CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Kuy! Bernostalgia Dengan Permainan Masa Kecil Tempo Doeloe Saat Menjalani Ramadhan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec0b8332637721867090d25/kuy-bernostalgia-dengan-permainan-masa-kecil-tempo-doeloe-saat-menjalani-ramadhan

Kuy! Bernostalgia Dengan Permainan Masa Kecil Tempo Doeloe Saat Menjalani Ramadhan

Assalamualaikum .... !

Hai, Gan, Sist, bagaimana khabarnya di minggu ketiga bulan ramadhan ini? Moga tetap semangat sampai hari akhir puasa nanti, ya? O, ya, GanSist ... ngomong-ngomong bulan puasa, GanSist suka kangen gak sih, dengan masa kecil yang pernah kita lalui bersama? "Eh ... gak, ding." Maksudnya, suka kepikiran gak atau terlintas dalam benak kita, bahkan mungkin sering pikiran kita sendiri ini bernostalgia ke waktu dua puluh tahun yang lalu gitu. Mengenang masa-masa kecil kita tempo doeloe tu, begitu mengasyikkan dan mengesankan, dan terlalu sulit untuk dilupakan. Ciee ....

Nah, untuk GanSist yang mungkin sudah ada sebagian yang lupa-lupa ingat dengan masa kecinya. Di sini ane mau mengajak mengenang atau bernostalgia dengan permainan-permainan jadul legendaris di tahun 90-an.

Anak-anak zaman ane kecil dulu, tu, menggunakan waktu menunngu waktu berbuka dengan bermacam permainan yang mengasyikkan dan menyenangkan. Saking asyiknya, sampai tidak terasa ternyata sudah memasuki waktu maghrib dan waktunya berbuka puasa.

Mau tahu permainan apa saja yang sering dilakukan ole anak-anak tahun 90-an atau pas ane kecil dulu? Kuy! Kita simak atu-atu ....

1. Permainan BP

Kuy! Bernostalgia Dengan Permainan Masa Kecil Tempo Doeloe Saat Menjalani Ramadhan
Sumber: Google

Kuy! Bernostalgia Dengan Permainan Masa Kecil Tempo Doeloe Saat Menjalani Ramadhan
Sumber: Google

BP, atau sering disebut bongkar pasang, yaitu jenis permainan dari kertas karton yang dibentuk gambar orang-orangan lengkap dengan gambar baju-bajunya. Masih lekat banget diingatan, nama-nama variasi bajunya yang bermacam-macam. Ada baju untuk tidur, baju untuk ke pasar, baju untuk pesta, baju santai, dll. Biasanya ada tulisan kecil keterangan di samping gambar baju-baju tersebut.

Untuk bisa lebih berasa bermain perannya, biasanya kita akan membuat rumah-rumahan, meja, kursi, dan tempat tidurnya yang dibikin sendiri dari potongan-potongan sampul buku yang sudah tidak terpakai.

Dan itu semua sangat membuat imajinasi yang bermain semakin tinggi. Seolah kita yang memainkan perannya sendiri dari bangun tidur sampai tidur lagi. Padahal itu semua hanya khayalan belaka.

Saking khusu dan asyiknya bermain peran kadang sampai tidak 'ngeuh, kalau dari tadi dipanggil-panggil sama emak untuk segera bersiap untuk berbuka puasa.

2. Bermain Bola Bekelas

Kuy! Bernostalgia Dengan Permainan Masa Kecil Tempo Doeloe Saat Menjalani Ramadhan
Sumber : Google

Permainan ini pun tak kalah serunya. Karena saat kita kalah dalam permainan, saat itu juga rasa penasaran untuk menang dan untuk terus bisa bermain terus tanpa jeda semakin menggebu dan meronta. "Hihi ... pengalaman pribadi, ini mah."

Benda yang digunakan untuk bermain terdiri dari bentuk kuningan berukuran kecil, biasanya berjumlah enam dan satu bola bekel ukuran sedang atau jumbo, dengan berbagai warna dan hiasan karakter yang menarik bagi anak seusia kita kala itu.

3. Bermain Congklak

Kuy! Bernostalgia Dengan Permainan Masa Kecil Tempo Doeloe Saat Menjalani Ramadhan
Sumber: Google

Permainan yang satu ini termasuk kepada bagian permainan favorite ane zaman old dulu, lho, GanSist. Karena bermain congklak ini selain permainannya yang seru dan mengasyikkan juga buat latihan otak kita, bagaimana caranya supaya biji congklak yang kita mainkan selalu berhenti di tempat yang aman, dan tidak mati di tengah jalan karena biji congklak yang terakhir masuk ke lobang congklak yang kosong.

GanSist yang dulu pernah dan sering bermain congklak ini pasti tahu banget tho, cara bermainnya. Bikin penasaran dan dan enggan untuk berhenti bermain juga, kan? Karena saat kita menang dalam permainan ini pasti ada rasa kepuasan tersendiri. Iya, tho? Hihii ....

Itulah tiga macam permainan legendaris zaman old dulu sewaktu ane masih suka elap ingus dan sering bisulan. Ketiga permainan ini sangat cocok dilakukan saat-saat menunggu waktu berbuka puasa, karena tidak terlalu menguras tenaga juga sedikit santai, dan bisa bermain di dalam ruangan atau di dalam rumah. Sangat cucok meong dimainkan pas sedang masa PSBB seperti saat musim pandemi covid 19 saat ini.

Semoga bisa menginsfirasi buat anak-anak zaman now. Agar tidak terlalu fokus dengan permainan mobile legend dan game online lainnya.

Salam kenal dari ane untuk semua pembaca kaskuser.

Spoiler for Screenshot ngasih cendol:


Sumber tulisan : Opini Pribadi
Gambar : Google


profile-picture
profile-picture
profile-picture
aisyahnh06 dan 36 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh euisdina
Halaman 1 dari 3
Pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lenitan dan 5 lainnya memberi reputasi
Monggo mampir AganSistah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lenitan dan 6 lainnya memberi reputasi
dulu suka banget main bongkar pasang, apalagi klo ada perabotan lengkapnya, nambah suka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lenitan dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Cikguh @fitrijunita ini harus dihapus dan dipindah ke the longue kah?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lenitan dan 5 lainnya memberi reputasi
keren mbak euis maafkan diriku yo πŸ™πŸ™πŸ™
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lenitan dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Sampai sekarang bola bekel dan congklak masih maen brng anakku Alhamdulillah...semangat systa...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lenitan dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Udah kayake, Mak emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lenitan dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Nggak papa, biarin aja,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lenitan dan 2 lainnya memberi reputasi
wahh mainan ane jaman masih bocil nihh, main bola bekel apalagi, pulang sekolah mainnya beginian coba emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lenitan dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
yampun BP emoticon-Wakaka maenan paporit ane sm temen2 waktu SD. Kasur2annya dibuat dari bekas kotak rokok.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
widi2685 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Karena ane laki maka mainnya...

Kuy! Bernostalgia Dengan Permainan Masa Kecil Tempo Doeloe Saat Menjalani RamadhanKuy! Bernostalgia Dengan Permainan Masa Kecil Tempo Doeloe Saat Menjalani RamadhanKuy! Bernostalgia Dengan Permainan Masa Kecil Tempo Doeloe Saat Menjalani RamadhanKuy! Bernostalgia Dengan Permainan Masa Kecil Tempo Doeloe Saat Menjalani Ramadhan

profile-picture
profile-picture
profile-picture
widi2685 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh saya.kira
Lihat 4 balasan
Wah jadi keinget dulu main congklak sama temen-temen emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
firdainayah dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh alketam
Lihat 2 balasan
Mainan cewek semua
profile-picture
profile-picture
firdainayah dan euisdina memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Benteng
Tap jongkok
Petak umpet
Batu tuju
Tap patung
Abc 5 dasar
Galaksin
Dll
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
widi2685 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
bepeemoticon-Ngakak kesukaanku
profile-picture
profile-picture
euisdina dan firdainayah memberi reputasi
Lihat 2 balasan
bongkar pasang sama bola bekel, dulu hampir setiap hari main gitu.
profile-picture
profile-picture
widi2685 dan euisdina memberi reputasi
Lihat 2 balasan
keren mak
profile-picture
euisdina memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Aku pas dulu main Bp, dirimu udh mainan apaan yaaa bu?? πŸ€”πŸ€”πŸ€”
profile-picture
euisdina memberi reputasi
Lihat 3 balasan
gilaaa tu dulu punya berapa bongkar pasang yaa, beli muluu kalo abang2 lewat. wkwk
profile-picture
euisdina memberi reputasi
Lihat 1 balasan
jaman sudah berbeda. anak2 jaman sekarang udah ga ada yg tahu permainan ini. apakah semua ini karena corona? emoticon-Bingung
profile-picture
euisdina memberi reputasi
Diubah oleh dark3194
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
Beritagar β€’ Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di