CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
5 Slide Ramadan Unforgetable Masa Kecil Generasi 90-an
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec1639565b24d44a47a4342/5-slide-ramadan-unforgetable-masa-kecil-generasi-90-an

5 Slide Ramadan Unforgetable Masa Kecil Generasi 90-an

Bicara tentang generasi 90-an emang gak ada habisnya. Generasi unik, jadul, tetapi tetap menarik. Bersyukurlah jika menjadi bagian darinya, generasi terakhir sebelum tiba-tiba semua berubah gadgetholic (katanya sih). Momen seru ramadan pastinya juga banyak hal yang tidak bisa dilupakan, meski sedih juga karena tak ada yang mendokumentasikan emoticon-Stick Out Tongue

1. Ngabuburit di Radio
Spoiler for Ngabuburit di Radio:


Radio? Beneran nih? Sore-sore jelang buka cuman di depan radio? Iya, dulu satu kampung yang punya televisi cuman hitungan jari, itu pun sebagian masih ada yang hitam putih. Nah, banyak yang menghabiskan waktu sore sambil nyiapin buka sambil ndengerin radio. Serunya saat bareng-bareng ndengerin sandiwara radio, kebayang gak? Generasi Z?

2. Ngumpulin Makanan buat Buka
Spoiler for Ngumpulin Makanan:


Kalo ini generasi sekarang pun juga sama, bedanya, dulu masih alami gaes. Anak-anak main ke kebun/ladang manjat pohon ini pohon itu, dapet buahnya, dibawa pulang, disimpan di bawah lemari biar gak diambil kakak/adik. Ada buah duku, salak, rambutan, jambu, mangga, ya tergantung musimnya lah.

3. Menunggu Bedug, Menunggu Sirine
Spoiler for Nunggu Bedug:


Di perkotaan mungkin sudah jarang pas azan maghrib ada bunyi sirine yang cukup keras, apalagi di tengah hiruk pikuk suara yang campur aduk menjadi satu. Nah, dulu banyak bunyi-bunyi sirine yang terdengar cukup jelas karena masih lumayan sepi. Bunyi seperti itu saat ini  mungkin harus dilestarikan terutama di keramaian kota-kota metropolis.

4. Keusilan saat Jalan-jalan Pagi
Spoiler for Usil Pagi-pagi:


Usai subuh, banyak warga terutama anak-anak yang mencari udara segar di kampung dengan jalan-jalan. Biasanya dari kampung ke jalan utama yang beraspal, keliling, kembali ke kampung. Nah, saat itu ada banyak keusilan-keusilan di antara anak-anak, misalnya melempar petasan kecil seukuran cabe rawit ke anak-anak perempuan dan sebaliknya. Yah, kalo dipikir-pikir ini baru puasa di menit-menit awal malah bikin dosa, ya kalo yang diusilin ikhlas, kalo enggak? Ya minta maaf lah emoticon-Stick Out Tongue

5. Taraweh Cheating
Spoiler for Tarawih:


Anak-anak yang beribadah salat taraweh di masjid yang jumlah rakaatnya 23 pasti tau nih! 23 rakaat itu lama banget! Biar pun surat-surat yang dibaca pendek tetapi kalo lagi malas bin bad mood ya udah deh baru dapat 4 atau 6 rakaat udah ‘turun minum’. Rebahan dulu, ngobrol dulu, keluar masjid dulu. Nanti begitu witir balik lagi dan bersiap menyantap kudapan pascatarawih. Tuh kan, curang kan. 



Spoiler for SS Berbagi Kebaikan:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
Pupilsxone dan 4 lainnya memberi reputasi
teraweh cheating tuh ane pernah rasaain emoticon-Wakaka
profile-picture
anakjahanam721 memberi reputasi
gangguin orang
Maaf, ini bukan memori generasi 90 an.
Ini lebih ke nostalgia generasi boomer emoticon-Nohope

Aktivitas generasi 90 yang sudah bisa jalani masa "ngabuburit" adalah :

1. TV sudah sangat umum.
Setidaknya tontonan udah lorong waktu dan acara kultum. Radio saat itu lebih buat untuk signal adzan daripada didengerin penuh.

2. Sudah tidak kumpulin makanan.
Memang masih ada, tapi sudah sangat jarang karena orangtua udah agak "keras", yaitu dilarang mengambil barang milik orang lain, biarpun pemilik mengijinkan. Orang juga jarang menanam di kebun karena takut diambilin begini.

3. Sirine sudah umum, dan alternatif bunyi-bunyian.
90 an kendaraan bermotor mulai banyak, sehingga bunyi berisik mereka buat dari sumber lain, misal "cannon" bambu.

4. Jahil yang mulai berkurang.
Petasan memang masih umum, tapi ga sampai dilemparkan juga karena selain susah dicari, belinya juga musti harus sembunyi-sembunyi bagi anak-anak.
Sekali dua kali masih ada, tapi ketika udah pernah ditegur, mereka ga akan lakukan lagi.

5. Tarawih cheating masih ada.
Cheating bukan kurangi rakaat, tapi lebih ke skip. Makin parah kayaknya emoticon-Hammer
ane anak baik kok. ngabuburit di rumah aja nonton tv sambil rebahan
jalan jalan pagi abis shubuh...sambil main petasan di jalan....emoticon-Big Grin
emoticon-2 Jempol
nostalgila bre,,,


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di