CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bank Dunia Kucurkan Pinjaman 700 Juta Dollar AS untuk Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec1e0d4337f9325cc0203a9/bank-dunia-kucurkan-pinjaman-700-juta-dollar-as-untuk-indonesia

Bank Dunia Kucurkan Pinjaman 700 Juta Dollar AS untuk Indonesia

Minggu, 17 Mei 2020 | 16:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan Eksekutif Bank Dunia (World Bank) pada Jumat (15/5/2020) lalu, menyetujui dua proyek baru dengan total nilai 700 juta dollar AS untuk membantu Indonesia dalam menangani dampak wabah virus Corona (Covid-19).

Pinjaman ini akan membantu Indonesia dalam meningkatkan sistem perlindungan sosial sekaligus memperkuat sektor keuangan dalam negeri.

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor Leste Satu Kahkonen mengatakan, sifat dan jangkauan wabah corona yang belum pernah terjadi sebelumnya telah menimbulkan banyak dampak negatif.

Keadaan ini kemudian membutuhkan dukungan secara cepat dari Bank Dunia untuk disalurkan secara global.

"Untuk Indonesia, kami mendukung pemerintah agar terus fokus dalam melindungi populasi yang rentan dan berisiko tinggi, serta meningkatkan kesiapsiagaan darurat untuk berbagai sektor prioritas," ujar Satu di dalam siaran pers, Minggu (17/5/2020).

Dia melanjutkan, dalam jangka panjang kesiapan dan kemampuan untuk meminimalkan dampak pandemi ini menjadi sangat penting dalam upaya lanjutan pemerintah untuk mengurangi tingkat kemiskinan dan melindungi sumber daya manusia (SDM) di dalam negeri.

Adapun proyek pertama yang disetujui adalah berupa bantuan pendanaan tambahan untuk asistensi program reformasi sosial senilai 400 juta dollar AS.

Sebelumnya, proyek awal ini telah disetujui pada tiga tahun lalu dan telah berhasil mendukung program bantuan sosial (bansos) program keluarga harapan (PKH) dalam memperluas cakupan penerima dari 6 juta menjadi 10 juta keluarga, meningkatkan sistem penyaluran bansos, serta koordinasi dengan program bansos lainnya.

Satu menilai, pendemi yang saat ini semakin meluas di dalam negeri telah memberikan dampak yang besar kepada masyarakat miskin, rentan, dan para pekerja informal. Untuk itu, pendanaan tambahan ini diharapkan dapat memberikan dukungan dalam menambahkan dana darurat sementara bagi 10 juta penerima PKH untuk menjaga tingkat kesejahteraan sosial.

Pendanaan ini juga akan mendukung Kementerian Sosial (Kemensos) dalam memperkuat kapasitas sistem perlindungan sosialnya.

Khususnya, untuk meningkatkan dan menyediakan bantuan cepat di masa yang akan datang bagi masyarakat yang terdampak bencana dengan skala besar, ataupun masyarakat terdampak pandemi.

"Program Pendanaan Tambahan untuk Reformasi Bantuan Sosial akan terus mendukung penguatan sistem penyaluran PKH, serta akan menghubungkan mantan penerima PKH terpilih dengan program kewirausahaan sosial yang baru untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam berbisnis," papar Satu.

Selain itu, program pendanaan ini juga akan mendukung data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dalam memperluas cakupan masyarakat miskin dan rentan dalam penyaluran bantuan, serta memperluas manfaat penggunaan DTKS sebagai data tanggap penyaluran bantuan bagi masyarakat yang terkena bencana.

Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa dampak dari pandemi ini telah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penghidupan banyak orang di berbagai sektor dan wilayah di Indonesia.

"Dengan dukungan dari lembaga internasional seperti Bank Dunia, kami dapat memberikan bantuan dalam menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat, seperti penyediaan bansos dan menjaga ketahanan ekonomi negara. Dukungan untuk sektor-sektor ini menyediakan fondasi kuat untuk menentukan tindakan lanjutan pemerintah dalam memastikan pemulihan jangka panjang bagi masyarakat dan ekonomi Indonesia,” ungkap Sri Mulyani.

Lebih lanjut, proyek kedua yang disetujui adalah berupa pinjaman tambahan untuk kebijakan reformasi dalam pengembangan sektor finansial guna mengatasi dampak Covid-19 untuk Indonesia, dengan nilai 300 juta dollar AS.

Pinjaman awal untuk kebijakan pembangunan ini, sebelumnya telah disetujui pada Maret 2020 dan bertujuan untuk membantu meningkatkan kedalaman, efisiensi, serta ketahanan sektor keuangan.

Diharapkan, pendanaan tambahan tersebut dapat membantu pemerintah dalam menutupi keterbatasan keuangan tidak terduga yang muncul akibat pandemi, serta membantu mengatasi krisis Covid-19 dengan mendukung ekonomi riil. Termasuk menyalurkan dana ke rumah tangga dan perusahaan, sambil mempertahankan ketahanan di sektor keuangan. (Rahma Anjaeni | Wahyu T.Rahmawati)


Sumber

Spoiler for Opini pribadi:
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 54m5u4d183 memberi reputasi
Diubah oleh rayelba
siap2 tahun depan pajaknya gencar
buat bayar gaji pns sama thr
siapa dulu menkeunya, alumni beng beng

tahun depan pajak menggila sementara BUMN disuntik-suntikkin.

PTKP selama ini nenek jadi menteri kagak bakalan naek dah.
ini yg ditunggu tunggu rezim koplak
dulu rezim ini sibuk sembunyikan kebenaran
gak lama, bank dunia umumkan sedang mendata negara2 terdampak utk di kucurkan dana
dasar mata duitan, mendadak rezim ini bikin gugus tugas covid dan rajin umbar data penyebaran covid, dgn harapan di dengar bank dunia
setelah $700 juta dijamin cair, sekarang saatnya longgarkan PSBB, atau bahkan di akhiri, karena "duit pensiun" para petinggi negeri ini sudah dijamin masuk kantong, sebodoteuing sama kalian semua emoticon-Wakaka
taruhan yuk, dari 700 juta itu paling yg nyampe ke rakyat berapa sich? sisanya di embat para elite negeri ini yg sudah sangat korup itu
kalian rakyat dekil bau tak lebih dari statistik covid yg dipake buat pancingan kucuran dana bank dunia, tidak lebih

Bank Dunia Kucurkan Pinjaman 700 Juta Dollar AS untuk Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cupugitu2074 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh xanax.for.sale
Lihat 7 balasan
Uda ga ada beban cari simpati saatnya cari yg segaremoticon-Angkat Beer
Kasik duid aje 700jt usd bwat belanja di negri ndiri emoticon-Leh Uga biar mbulet kek kentut.
bwat apa org idiot pegang duid bisa belanja di us. emoticon-Ngakak bikin kacaw ajah ntar
Bank Dunia Kucurkan Pinjaman 700 Juta Dollar AS untuk Indonesia

Menjemput rejeki lebaran..
Teriak teriak rezim tukang utang tapi hidup di penuhi subsidi ini itu...di suruh competive gak kuat...bayar pajak ngungak...tapi subsidi minta terus...gak boleh putus...di turunin dikit auto rezim gak pro rakyat kecil auto demo bersilid-silid..di turuti subsidinya pakek dana utang...balik lagi ke awal....lingkaran setan emang...
profile-picture
rayelba memberi reputasi
alhamdulillah ya
Hati2 dalam berkomentar, beberapa thread sya di hapus krna gencar bawa nama orng2 tsb.
semoga berjalan dengan lancar visi dan misinya. amin


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di