CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
[COC_Cooking] Proses Pembuatan Dodol Butuh Tenaga Super
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec13bf97e3a7267030a0a09/coccooking-proses-pembuatan-dodol-butuh-tenaga-super

[COC_Cooking] Proses Pembuatan Dodol Butuh Tenaga Super

[COC_Cooking] Proses Pembuatan Dodol Butuh Tenaga Super


Proses Pembuatan Dodol Butuh Tenaga Super

Selamat malam agan dan sista, apa kabar semua. Semoga bahagia dan sehat selalu.
Kali ini saya menulis tentang kenangan Ramadan dan lebaran di kampung.

Seperti biasa jika bulan Ramadhan hal yang saya kenang saat masa kecil yaitu meriam bambu. Kemudian beramai-ramai orang muslim dan muslimah ke mesjid. Berpakaian mukena dan sarung serta sajadah. Hal yang paling seru yaitu menjelang lebaran. Seperti biasa umat muslim di kampung menyewa truk dan membawa gendang keliling kampung. Mereka beramai-ramai seperti pawai, mulai tengah malam sampai dini hari. Wah kami merasa takjub, keluar dari rumah menunggu mereka datang, berarak- arak sampai ke pinggir kota Siantar.

Hal yang paling saya suka saat lebaran kecipratan gulai lebaran, lemang serta kue kering. Makanan enak semua serta lezat. Keluarga Oppung sebagian besar muslim jadi setiap lebaran kami pasti bertandang atau silaturahmi ke rumah mereka. Jarak tempuh rumah mereka kira- kira +-500 meter. Kami cucu Oppung menyusun rencana mulai sore pada hari ketiga siap-siap ke rumah saudara muslim untuk bersilaturahmi.

Menyiapkan baju berkantong agar kue-kue kering yang terhidang bisa masuk kantong.

Quote:

Kue-kue kering yang sering dihidangkan antara lain. Kue kacang tojen. Kue wajik, kue bawang, kue salju, kue nastar ,kue kipas, kue kuping gajah, lemang, dodol. Masih ingat proses pembuatan dodol itu sangat lama. Nah apa saja yang dipersiapkan. Kayu bakar, kuali yang besar, sendok sekop yang besar juga, biar mengadok tidak kepanasan. Santan dan gula merah. Membuat dodol ramai-ramai karena butuh tenaga super untuk mengaduk adonan sampai mengeras.

Itulah kenangan saya ketika di kampung saat hari lebaran bersama keluarga kami yang beragama muslim.



Sekian dulu agan dan sista, sampai jumpa lagi di tread ane selanjutnya.
Terima kasih

Sumber gambar
1. link

2. Video pembuatannyalink


Spoiler for cendol:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
annaharry dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh erina79purba
dodol enak dan gurih, maknyus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 4 lainnya memberi reputasi
saya suka dodol apalagi tuh dodol durian enak banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
lebaran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
pantesan mahal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
dodol lama proses pembuatannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
lezat
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan erina79purba memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Dulu pernah bantuin eyang buat dodol, endingnya awakku cangkeul pisan
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan erina79purba memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Quote:


Coc cooking ini yg serentak itu mba? Hehe sy ngg pake coc di threadnya

Quote:


Saya pun sama mba, saudara juga jualan dodol
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
Lihat 4 balasan
ane pernah langsung lihat pembuatan dodol di Siantar
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
ngaduknya bnr2 butuh perjuangan eksssstra.....
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
Quote:

Iya sis, lama kan, dan sangat menguras tenaga

Quote:


Benar , harus tenaga super Heroemoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
profile-picture
gustiarny memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Iya, namanya juga jenang lama sekali, ngaduknya
Pernah aku bikin dodol sirsat , pegel tapi enak setelah jadi he he
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Dodol mantap buat teman minum teh
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
Diubah oleh suciasdhan
Lihat 1 balasan
dodol plus teh pait panas bikin lupa sama utang
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
Lihat 2 balasan
iya bikin dodol ataupun jenang wajik itu membutuhkan tenaga yang super kuat, dan waktu yang cukup lama.. kalau ane yang suruh ngaduk paling baru 5 menit sudah menyerah itu sist.hehe..
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
Lihat 3 balasan
wah ternyata gitu ya cara buat dodol! kalo dalam jumlah besar capek juga keliatannya ya, tp enak sih dodol!
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di