CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec17ff6af7e937e16364f40/8-jenis-kopi-indonesia-yang-mendunia-cari-tau-yuk

8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk

8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk

Kopi merupakan salah satu komoditas yang menjanjikan bagi negara Indonesia. Negara kita sudah lama menjadi salah satu produsen kopi terbesar di dunia.

Pada 2016, Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi urutan negara sebagai penghasil kopi terbesar di dunia. Rasa khas yang dapat ditemukan di kopi Indonesia memang tidak dapat ditemukan pada jenis kopi yang lain.

Kopi khas yang disebarluaskan oleh Indonesia telah disebarkan dari Sabang hingga Merauke. Setiap daerah pun memiliki cita rasa unik tersendiri.

Selain itu, Indonesia juga memiliki jenis kopi yang disetujui telah terkenal hingga wilayah global karena cita rasa yang dimilikinya. Untuk mengetahui jenis-jenis apa saja kopi tersebut, berikut 8 jenis kopi Indonesia yang mendunia:

1. Kopi Toraja

8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk

Jenis kopi Indonesia yang mendunia yang pertama adalah kopi Toraja. Kopi Toraja dihasilkan dari daerah Sulawesi Selatan dikumpulkan di peternakan Toraja.

Pegunungan di daerah Toraja memang terkenal dengan tanaman yang sangat bagus dan subur bagi pertumbuhan tanaman kopi. Buktinya adalah dua jenis kopi terbaik di dunia yang dapat diproduksi di daerah ini contohnya adalah Kopi Arabika Toraja dan Kopi Arabika Robusta.

Perbedaan dari dua jenis kopi ini berasal dari kopi yang diproduksi di setiap jenis kopi Toraja. Kopi ini memiliki citarasa keasaman dengan kadar yang tinggi.

Selain itu, citarasa yang memiliki unsur tanah yang unik dan khas menjadi ciri khas kopi Toraja.

2. Kopi Kintamani

8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk

Selain terkenal dengan sektor pariwisatanya, Pulau Bali juga dikenal sebagai salah satu penghasil kopi yang telah mendunia.

Kopi Kintamani merupakan salah satu jenis kopi yang telah ada dan tumbuh di pinggiran kota Pulau Bali. Di daerah Kintamani, kopi ini memiliki ciri khas yanng selain dari yang lain.

Kopi Kintamani memiliki rasa segar dan bercampur dengan rasa keasaman yang khas. Hal ini disebabkan oleh sistem penanaman biji kopi yang bercampur dengan beraneka ragam sayuran atau yang biasa disebut dengan sistem tumpangsari.

3. Kopi Aceh

8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk

Aceh juga merupakan salah satu kota penghasil jenis kopi Indonesia yang mendunia. Salah satu varian kopi yang terkenal dari kopi ini adalah Kopi Aceh Gayo.

Kopi ini dihasilkan di wilayah dataran tinggi Gayo. Perkebunan kopi di daerah ini rata-rata pada ketinggian 1.200 hingga 1.700 mdpl.

Para penyuka jenis kopi Arabika pasti akan menyukai rasa kopi Aceh Gayo karena memiliki tesktur rasa seperti rempah-rempah.

4. Kopi Sumatera

8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk

Pulau Sumatera merupakan salah satu penghasil kopi terbaik dengan tekstur yang dibutuhkan oleh para pecinta kopi di dunia. Beberapa jenis kopi yang diproduksi di sini seperti kopi Mandailing dan kopi Lintong.

Kopi yang dihasilkan dari daerah ini memiliki tekstur yang halus dengan rasa kakao atau tembakau.

5. Kopi Jawa Barat

8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi penghasil kopi terbaik yang ada di dunia saat ini. Konon, kopi citarasa dari Jawa Barat ini dapat menyaingi kopi citarasa Toraja, Aceh, atau Sumatera.

Citarasa kopi yang dihasilkan dari daerah ini memiliki cita rasa manis yang banyak diperoleh orang-orang. Meski masih sulit ditemukan, kopi asal Jawa Barat ini dipercaya dapat menyaingi kopi asal Afrika dan Ethiopia.

6. Kopi Flores

8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk

Jenis kopi Indonesia yang mendunia selanjutnya adalah jenis kopi Flores. Kopi Flores Bajawa merupakan salah satu jenis kopi yang telah banyak dikenal oleh para pecinta kopi di seluruh dunia.

Kopi ini memiliki tekstur rasa yang buah dan sedikit lebih enak setelah rasa -nya. Kopi Flores dapat tumbuh subur karena tumbuh di dataran tinggi dan disokong oleh abu vulkanik dari gunung berapi yang menyuburkan tanah di daerah tersebut.

7. Kopi Lanang

8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk

Jenis kopi indonesia yang telah mendunia yang selanjutnya adalah jenis kopi lanang. Terciptanya kata kopi lanang adalah karena biji pada kopi lanang ini berbentuk bulat tunggal dan tidak ada garis tengah seperti pada biji kopi pada umumnya.

Kata lanang merupakan istilah bahasa Jawa yang menandakan itu laki-laki. Dan Manfaat yang bisa diperoleh dapat menambah vitalitas pria.

Maka dari itu, di pasaran harga kopi ini terbilang cukup mahal dibandingkan dengan jenis-jenis kopi yang lain. Kopi jenis ini dapat menghasilkan kopi lanang robusta dan kopi lanang arabika. Selain itu, kopi ini ternyata telah populer sejak masa pemerintahan Belanda.

8. Kopi Sidikalang

8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk

Jenis kopi Indonesia yang mendunia yang terakhir adalah kopi Sidikalang. Konon, kopi ini sangat digemari oleh para pecinta kopi baik dari Indonesia maupun mancanegara.

Karena menghargai memiliki kualitas yang tinggi, kopi ini menjadi keunggulan utama dari kopi Brazil. Kopi ini memiliki tekstur yang halus dan lembut untuk Anda yang ingin jenis kopi ini.

Nah Dari 8 Jenis Kopi Di Atas Kopi Yang Mana Paling Kamu Sukai...?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bulboel dan 80 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh keepluthfi
izin nenda di thread coffee.
ada yg bilang kalau kopi bikin gabisa tidur.
kalau kata ane mah "kaga bisa tidur sebelum ngopi"
ane dari jawatengah bagian utara, suka sama kopi² lokal seperti kopi lasem dll. beehhh mantep uyyy
dan ane yakin kopi yg di jelasin ts ini juga mantap sampai bisa mendunia. branding ny juga oke tuh keknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kinclong007 dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
kopi pangku emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
blynd dan 7 lainnya memberi reputasi
kopi gayo, sidikalang,mandailing ueenaak.... kopi papua juga ga kalah om 😍😍👍👍

Spoiler for ngaskus smbil ngopi ☕☕:


emoticon-Ngaciremoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Phoda
kopi indonesia tuh paling enak menurut ane. udah cobain kopi geisha,kenya dll ngga da yng semantap disni
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
jd inget jejak kopi tvri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 3 lainnya memberi reputasi
Bingung sama orang demen kopi padahal ane kasih kush juga pindah aliran mereka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 4 lainnya memberi reputasi
kopi mandailing natal, kopi raung jg kondang n punya pasar luas di eropa dan amerika
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 5 lainnya memberi reputasi
kayanya yang ane doyan toraja sama aceh doang emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kopi Robusta dong favorit ahaha. Jadi inget dulu jaman SMA (masih bocah). Bela-belain beli kopi ini dari Cimahi ke BSM sama temen emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 2 lainnya memberi reputasi
Kopi Pangku layak dicoba gan!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kinclong007 dan 3 lainnya memberi reputasi
Apa daya saya hanya Good Day doang emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan

Aceh Gayo Atu Lintang, Ane Suka Gan , Beli Green Bean Sangrai Sendiri Lebih Murah ☕

8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
sidikalangemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 3 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh indra.blora
Yang ane tau jenis kopi cuman robusta sama arabica doang emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 3 lainnya memberi reputasi
Kopi gayo paporit ane
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 2 lainnya memberi reputasi
Kopi sidikalang bikin jantung berdegub kenceng dan keringat dinginemoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 3 lainnya memberi reputasi
Gayo lovers
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 2 lainnya memberi reputasi
harusnya nomer 4 langsung sebut aja kopi mandailing natal. kopi jambi dr lereng kerinci serta kopi raung jember juga punya pasaran luas lho
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di