CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
18 Tanaman yang Dapat Diolah Menjadi Beraneka Menu Lezat Lauk Daun
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec04feefacb956df51b98b8/18-tanaman-yang-dapat-diolah-menjadi-beraneka-menu-lezat-lauk-daun

18 Tanaman yang Dapat Diolah Menjadi Beraneka Menu Lezat Lauk Daun

Berbagai Tanaman yang Bisa Dibuat Menjadi Menu Sayuran Lezat

18 Tanaman yang Dapat Diolah Menjadi Beraneka Menu Lezat Lauk Daun


Halo Gan-Sis, apa kabarnya nih? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan berbahagia ya.

Akhir-akhir ini di media sosial ane sering banget melihat tulisan "Lockdown" yang kemudian diplesetkan oleh para netizen manjadi "Laukdaun". Padahal lockdown dalam artian yang sebenarnya adalah penutupan suatu kawasan agar tidak ada yang dapat keluar dari atau pun memasuki wilayah tersebut.

Beda dengan lauk daun yang memiliki arti lauk buat pendamping makan nasi yang terbuat dari daun atau tumbuh-tumbuhan. Entah apa maksud dari plesetan kata lockdown menjadi kata lauk daun. Yang jelas ane jadi tersenyum-senyum sendiri ketika membaca tulisan itu.

Nah, terinspirasi dari palang pintu yang bertuliskan "Laukdaun" tersebut, kali ini ane akan membuat thread yang membahas berbagai tanaman yang dapat dimanfaatkan menjadi lauk daun atau sayuran.

Di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, kita juga harus kreatif dalam memanfaatkan berbagai tanaman yang sekiranya dapat dibuat menjadi sayuran, yang mengandung berbagai zat yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Hmm ... hitung-hitung buat menghemat biaya pengeluaran kebutuhan dapur juga sih.

Dan berbahagialah kalian yang tinggal di pedesaan, karena tanaman-tanaman berikut ini yang dapat diolah menjadi sayuran adalah tanaman yang pada umumnya tumbuh dengan subur di daerah pedesaan.

Apa saja tanaman tersebut, yuk kita bahas satu persatu secara santai saja :

1. Daun Murbei Muda

18 Tanaman yang Dapat Diolah Menjadi Beraneka Menu Lezat Lauk Daun

Sudah pada tahu belum sama tanaman yang tergolong ke dalam tanaman liar ini?

Tanaman Murbei terkenal dengan buahnya yang memiliki berbagai khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti tekanan darah tinggi dan menjaga kesehatan mata, menurunkan kolesterol, dan masih banyak lagi khasit lainnya yang di dapat dari mengkonsumsi buah Murbei yang sudah matang dan berwarna hitam.

Selain buahnya, ternyata daun muda dari tanaman Murbei dapat diolah menjadi sayur yang nikmat dan lezat. Almarhum Nenek ane, dulu semasa hidupnya sering membuat menu sayur kuah dari daun Murbei, yang ditambahkan dengan kacang merah. Seger dah pokoknya rasanya Gan-Sis.

2. Pakis Sayur

18 Tanaman yang Dapat Diolah Menjadi Beraneka Menu Lezat Lauk Daun

Tanaman pakis ada banyak jenisnya, dari sekian banyak jenis pakis tersebut, pakis sayurlah yang paling sering ane cari di pematang sawah, pinggiran sungai, atau pun di kebun yang memiliki kelembaban tanah cukup tinggi.

Pakis sayur juga kaya akan berbagai zat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Setelah selesai mengumpulkan pakis sayur, biasanya ane serahkan pada Ibu ane untuk diolah menjadi, sayur tumis pakis, urap pakis, atau pun plecing pakis.

Sama lagi satu, menu khas dari Bali yang paling ane suka dari olahan pakis sayur yaitu, "Pesan Telengis" atau pepes yang terbuat dari campuran bahan pakis sayur dan rob santan yang didapat dari sisa hasil pembuatan minyak kelapa. Hmm ... mantap betul dah pokoknya Gan-Sis.

3. Daun Singkong

18 Tanaman yang Dapat Diolah Menjadi Beraneka Menu Lezat Lauk Daun

Kalau daun singkong ane yakin, Gan-Sis pasti sudah pada tahu ya. Selain umbinya yang bisa diolah menjadi berbagai penganan lezat, seperti keripik singkong, singkong kukus, dll, daun singkong juga sering dibuat menjadi plecing, sayur kuah, dan urap daun singkong oleh Ibu ane. Daun singkong sendiri kaya akan kandungan serat yang berfungsi untuk memperlancar proses pencernaan dalam tubuh manusia.

4. Batang Talas atau Batang Keladi

18 Tanaman yang Dapat Diolah Menjadi Beraneka Menu Lezat Lauk Daun


Selain umbinya, batang talas juga dapat dikonsumsi dengan memanfaatkannya menjadi sayuran, dan sudah tentu tanaman talas yang dipergunakan adalah tanaman talas yang umbi dan batangnya dapat dimakan. Biasanya bagian batang dan daunnya berwarna hijau dan tanaman talas ini dapat tumbuh besar.

5. Daun Sirih Cina

18 Tanaman yang Dapat Diolah Menjadi Beraneka Menu Lezat Lauk Daun

Tanaman ini termasuk ke dalam tanaman liar yang biasanya akan tumbuh dengan subur di halaman rumah kita pada musim penghujan. Tanaman ini juga dipercaya mampu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh manusia yang dapat dikonsumsi dengan cara di rebus dan diminum airnya atau pun direbus sebentar untuk disajikan diatas piring sebagai menu lalapan.

6. Daun Cabai Rawit

18 Tanaman yang Dapat Diolah Menjadi Beraneka Menu Lezat Lauk Daun

Mungkin belum banyak yang tahu, atau mungkin juga sudah pernah mencobanya, ternyata daun cabai yang masih muda dapat diolah menjadi sayur urab lo Gan-Sis. Ane sendiri sering menambahkannya ke dalam mie instan yang ane buat. Rasanya cukup enak kok, berasa seperti rasa-rasa daun cabai muda gitu deh.

7. Daun Katuk atau Don Kayu Manis

18 Tanaman yang Dapat Diolah Menjadi Beraneka Menu Lezat Lauk Daun

Kalau daun katuk ini di Bali lebih dikenal dengan nama daun atau don kayu manis, memang seperti namanya, menurut ane pribadi memiliki cita rasa yang agak manis ketika dimakan. Daun ini biasanya ane jadikan sebagai campuran dalam membuat bubur beras, dan juga Ibu ane sering menambahkan daun ini ketika beliau membuat pepes ikan pindang.

8. Rebung Bambu

18 Tanaman yang Dapat Diolah Menjadi Beraneka Menu Lezat Lauk Daun

Ada yang sudah pernah memakan sayuran dari tunas atau rebung bambu ini belum? Rebung bambu di desa ane cukup mudah untuk ditemukan Gan-Sis, pasalnya pohon bambunya ada di dekat rumah ane wkwkwk. Rebung bambu biasanya diolah menjadi tumis rebung atau diolah menjadi sayur kuah. Mau diolah jadi tumis atau pun sayur kuah dua-duanya ane suka sih Gan-Sis. Ketika dikunyah di dalam mulut rasanya krenyes-krenyes gitu.

9. Tunas Gedebong Pisang Batu yang Muda

18 Tanaman yang Dapat Diolah Menjadi Beraneka Menu Lezat Lauk Daun

Pohon pisang juga tak luput dapat dijadikan sebagai menu andalan dalam masakan Ibu ane. Kalau orang Bali bilangnya "jukut gedebong" atau "jukut ares". Dan menurut Ibu ane, jenis pohon pisang yang tunasnya enak dijadikan sayur yaitu jenis pisang batu. Bukan pisang yang terbuat dari batu lo ya, Gan-Sis, wkwkw ... kalo dari batu mah kaga bisa dimakan, tapi pisang yang buahnya itu ada bijinya.

18 Tanaman yang Dapat Diolah Menjadi Beraneka Menu Lezat Lauk Daun
Jantung Pisang

Selain bagian tunasnya, bagian lain dari jenis pisang batu ini yang juga dapat diolah menjadi masakan yang lezat yaitu bagian jantung pisangnya dan bagian bawah dari batang pisang yang sudah tua atau lebih tepatnya bagian akarnya, yang kalau di daerah ane menu olahan dari akar pohon pisang yang dibungkus dengan daun pisang kemudian di kukus ini, disebut dengan "Tum Bungkil".

10. Daun Belimbing

18 Tanaman yang Dapat Diolah Menjadi Beraneka Menu Lezat Lauk Daun

Selain buahnya yang berbentuk seperti bintang, sehingga di dalam bahasa inggrisnya disebut dengan "Star Fruit", daun dari tanaman belimbing juga dapat diolah menjadi sayuran yang lezat Gan-Sis. Biasanya diolah menjadi urap atau dikuah bersama potongan daging ayam. Tapi bukan daun belimbing wuluh, atau belimbing sayur yang rasanya masam itu ya Gan-Sis, melainkan belimbing buah, seperti jenis belimbing besi.

11. Daun Sintrong

18 Tanaman yang Dapat Diolah Menjadi Beraneka Menu Lezat Lauk Daun

Tanaman Sintrong juga merupakan salah satu tanaman liar yang ada di Indonesia, habitatnya biasanya di kebun, pematang sawah, pinggiran sungai, bahkan kalau kalian cermati, tanaman ini juga sering tumbuh di aeral pekarangan rumah kalian saat musim penghujan.

Daun Sintrong biasanya dibuat menjadi sayur urap. Tapi ane lebih suka kalau di plecing Gan-Sis, pakai bumbu pedas dan diberi sedikit perasan jeruk limau, hmm dimakan bersama nasi hangat itu mantap betul dah pokoknya. Di Bali, daun sintrong ini lebih dikenal dengan daun kejenglot atau daun kejompot.

12. Daun Kopi yang Masih Muda

18 Tanaman yang Dapat Diolah Menjadi Beraneka Menu Lezat Lauk Daun

Siapa yang menyangka, tanaman biji kopi yang telah menjadi bahan baku pembuatan minuman berkafein dan dinikmati oleh berbagai kalangan ini, bagian daunya yang masih muda dapat diolah menjadi menu sayur urap yang maknyus.

13. Daun Melinjo yang Masih Muda

18 Tanaman yang Dapat Diolah Menjadi Beraneka Menu Lezat Lauk Daun

Setelah daun kopi yang masih muda, menu olahan daun selanjutnya ada daun melinjo yang masih muda. Sama halnya seperti daun kopi, daun melinjo muda juga lebih sering diolah menjadi sayur urap atau lodeh daun melinjo.

14. Daun Pepaya Muda

18 Tanaman yang Dapat Diolah Menjadi Beraneka Menu Lezat Lauk Daun

Daun pohon pepaya yang masih muda juga enak dibuat menjadi urab Gan-Sis, tapi harus tahu cara mengolahnya yang benar, karena dari pengalaman ane pribadi, saat salah mengolah daun pepaya muda menjadi sayur urap, rasanya bakalan pait melilit di lidah, Duh ... pokoknya nggak kebyang dah paitnya, sampai nembus ke ubun-ubun paitnya wkwkwkw.

15. Pucuk Labu Siam

18 Tanaman yang Dapat Diolah Menjadi Beraneka Menu Lezat Lauk Daun

Kalau sayur labu siam pasti Gan-Sis sudah biasa menyantapnya kan? Kalau di desa ane, selain buah labu siamnya, pucuk dari daun labu siam juga biasa diolah menjadi menu makanan yang sedap abis. Pucuk tanaman labu siam yang masih muda ini biasanya diolah menjadi urap.

16. Daun Sembukan

18 Tanaman yang Dapat Diolah Menjadi Beraneka Menu Lezat Lauk Daun

Nah, pada postingan thread sebelumnya, ane sudah pernah membahas tentang tanaman liar dengan daun yang berbau kentut ini pada thread ane yang berjudul, Segudang Manfaat dari Daun Sembukan yang Dijuluki Daun Kentut.

Ternyata selain berkhasiat obat luar dengan cara ditumbuk, daun sembukan juga dapat diolah menjadi menu botok. Menurut dari orang-orang yang sudah pernah menyantapnya, rasanya enak, mantaplah gitu kata mereka. Dan setelah diolah menjadi botok, maka sama sekali nggak ada bau-bau entutnya.

17. Tanaman Genjer

18 Tanaman yang Dapat Diolah Menjadi Beraneka Menu Lezat Lauk Daun

Tanaman yang sering tumbuh di areal sawah yang basah ini juga termasuk ke dalam tanaman yang tumbuh dengan liar, bahkan sering dicabuti oleh para petani saat mereka menyiangi sawahnya. Tanaman Genjer pun dapat diolah menjadi menu tumis daun Genjer.

18. Daun Pegagan

18 Tanaman yang Dapat Diolah Menjadi Beraneka Menu Lezat Lauk Daun

Yang selanjutnya dan yang terakhir menurut versi ane sebagai tanaman yang dapat diolah menjadi masakan atau lauk daun yang lezat mantap pake banget, yaitu daun pegagan. Biasanya penjual sayur pecel atau urap akan menambahkan daun pegagan ini sebagai pelengkap dalam capuran sayurnya. Daun pegagan juga sangat mudah untuk dicari, terutama di daerah pedesaan.


Oke deh Gan-Sis, sekian thread ane kali ini, semoga bisa memberi manfaat, dan juga selalu ane doakan, semoga kita semua tetap dalam keadaan yang sehat tidak kurang suatu apa pun, semoga pandemi COVID-19 segera berakhir. Akhir kata ane ucapkan terima kasih, jangan lupa beri cendol, rate, tulis komentar, serta bagikan ke akun media sosial kalia ya. See you.


Baca Juga : 6 Tanaman Bernilai Ekonomi yang Dapat Gan-Sis Budidayakan pada Lahan Sempit

Baca Juga : 10 Penemuan Manusia yang Mampu Mengubah Dunia

Penulis : DeYudi69

Sumber Referensi : 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6 , 7 , 8 , 9 , 10 , 11 , 12 , 13 , 14 , 15 , 16 , 17 , 18 , 19 dan opini pribadi

profile-picture
profile-picture
profile-picture
yogidn90 dan 95 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh DeYudi69
Halaman 1 dari 6

Baca juga thread menarik dan informatif lainnya! Klik gambar di bawah ini 👇

18 Tanaman yang Dapat Diolah Menjadi Beraneka Menu Lezat Lauk Daun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh DeYudi69

Baca Juga :

profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh DeYudi69
Mampir Juga Dimari Gan ...
klik

👇

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh DeYudi69
selamat membaca
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 3 lainnya memberi reputasi
ini kan daun katuk om

18 Tanaman yang Dapat Diolah Menjadi Beraneka Menu Lezat Lauk Daun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Ane lengkapin nih Om
Daun Pintu
emoticon-Hammer218 Tanaman yang Dapat Diolah Menjadi Beraneka Menu Lezat Lauk Daun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Daun sintrong sering ane buat sayur mie kuah gan emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
pucuk Pakis ngk ada gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Diantara semua nya cuma Nomor 3 doank ane doyan. Plus ane baru sadar Singkong vs Sintrong beda benda rupanya. hadehhh kirain ane sintrong plesetan rupanya real ada. emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
keknya enak nih.. Yoyooii..
18 Tanaman yang Dapat Diolah Menjadi Beraneka Menu Lezat Lauk Daun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
daun ni biar wangi 18 Tanaman yang Dapat Diolah Menjadi Beraneka Menu Lezat Lauk Daunemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
ane kira ada daun ganja ....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
botok simbuk.an naknan emoticon-Kaskus Banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
lauk daun nya bener bener daun yang ini, aku suka banget soalnya kalau daun daunan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Daun ganja apa enak kalau di tumis pedas?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Pernah ada yg makan daun pisang kagak ya emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Baru tau daun cabe bisa dimakan emoticon-cystg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
daun ubi jalar bisa buat sayuran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
baru nyobain yang daun singkong, batang talas, daun katuk, rabung, daun melinjo, daun sembukan, sama daun pepaya lainnya belum pernah malah baru tau kalau ternyata bisa dimasak juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Rebung, jantung pisang, sama kangkung, yang sering. emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di