CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Utang Luar Negeri Indonesia Tembus Rp5.796 Triliun
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec12fdec342bb4ce91e6a82/utang-luar-negeri-indonesia-tembus-rp5796-triliun

Utang Luar Negeri Indonesia Tembus Rp5.796 Triliun

Jakarta, CNN Indonesia -- Bank Indonesia (BI) mencatat posisi utang luar negeri (ULN) Indonesia mencapai US$389,3 miliar atau Rp5.796 triliun (kurs Rp14.900 ribu per dolar AS) pada kuartal I 2020. Utang tercatat tumbuh 0,5 persen secara tahunan, atau melambat dibandingkan kuartal sebelumnya yang naik 7,8 persen.

BI merinci utang luar negeri ini berasal dari sektor publik (pemerintah dan bank sentral) sebesar US$183,8 miliar. Sementara itu, sisanya sebesar US$205,5 miliar berasal dari utang sektor swasta (termasuk BUMN).

Bank sentral menyatakan perlambatan pertumbuhan utang luar negeri disebabkan oleh penurunan utang luat negeri pemerintah. Tercatat, utang luar negeri pemerintah kuartal I 2020 sebesar US$181 miliar atau minus 3,6 persen.

Realisasi itu berbanding terbalik dengan kuartal sebelumnya, di mana utang luar negeri pemerintah meningkat 9,1 persen. Penurunan utang luar negeri dalam tiga bulan terakhir terjadi karena arus modal keluar dari pasar surat berharga negara (SBN) dan pembayaran SBN yang telah jatuh tempo.

"Pengelolaan utang luar negeri pemerintah dilakukan secara hati-hati dan akuntabel untuk mendukung belanja prioritas pada sektor produktif yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat," ungkap pihak BI dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (15/5).

Sementara, BI mengungkapkan utang luar negeri swasta kembali melambat pada kuartal I 2020 yang hanya 4,5 persen. Pertumbuhan itu lebih rendah dari kuartal sebelumnya yang mencapai 6,6 persen.

Perkembangan ini dipengaruhi oleh kontraksi pertumbuhan utang luar negeri lembaga keuangan dan melambatnya pertumbuhan utang luar negeri perusahaan bukan lembaga keuangan. Rinciannya, utang luar negeri lembaga keuangan minus 2,3 persen dan utang luar negeri perusahaan bukan lembaga keuangan hanya tumbuh 7,6 persen.

Beberapa sektor dengan pangsa utang luar negeri terbesar adalah sektor jasa keuangan dan asuransi, pengadaan listrik, gas, uap/air panas & udara dingin (LGA), pertambangan & penggalian, dan industri pengolahan.

Pangsa utang sektor tersebut mencapai 77,4 persen dari total utang luar negeri swasta. BI mengklaim utang luar negeri Indonesia secara keseluruhan bisa dibilang masih sehat.

Pasalnya, utang dikelola dengan prinsip kehati-hatian. Selain itu, kesehatan utang juga tercermin dari rasio utang luar negeri Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada Februari 2020 yang sebesar 34,5 persen atau turun dari sebelumnya yang sebesar 36,2 persen.

"Di samping itu struktur utang luar negeri Indonesia tetap didominasi utang jangka panjang dengan pangsa pasar 88,4 persen dari total utang luar negeri," jelas BI.

https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/2...rp5796-triliun

Jangan dengerin kadrun pak Jokowi, bapak mau berutang 1 juta triliun juga gpp kami dukung demi Indonesia dan demi bapak.

amerika serikat itu negara yang sangat miskin, tapi mereka berutang juga kok..

kalau dibandingkan dgn amerika, tentu Indonesia jauh lebih maju..

indonesia bisa produksi pesawat sendiri, punya restoran cepat saji terbesar di dunia, punya perusahaan teknologi raksasa dunia, punya banyak paten didalam dunia teknologi.

Sedangkan amerika serikat cuma negara miskin yang tidak bisa memproduksi apa apa.

#JokowiBapakku
profile-picture
profile-picture
profile-picture
setiawan16 dan 12 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
kadrun sinophobia memang tolol, mereka ga ngerti kalau utang saat pandemi itu bagus. Buktinya banyak negara yang ngantri hutang. Untung sekali Indonesia bisa dikasih hutang. Artinya kita masih dipercaya dunia. Kita masih dipercaya bisa bayar pokok hutang+bunganya di masa mendatang.

Selain itu juga, karena menambah cadangan devisa negara. Negara kita jadi kuat mata uangnya. Rupiah menguat. Rupiah stabil. Spekulan kejang kejang.

Kadrun mana ngerti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fortifyloe dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Ayo utang lagi supaya kadrun kejang kejang emoticon-Ngakak

Utang aja, 50.000 triliun mana tau di approve sama world bank
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cupugitu2074 dan 2 lainnya memberi reputasi
imbas corona lebih banyak utang amerika lagi ...
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan juraganind0 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
nunggu buzzer buzzer Rp asu taek laknat setan komeng mamarika lebih gede lg utang nya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pinkypatrick dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Ini sarkas pa gimana?emoticon-Wkwkwk
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Hahahahaha Amerika gak bisa produksi apapa dan sangat miskin emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan nasgorbabi memberi reputasi
ya wajar, emang membangun itu bayar pake daun, lagian udah tau miskin tetep aja gaya gayaan pake traktir traktir bpjs... emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan pheeroni memberi reputasi
Hore bangsa Babu makin menjongos emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
PantoaFx dan darmawati040 memberi reputasi
Ini adalah Warisan yg sangat banyak untuk anak cucu kita nanti..emoticon-Traveller
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
TS sudah ngejebak dengab tulisanya, adakah yang terpancing ??
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
yg skrg ini juara klo soal utang
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
itu si ahyan sama temennya napa terguncang berat sama amerikaemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wbb0 dan 2 lainnya memberi reputasi
Pajak ogah
Utang ogah
Maunya negara dapat duit darimana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
anti utang








tapi boong

-jae paleka-
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
naik tapi melambat pertumbuhannya
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Utang Luar Negeri Indonesia Tembus Rp5.796 Triliun

Santai bre...masih setengahnya...duit kita masih banyak, kita ada datanya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
clyope dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh moretz
hahaha nasib di season 2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yakuzha dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:

Judul beritanya
Quote:


ini yang namanya menggiring opini
isi berita persentasi utang turun
judulnya bisa dipersepsikan kalau utang semakin bertambah
kepala redaksinya siapa neh emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fortifyloe dan 2 lainnya memberi reputasi
bocor! bocor! bocor! emoticon-Embarrassment



wowok kmn neh?? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pinkypatrick dan 2 lainnya memberi reputasi
terus kalo gak bisa bayar bunganya yg jadi jaminan apa bree?? emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pinkypatrick dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di