CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
JOKOWI : Kita Lawan Keberadaan Virus Corona Dengan Mewajibkan Protokol Kesehatan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec0a19c28c99129a92a79a3/jokowi--kita-lawan-keberadaan-virus-corona-dengan-mewajibkan-protokol-kesehatan

JOKOWI : Kita Lawan Keberadaan Virus Corona Dengan Mewajibkan Protokol Kesehatan

JOKOWI : Kita Lawan Keberadaan Virus Corona Dengan Mewajibkan Protokol Kesehatan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan belum akan melonggarkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Jokowi juga mengatakan pemerintah terus memantau data dan fakta di lapangan untuk menentukan periode terbaik bagi masyarakat kembali produktif dan tetap aman dari COVID-19.

"Kita harus sangat hati-hati. Jangan sampai kita keliru memutuskan, tapi kita juga harus melihat kondisi masyarakat sekarang ini. Kondisi yang terkena PHK dan kondisi masyarakat yang menjadi tidak berpenghasilan lagi. Ini harus dilihat," ujar Presiden Joko Widodo dalam pernyataannya di Istana Merdeka, Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (15/5/2020).

Jokowi mengatakan, nantinya, masyarakat di Indonesia bisa beraktivitas normal kembali, namun harus menyesuaikan dan hidup berdampingan dengan COVID-19. Sementara itu WHO juga telah menyatakan terdapat potensi virus ini tidak segera menghilang dan tetap ada di tengah masyarakat.

"Informasi terakhir dari WHO yang saya terima bahwa meskipun kurvanya sudah agak melandai atau nanti menjadi kurang, tapi virus ini tidak akan hilang. Artinya kita harus berdampingan hidup dengan Covid. Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, berdamai dengan Covid. Sekali lagi, yang penting masyarakat produktif, aman, dan nyaman," kata Presiden.

Hidup berdampingan dengan COVID-19 bukan berarti menyerah dan menjadi pesimis. Justru dari situlah menjadi titik tolak menuju tatanan kehidupan baru masyarakat untuk dapat beraktivitas kembali sambil tetap melawan ancaman Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Berdampingan itu justru kita tidak menyerah, tapi menyesuaikan diri. Kita lawan keberadaan virus Covid tersebut dengan mengedepankan dan mewajibkan protokol kesehatan yang ketat yang harus kita laksanakan. Pemerintah akan mengatur agar kehidupan kita berangsur-angsur dapat kembali berjalan normal sambil melihat dan memperhatikan fakta-fakta yang terjadi di lapangan," tegas Jokowi.

"Keselamatan masyarakat tetap harus menjadi prioritas. Kebutuhan kita sudah pasti berubah untuk mengatasi risiko wabah ini. Itu keniscayaan, itulah yang oleh banyak orang disebut sebagai new normal atau tatanan kehidupan baru," sambung mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi yakin apabila masyarakat patuh terhadap imbauan pemerintah dan menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak aman, mengenakan masker, dan sering mencuci tangan dengan sabun di saat tahapan masyarakat dapat kembali produktif, maka akan dapat mencegah diri dari virus tersebut.

"Ini penyakit berbahaya, tapi kita bisa mencegah dan menghindarinya asal jaga jarak yang aman, cuci tangan setelah beraktivitas, pakai masker. Ini penting. Jadi dalam tatanan kehidupan baru nanti memang itu yang harus kita pegang," tuturnya.

Adapun nantinya jika tahapan masyarakat produktif, aman dari Covid dapat diterapkan, berbagai sektor usaha sebagaimana dicontohkan oleh Presiden seperti rumah makan misalnya, dapat beroperasi kembali.

"Iya tentu saja nanti kalau sudah diputuskan, sektor-sektor usaha yang tutup dapat berangsur-angsur dibuka kembali. Tentu dengan cara-cara yang aman dari Covid agar tidak menimbulkan resiko meledaknya wabah. Saya ambil contoh misalnya rumah makan isinya hanya 50 persen, jarak antar kursi dan meja diperlonggar," ucap Presiden.

Adapun tentang kapan pelaksanaan tahapan masyarakat produktif aman dari Covid ini akan dimulai, Presiden mengatakan akan terus melakukan evaluasi dan melihat data dan fakta seperti kurva positif Covid-19, kurva yang sembuh, dan kurva yang wafat, sebelum akhirnya membuat keputusan.



user photo
KATEGORI
STORY
HOBBY
GAMES
ENTERTAINMENT
FEMALE
TECH
AUTOMOTIVE
SPORTS
FOOD & TRAVEL
NEWS
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini

/
FORUM
/
All
/
News
/
Berita dan Politik
/
0
1.9K
118
0
TS LordFaries3.0
Aktivis Kaskus
Hari ini 13:14
Pasar Ramai di Tengah Pandemi, Jokowi: Tak Masalah Selama Ikuti Protokol Kesehatan
Hot Thread
Tampilkan isi Thread
FORUM
BERITA DAN POLITIK
THE LOUNGE
B-LOG COLLECTIONS
STORIES FROM THE HEART
BERITA LUAR NEGERI
GAMES
KEKOREAAN
ANIME
SEJARAH & XENOLOGY
HEART TO HEART
Tulis Balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...


Komentar Terlama
Halaman 5 dari 5
«

4
5
biglingz
Kaskus Addict
#81
Hari ini 17:54
Kalau gitu ngapain lo bikin aturan psbb segala macem??????
Pen ngumpat, tapi pak presiden lebih tua dari ane..
yoshitake dan swordfish07 memberi reputasi
2
esemkajaya
Aktivis Kaskus
#82
Hari ini 17:55
Jokowi terlalu sibuk ngembangin mobil esemka... corona amburadul
0
swordfish07
Kaskus Addict
#83
Hari ini 17:55
Banyak pengunjung pasar yg gak pake masker emoticon-Mad (S)
emoticon-Cape d... emoticon-Hammer2
0
Skyland999
Kaskus Geek
#84
Hari ini 17:56
indonesia terserah

hopeless
0
PneumonoCyclone
Kaskus Geek
#85
Hari ini 17:57
Udah nyerah coy ga kuat nyubsidi
0

klebenganlor
Kaskuser
#86
Hari ini 17:57
pandemi nya nyata, penanganan nya virtual.. emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0
profile picture
Phoda
Kaskus Addict
#87
Hari ini 17:59
Terserah 😷
0
profile picture
dz.chaplin69
Kaskuser
#88
Hari ini 17:59
ahh elahh gimana mau jaga jarak nama nya pasar pasti bejubel lah org,.lengkap sudah,skrng desek desekan pada blanja di pasar,trus shalat id,pas lebaran sowan ke sodara2 bawa virus gitu aja terus ampe ga ada ujung nya,.

buat tenaga medis,
wkt nya pulang,keluarga kalian menanti dirumah.
0
profile picture
Maxxx100
Aktivis Kaskus
#89
Hari ini 18:01
Kepala Negara menegaskan, hidup berdampingan dengan Covid-19 bukan berarti menyerah dan menjadi pesimis.

Justru dari situlah menjadi titik tolak menuju tatanan kehidupan baru masyarakat untuk dapat beraktivitas kembali sambil tetap melawan ancaman Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.


Pak...pak ...yang namanya virus itu gak keliatan. Tenaga medis aja yg pakai APD standar medis, Sudah banyak yg tumbang.. apalagi kita warga yg hanya mengandalkan masker kain, rentan pak jelas tidak aman...

Terserahbapak aja.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di