CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Khofifah Sebut Aturan PSBB Tak Melarang Salat Id di Masjid
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec120ec82d4953b3378ddbe/khofifah-sebut-aturan-psbb-tak-melarang-salat-id-di-masjid

Khofifah Sebut Aturan PSBB Tak Melarang Salat Id di Masjid

Khofifah Sebut Aturan PSBB Tak Melarang Salat Id di Masjid
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjelaskan pihaknya mengizinkan salat di masjid saat pandemi virus corona. Ilustrasi (CNN Indonesia/Yogi Anugrah)

Surabaya, CNN Indonesia -- Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menjelaskan alasan pihaknya mengizinkan Masjid Nasional Al Akbar menggelar salat berjemaah, termasuk salat Idulfitri 1441 Hijriah. Masjid Al Akbar merupakan salah satu masjid terbesar di Kota Surabaya.

Khofifah mengaku berpegang pada aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang dibuatnya.  Dalam aturan itu tak ada pelarangan ibadah di masjid saat pandemi virus corona, melainkan hanya pembatasan.

"Pada posisi seperti ini kembali ke pada peraturan gubernur sesungguhnya pada saat PSBB, ada proses pembatasan, saya ingin menyampaikan pembatasan, bukan pelarangan, bukan penghentian," kata Khofifah, melalui konferensi pers live streaming, Sabtu (16/5) malam.

Dalam Pergub Jatim Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pedoman PSBB dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19 ) di Provinsi Jatim, tertulis kegiatan keagamaan di rumah ibadah hanya dibatasi, bukan dihentikan atau dilarang.

Lihat juga: Pemprov Jatim Izinkan Masjid Gelar Salat Id Berjemaah

"Pengecualian pembatasan kegiatan keagamaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan, dan fatwa atau pandangan lembaga keagamaan resmi yang diakui oleh pemerintah," bunyi Pasal 12 Pergub 21/2020.

Berdasarkan itu, kata Khofifah, pihak rumah ibadah bisa menggelar kegiatan seperti salat berjemaah atau salat Id, dengan berpedoman pada aturan atau fatwa lembaga keagamaan resmi.

"Jadi di dalam pergub, kita juga ada exit clausul, adalah mengikuti Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes), di Permenkes diberikan exit clausul, dalam klausul tertentu silakan mempertimbangkan pendapat atau para tokoh agama," katanya.

Khofifah mengaku telah mengantongi pendapat dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jatim, Muhammadiyah dan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim, untuk menggelar salat Id secara berjemaah di masjid.

"Soal salat Idul Fitri sebetulnya ada surat dari MUI, surat dari Muhammadiyah, ada juga dari PWNU," kata dia.

Lihat juga: Kemenag Gelar Sidang Isbat 22 Mei Tentukan Idul Fitri 2020

Selain usulan lembaga keagamaan itu, Khofifah mengatakan pihaknya juga telah melakukan pemetaan wilayah yang berisiko terjadi penularan virus corona.

"Nah dari proses pembatasan ini, mari kita melihat titik-titik yang berisiko tinggi, dan titik yang mana yang masih hijau. Peta ini yang tahu juga adalah daerah, kita punya peta, kalau diminta men-display perhari ini kita bisa," ujarnya.

Masjid Al Akbar Surabaya sendiri memiliki daya tampung 59 ribu orang. Luas bangunan dan fasilitas penunjang mencapai 22.300 meter persegi. Masjid ini berlokasi di Kelurahan Pagesangan, Kecamatan Jambangan, Surabaya.

Dalam peta sebaran yang dirilis Pemerintah Kota Surabaya, di Kelurahan Pagesangan saat ini tercatat 8 kasus positif virus corona. Sementara di seluruh kelurahan di Kecamatan Jambangan saat ini tercatat sebanyak 28 kasus positif virus corona.

Kecamatan Jambangan sendiri masuk dalam wilayah Surabaya Selatan. Di wilayah tersebut saat ini terdapat 228 pasien terkonfirmasi Covid-19. Surabaya Selatan juga tercatat sebagai wilayah kedua di Surabaya, yang memiliki kasus corona terbanyak, di bawah Surabaya Timur dengan total 350 pasien Covid-19.

Kota Surabaya menjadi daerah yang memiliki kasus positif virus corona tertinggi di Jatim, dengan 1.035 kasus per Sabtu (16/5). Total keseluruhan pasien positif corona di Jatim yang sudah menyentuh angka 2,088.

Sebelumnya, Pemprov Jatim mengeluarkan surat yang memperbolehkan pelaksanaan peribadahan salat berjemaah di bulan Ramadan dan Salat Idulfitri 1441 Hijriah di masjid. Salah satunya untuk masjid terbesar di Surabaya, yakni Masjid Al Akbar.

Sekretaris Daerah Provinsi Jatim, Heru Tjahjono mengatakan kebijakan memperbolehkan masjid untuk menggelar ibadah salat berjemaah itu, adalah masukan dari sejumlah tokoh agama kepada Khofifah. Heru menyebut ada beberapa protokol yang harus diterapkan pengelola masjid.

Namun, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Kamarudin Amin meminta Pemprov Jatim mempertimbangkan ulang izin salat berjemaah saat Ramadan dan Idulfitri di masjid saat pandemi virus corona.

Amin mengatakan sejak awal imbauan pemerintah sudah jelas terkait pelaksanaan ibadah di rumah selama pandemi virus corona. Selama kasus positif virus corona belum melandai, imbauan untuk tidak salat berjemaah di masjid harus ditaati. (frd/fra)

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...t-id-di-masjid
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Venttus dan 12 lainnya memberi reputasi
Quote:



Saling lempar membentuk lingkaran setan. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan bangsutankeren memberi reputasi
Lihat 1 balasan
gubernur cerdas... emoticon-thumbsup

kalo dilarang pasti pada bandel, bilangnya kadrun... emoticon-Nohope
yang penting udah dihimbau, kalo kena peduli amat... emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Yue Ding
jatim covid tertinggi ngalahin DKI
jadi gubernur nya mulai ngeles dgn cara yg tidak masuk akal kek gitu
pemenang penanganan covid propinsi adalah ridwan kamil dan ganjar saat ini
khofifah, risma, anies, kelaut ajeeee, ketiga nya udah jelas gagal
profile-picture
bangsutankeren memberi reputasi
urusan internal kelen emoticon-Ngakak

liat aja pas hari H pasti bertabur berita sholat id outdoor di tiap propinsi
profile-picture
bangsutankeren memberi reputasi
Simalakamaemoticon-Big Grin
profile-picture
bangsutankeren memberi reputasi
Herd imunity

Indonesia terserah

Mau ngalahin rekor korban mati mamaricaemoticon-Cool










Gobloggemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan bangsutankeren memberi reputasi
Bagus gaes, bisa jadi cluster baru...emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
gembaladomba666 dan gigbuupz memberi reputasi
Terserah.... Cari selamat sendiri sendiri.
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
modaro gess
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
Satu lagi peryataan bodoh nanti virusnya berpesta pora apa gak bikin repot pemerintah pusat
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
Lihat 1 balasan
teknisnya gimana tuh sholat jamaah tapi psbb
kenapa gak sholat live streaming saja
Persiapan munculnya klaster corona yg baru emoticon-Big Grin

Moga nakes di jatim bisa sabar
Yg rasional pasti tdk akan ikut solat berjamaah..uda banyak acara keagamaan sumber penyebarannya
Klo yg pengen masuk sorga jgn kan dihimbau dilarang aja Enga bisa
Diubah oleh fghjjhgf
Kapasitas 59 ribu orang emoticon-Kagets

Semoga masih banyak yang cukup rasional dan gak memaksakan diri datang ke sana emoticon-linux2
Gubernur autopilot lg cari panggung.

Btw biarlah seleksi alam yg bekerja.
Pantes jatim angka positifnya naik drastis. Yg masih ngeyel dapet pembelaan dari gubernurnya laangsung emoticon-Matabelo
ngotot hattrick ikut pilgub, cuma segini kapasitasnya. emil PhD nya asli?
Mudah2an selamat sampai tujuan...emoticon-Shakehand2
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di