi, Mulyadi Setiawan mengaku kewalahan atas beredarnya kabar 13 pedagang daging di Pasar Cileungsi positif terpapar Covid-19.

“Kami sudah mengantongi identitas yang menyebarkan kabar hoaks itu. Laki-laki usia 30 tahun berinisial I dan kami sudah membuat laporan kepolisian untuk diproses,” tegas Mulyadi.

KESIMPULAN:

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten tersebut tidak benar. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori False Context atau Konten yang Salah.

SWAB tes baru dilakukan pada tanggal 15 Mei 2020 dan hasilnya baru bisa keluar setelah 14 hari kemudian. Pihak pengelola Pasar Cileungsi sudah melaporkan pelaku penyebaran pesan berantai ke pihak kepolisian.


Sumber: Link
profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 2 lainnya memberi reputasi
“Kami sudah mengantongi identitas yang menyebarkan kabar hoaks itu. Laki-laki usia 30 tahun berinisial I dan kami sudah membuat laporan kepolisian untuk diproses,” tegas Mulyadi.

yang udah2 nangis..
menyesal..
tidak ada maksud..

pas nyebarin kayak yang paling oke aje..
profile-picture
bangsutankeren memberi reputasi
hasil swab 14 hari setelah tes 🙄
profile-picture
bangsutankeren memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Parah amat, masa inkubasi sekitar an 2 minggu.. Hasil swab juga sekitar an 2 minggu
profile-picture
profile-picture
angelo.ogbonna dan bangsutankeren memberi reputasi
hoax terus disiniemoticon-Cape deeehh
Gw org cileungsi, emang 3-4 hari kmrn sempet viral tuh hoaks disini, tapi alhamdullilah langsung terbantahkan. Tapi tetep aja, di ps cls tuh gak ada yg namanya social distancing, jadi emang tinggal nunggu waktu aja.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di