CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Kunci Keberhasilan PSBB, Harmonisasi Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec0d298a2d1950b8257bbaf/kunci-keberhasilan-psbb-harmonisasi-kebijakan-pemerintah-pusat-dan-daerah

Kunci Keberhasilan PSBB, Harmonisasi Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah

Kunci Keberhasilan PSBB, Harmonisasi Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah

Jakarta - Kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam menangani Covid-19 dinilai belum harmonis. Padahal, keselarasan dalam menerbitkan kebijakan antara pemerintah pusat dan daerah merupakan kunci keberhasilan dari penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Hal tersebut diungkapkan Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Hermawan Saputra. Apabila pemerintah pusat dan seluruh pemerintah daerah kompak dalam menyikapi pengetatan PSBB, ia menilai, dua minggu ke depan akan menampakkan hasil yang positif. Namun, bila pemerintah hanya mementingkan faktor ekonomi sesaat, maka dirinya pesimis PSBB akan berhasil. (Baca juga:Ilmuwan Ungkap AS Tak Memiliki Rencana Soal Vaksinasi Covid-19)

"Andai saja kita kompak dalam waktu 2 minggu ini, paling tidak momen kritis pandemi di Indonesia dapat terlewati dengan baik. Kami sangat menyayangkan kalau terjadi pelonggaran disaat sekarang, di mana laju Covid-19 makin signifikan dan bahkan belum menemukan tanda-tanda untuk mereda di Indonesia," kata Hermawan kepada wartawan, Minggu (17/5/2020).

Baca Juga:

Dia menilai, kebijakan PSBB selama ini kurang mengatur secara terperinci ihwal sanksi-sanksi bagi para pelanggarnya. Untuk itu dia mengapresiasi penerbitan Pergub Nomor 47 tahun 2020 Tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian Keluar dan/atau Masuk Jakarta. Dirinya berharap setelah lebaran nanti penerapan Pergub Nomor 47 tahun 2020 harus secara tegas diterapkan, karena demi menurunkan kurva kasus baru Covid-19 di Ibu Kota.

"Kita apresiasi dari peran aktif DKI Jakarta. Tapi tidak cukup DKI yang betul-betul melakukan upaya untuk lakukan peningkatan PSBB. Juga harus didukung oleh pemerintah pusat dan daerah lainnya. Jangan sampai ada kebijakan yang kurang harmonis," pungkasnya. (Baca juga:Jokowi: Buku Apa Saja yang Anda Baca Selama Pandemi?)

Diketahui sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbjtkan Pergub Nomor 47 Tahun 2020 bertujuan untuk mencegah dan menangkal penyebaran Covid-19, baik di dalam maupun di luar DKI yang dapat berpotensi menimbulkan kasus baru. Kemudian, membatasi kegiatan pergerakan orang keluar dan/atau masuk Ibu Kota. Memberikan perlindungan dan kepastian hukum bagi masyarakat dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.


Sumber : https://metro.sindonews.com/read/329...rah-1589688347

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Kunci Keberhasilan PSBB, Harmonisasi Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah Pandemi Corona, DPRD DKI: THR PJLP Harus Dibayarkan

- Kunci Keberhasilan PSBB, Harmonisasi Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah Lawan Covid-19, FRJ Semprotkan Disinfektan Setiap Hari di Jakarta

- Kunci Keberhasilan PSBB, Harmonisasi Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah Operasi Ketupat, 19.556 Kendaraan Diputar Balikkan Polisi



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di