CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Seberapa Kejamkah Tentara Jepang (IJA) Selama Perang Dunia II ???
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec096b07e3a72096e4ea680/seberapa-kejamkah-tentara-jepang-ija-selama-perang-dunia-ii

Seberapa Kejamkah Tentara Jepang (IJA) Selama Perang Dunia II ???

Seberapa Kejamkah Tentara Jepang (IJA) Selama Perang Dunia II ???


Ilustrasi kekejaman tentara Jepang. Gambar Kanan dan Kiri terkoneksi

Salah satu topik yang menarik saat mengikuti kuliah di kampus adalah pelajaran tentang Imperial Japanese Army atau disingkat dengan IJA.


Ketika tentara Jepang (IJA) telah menguasai suatu negara, beberapa grup (pleton) dari tentara Jepang tersebut, yang biasanya berumur 30 sampai dengan 50 tahun, akan memberikan teror kejam ke daerah (kota dan desa) yang mereka kuasai. Seluruh keluarga dari desa/kota tersebut bisa dibunuh dan diperkosa beramai-ramai. Menurut pelajaran yang gue baca, diperkirakan bahwa sekitar 10 juta manusia di seluruh Asia telah dibunuh oleh tentara Jepang (secara indivudal). Crazy ... emoticon-Lempar Bata

Sempat baca, di negara tetangga, Filipina, tentara Jepang (IJA) pernah masuk ke dalam suatu hotel kemudian membunuh bayi-bayi yang telah dilahirkan oleh para ibu yang berada di hotel tersebut. Setidaknya 20 orang tentara memperkosa 1 orang wanita di kejadian naas itu. Tidak hanya itu saja, setelah memperkosa mereka memotong (memutilasi) payudara mereka secara hidup-hidup. Payudara hasil mutilasi tersebut kemudian ditontonkan oleh seorang prajurit ke dadanya kepada prajurit lain sebagai bahan lelucon. Di akhir scene yang kejam ini, prajurit Jepang lantas  menyiram wanita-wanita itu menggunakan bensin kemudian membakar mereka. Kejadian itu tidak hanya di Filipina saja, namun juga terjadi belahan dunia Asia lain seperti China. Bahkan, peristiwa-peristiwa naas kemudian dibukukan, silahkan search "The Rape of Nanking". Di buku itu digambarkan bagaimana perilaku tentara IJA pada waktu itu.

Seberapa Kejamkah Tentara Jepang (IJA) Selama Perang Dunia II ???
Sumber gambar 2
Buku "The Rape of Nanking" dan penulisnya Irish Chang.

Boleh dibilang menjadi tawanan perang tentara Jepang merupakan hal  yang mengerikan yang pernah ada di waktu perang dunia II atau mungkin di dunia. Ada kasus lagi nih yang unik, pada suatu ketika komplotan tentara IJA mulai kehabisan makanan. Karena semakin habis maka suatu peristiwa naas pun terjadi, terdapat data yang mengatakan mereka tidak segan-segan memotong/memutilasi bagian tubuh dari tawanan perangnya untuk dijadikan makanan darurat.

Memang benar kata bang napi, "Kejahatan tidak melulu berasal dari niat orang jahat, tapi juga terciptanya suatu momen atau kesempatan".

Namun tentu saja, seperti pertokohan dari pewayangan tidak semua orang jahat adalah jahat dan tidak semua baik adalah baik. Sejarah tidak serba hitam dan putih. Tentu saja, masi banyak tentara jepang yang berhati baik. Dikatakan bahwa masih banyak tentara Jepang yang memiliki hati seperti memberi peluang untuk penduduk China kabur dari kegiatan imoral tentara Jepang lainnya seperti pembunuhan dan penculikan. Contoh lain dari tentara Jepang yang baik adalah Prajurit Jepang yang baik lainnya mencoba untuk membantu meringankan “wanita penghibur” yaitu gadis-gadis muda yang katanya akan diberi tugas wajib militer untuk membuat seragam tentara sebelum dikhianati dan dikirim ke depan untuk diperkosa oleh orang-orang tertentu dari tentara Jepang di garis depan.

Alasan dari tentara Jepang menjadi sangat kejam bukanlah karena mereka adalah orang Jepang, namun karena pemerintah mereka pada waktu itu yang cenderung sangat chauvinisme (cinta tanah air yang berlebihan) sehingga membuat mereka berbuat superior terhadap bangsa lain.

Semoga thread kali ini bisa menghibur dan memberi pengetahuan untuk agan-agan sekalian emoticon-Smilie. Terima kasih.

See you next time!!!

Source : Ingatan kuliah dan hasil diskusi bersama teman +this.

Tambahan :

Spoiler for SPONGILER:

profile-picture
profile-picture
profile-picture
yogidn90 dan 101 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8
emoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
anggrekbulan dan manbrotheking memberi reputasi
Lihat 1 balasan
dikopi ngisis emoticon-Takut
profile-picture
manbrotheking memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Japunnnnnnn

emoticon-Belgia emoticon-Belgia emoticon-Belgia emoticon-Belgia
profile-picture
manbrotheking memberi reputasi
waow kejamnya
profile-picture
manbrotheking memberi reputasi
dalam perang,semua bisa terjadi..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
japun kongslet sekarang jadi produsen JAV S3X VIDEO dan Boneka S3k terbesar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
benzia dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
dapet karma, kena bom atom, dan salah satu divisi tentara jepang yang ambil bagian dalam pembantaian nanking juga berakhir tragis, dikirim ke hutan belantara banyak yang mati kelaparan di pulau guadalcanal.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 11 lainnya memberi reputasi
dan kalian jangan lupa , mungkin itu juga terjadi waktu mereka menduduki nusantara emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
perang selalu membawa penderitaan dimana2 gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
harusnya NAZI vs IJA tuh, sama2 sadis jadinya seimbang

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
serem bgt ini gan emoticon-Takutemoticon-Takut
profile-picture
coens1982 memberi reputasi
sangatlah sadiss karna kekuasaan menjadikan seseorang tidak punya belas kasih pada sesamanya
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan coens1982 memberi reputasi
semua perang dan anggota yg terlibat juga kejam gan. pada PD 2 pihak poros ada Holocaust (nazi) dan unit 731 (Jepang) di pihak sekutu ada bom atom (usa) sama gulag (Soviet).
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan 3 lainnya memberi reputasi
Berterima kasihlah pada fat man dan little boy, karena jasa mereka bangsa Indonesia bisa merdeka ditengah kekosongan kekuasaan.

Little fact:

tidak semua orang jahat itu selalu jahat dan orang baik itu selalu baik.

Mesin ketik/tik yang merumuskan kemerdekaan Indonesia dipinjam dari orang jepang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 3daigo
apa mereka melakukan hal serupa waktu di Indonesia? emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan coens1982 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Jepang jaman dulu persis yg digambarkan negara api (pemimpinnya doang si) jahat gitu.
cuma kalo nonton film dari stuido ghibli yg judulnya Grave of the fireflies rasanya juga musuhnya yg jahat ke jepang. Gimana atuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan 2 lainnya memberi reputasi
Seberapa Kejamkah Tentara Jepang (IJA) Selama Perang Dunia II ???

Sdh cukup puas gan?
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan coens1982 memberi reputasi
emang bener ini ceritanya bahkan sampai di buat ke film layar lebar

pemain filmnya yg jadi batman difilm dark knight
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lembuganteng dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Judul pelemnya apaan, gan?
profile-picture
profile-picture
coens1982 dan ladiesman097 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ini nih asal mula kebencian cinak terhadap jp sampe sekarang ga ilang ilang wkwkwk
profile-picture
profile-picture
coens1982 dan saintlonginus memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di