CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ragam Tradisi Ramadhan di Berbagai Belahan Dunia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec13d80a7276809b100ccea/ragam-tradisi-ramadhan-di-berbagai-belahan-dunia

Ragam Tradisi Ramadhan di Berbagai Belahan Dunia

Tradisi Unik yang Membuat Ramadhan Lebih Bermakna

Assalamu'alaikum. Hallo, GanSist. Jumpa lagi di thread ane kali ini yang akan membahas tentang uniknya ramadhan di berbagai belahan dunia. Semoga puasa, GanSist masih lancar walau di tengah pandemi seperti ini, ya. Tetap semangatemoticon-Jempol

Tiap negara punya cara sendiri untuk membuat negaranya unik dari negara lain. Terlebih pada saat bulan ramadhan, umat muslim akan menjalankan tradisi unik di sepanjang bulan ramadhan dengan caranya masing-masing.

Oh, ya. Apa yang paling GanSist rindukan saat bulan ramadhan tiba? Kalau ane, sih. Tradisi pasang lampu colok pada malam 27 ramadhan. Pernah denger, nggak? Pasti pernahlah, ya? Tapi ... tahun ini pasti lampu colok tidak bisa dibuat, karena ada pandemi Covid-19. Sedih rasanya, tapi semua demi kebaikan bersama.

Ragam Tradisi Ramadhan di Berbagai Belahan Dunia
sumber: google.com

Oke balik lagi ke topik pembahasanemoticon-Jempol di negara mana saja, sih tradisi unik ramadhan selalu dijalankan? Apa Indonesia termasuk? Yuk, kita bahas emoticon-Jempol

1. Kuliner Khas Turki dan Memeriksa Kesehatan di Jerman.

Ragam Tradisi Ramadhan di Berbagai Belahan Dunia
kuliner khas Turki

Suasana Ramadhan di Jerman terasa indah karena kebanyakan umat Muslim berasal dari Turki. Tak heran kalau  kuliner khas  Turki, yaitu kue sangat diminati dan mudah ditemukan menjelang bulan ramadhan di Jerman. Ada qata’ef (kue kering yang kulit luarnya direndam sirup gula) dan qamruddin (jus apricot).  Untuk urusan cita rasa, sudah tidak perlu diragukan. Wah ... seru, ya, GanSist😁

Selain kudapan lezat, tradisi unik lainnya adalah periksa ke dokter. Gunanya untuk mengetahui apakah orang tersebut diperbolehkan berpuasa atau tidak. Khususnya untuk anak-anak dan lansia, mereka wajib memeriksakan kesehatannya. Wah ... benar-benar sangat unik dan sangat memperhatikan warganya, ya, GanSist😁

2. Tradisi Memborong Pernak Pernik Ramadhan di Prancis
Ragam Tradisi Ramadhan di Berbagai Belahan Dunia
aksesoris ramadhan di Prancis via grid.id

Bulan Ramadhan memang identik dengan  outfits baru. Mulai dari pakaian, tas, sepatu, aksesoris, hingga pernak-pernik rumah. Tradisi belanja besar-besaran seperti ini bisa ditemukan di Prancis. Menariknya, barang yang dibelanjakan bukan pakaian atau sepatu, melainkan pernak-pernik bernuansa ramadhan untuk dipajang di dalam rumah atau apartemen. Tradisi ini sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu, kala imigran asal Arab tinggal di Prancis. Tradisi ini bisa GanSist temukan di Couronne, Perancis. Oh, ya. Kalau urusan belanja yang baru-baru orang Indonesia juga berlomba-lomba, ya, GanSistemoticon-Wakaka apalagi menjelang lebaran. Akan tetapi, tahun ini sepertinya tradisi ini juga tidak bisa dilakukan, ya alasannya, Corona😌 sabar, GanSist. Insya Allah ada hikmahnyaemoticon-Jempol

3. Adanya Festival Garangao di Qatar

Ragam Tradisi Ramadhan di Berbagai Belahan Dunia
festival garangao di Qatar viaolive.qa

Tepat pada tanggal 13, 14, dan 15 Ramadhan, anak-anak yang tinggal di Qatar akan berlomba-lomba memakai pakaian khusus untuk mengikuti festival Garangaou.

Festival ini biasanya diadakan setelah buka puasa dan shalat Maghrib. Anak-anak yang mengikuti festival akan berjalan menghampiri rumah-rumah warga sambil bernyanyi untuk mendapatkan kue ataupun permen.

Mirip tradisi lampu colok, sih, GanSist. Bedanya lampu colok diadakan tepat di malam 27 ramadhan.

4. Tradisi Padusan di Indonesia

Ragam Tradisi Ramadhan di Berbagai Belahan Dunia
Padusan di Indonesia via Tribun Travel - Tribunnews.com

Nah, yang ini dari Indonesia. Negara kita yang memang kaya budaya, pasti nggak mau kalah, dong. Ternyata, tradisi ramadhan di Indonesia tidak kalah uniknya jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Misalnya di Pulau Jawa, terdapat tradisi Padusan yang cukup populer. Tradisi ini diisi dengan ritual membasuh diri secara bersama-sama dengan tujuan untuk membersihkan diri dari dosa.

Sebelum mengikuti ritual, masyarakat wajib mengunjungi makam leluhur terlebih dahulu. Tujuannya untuk mengenang arwah yang telah berjasa selama kita hidup.

Nah, itu saja yang bisa ane sajikan pada thread ane kali ini. Sebenarnya masih banyak lagi tradisi unik dari berbagai negara lain. Namun, hanya itu saja yang bisa ane jabarkan. Oh, ya. Dapat dipastikan, tradisi-tradisi unik yang ane jabarkan tadi tak bisa dilakukan di tahun ini. Lagi-lagi karena Corona. Namun, sebagai makhluk ciptaan Tuhan, ada baiknya kita mengambil ibrah dan pelajaran dari apa yang terjadi sekarang. Mari kita sama-sama berdoa, agar pandemi ini cepat berlalu, dan aktivitas bisa berjalan normal kembali. Aamiin.

Oke, baiklah, GanSist. Sekian dulu thread ane kali ini. Mohon maaf jika ada kekurangan dalam hal penyampaian. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh 🙏

Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankanemoticon-Jempol

Sumber: Opini pribadi dan

Di sini
Diubah oleh safitri28
keren
meskipun taun ini banyak tradisi yang gak bisa dilakukan, tapi gapapa gan, segala sesuatu pasti tetep ada hikmah di baliknya
profile-picture
safitri28 memberi reputasi
Quote:


Iya, Gan. Semoga ada hikmahnya di balik ini semua. Aamiin.
Lihat 1 balasan
tahun ini padusan ane cuma mandi keramas doang.. walaupun tahun" sebelumnya ane juga udah lama gak padusan rame-rame ke mata air gitu hehehe emoticon-Hammer2
profile-picture
safitri28 memberi reputasi
Quote:


Yang penting niat puasa nggak berubsh, Gan. Tetep semangat dan dilakukan karena Allahemoticon-Jempol


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di