CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Telat Bayar Iuran BPJS Kesehatan Denda 5 Persen
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec01426f4d6950939558932/telat-bayar-iuran-bpjs-kesehatan-denda-5-persen

Telat Bayar Iuran BPJS Kesehatan Denda 5 Persen

JAKARTA - Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 tahun 2020 tentang Jaminan Kesehatan yang baru dikeluarkan Presiden Joko Widodo, tak hanya menaikkan tarif iuran bagi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, tapi juga oleh Presiden Joko Widodo sudah membuat sejumlah masyarakat kecewa.

Kekecewaan masyarakat kembali bertambah dengan diberlakukannya denda 5 persen untuk peserta yang telat membayar iuran.

Pemberlakuan denda itu disebutkan dalam Pasal 42 Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 tahun 2020 tentang Jaminan Kesehatan. Denda ini berlaku bagi peserta yang memakai layanan rawat inap selama masa tenggang 45 hari setelah melunasi iuran.

Sementara untuk layanan fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama atau rawat jalan, denda tak berlaku. Denda yang diterapkan sebesar 5 persen dan berlaku mulai tahun 2021.

BPJS Kesehatan akan memblokir status kepesertaan bulan berikutnya jika iuran pada bulan berjalan belum dibayar. Status peserta akan memasuki masa tenggang 45 hari dan dikenakan denda jika selama masa tenggang setiap menggunakan layanan kesehatan.

Kabid SDM dan Umum BPJS Kesehatan Cabang Batam, Irfan Racmadi mengaku belum tahu seperti apa rincian pasal yang ada pada Perpres no 64
tersebut.

Menurutnya, informasi yang diberikan pusat masih sebatas adanya kenaikan iuran per 1 Juli dan bantuan iuran dari pemerintah.

”Untuk denda kami belum tahu lebih lengkap, karena informasi hanya soal kenaikan,” ujar Irfan.

Diakui Irfan, selama ini BPJS Kesehatan meniadakan denda untuk tagihan yang tertunggak. Mengenai diberlakukan lagi, ia kurang tahu pasti. ”Perpres kemarin memang meniadakan denda, tapi tak tahu dengan Perpes yang baru,” tegas Irfan.

Masih kata Irfan, BPJS Kesehatan kantor cabang hanya mengikuti aturan yang diberlakukan pusat. Aturan yang diikuti pun harus sesuai dengan Perpres. ”Kami ikut saja apa kebijakan pusat,” pungkas Irfan.

https://batampos.co.id/2020/05/15/te...enda-5-persen/

Nasbung dan kadrun ini lucu..

beli beras bisa..
beli ayam bisa..
Beli indomie bisa..
Beli rinso bisa..
beli bakso bisa..
beli ikan bisa..
beli bayam bisa..

tapi kok disuruh bayar BPJS kok susah amat?

saya setuju kenaikan BPJS, saya ikut Pak Jokowi saja, apapun keputusan pak Jokowi pasti itu yg terbaik. Karena presiden itu manifestasi dari Tuhan.

bahkan jika iuran BPJS naik sampai 1 juta pun saya siap, demi Indonesia dan demi Jokowi, saya siap.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 25 lainnya memberi reputasi
Yang ga setuju bpjs naik ini pembenci jokowi semua kok, uclim semua ini emoticon-Ngakak

coba cek, ada ga penganut agama lain yg protes bpjs naik, sebut saja 1 orang kalau ada emoticon-Big Grin
Lihat 2 balasan
kok denda, harusnya di non aktif
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Yakin BPJS 1 juta perbulan sanggup TS??

Bayar THR setahun sekali aja gak sanggup kok kalian yg kafir kafir cokin yg jadi pengusaha...

emoticon-Wakaka

Banyak pelawak ya sekarang di BP...

profile-picture
profile-picture
profile-picture
BurnXOut dan 2 lainnya memberi reputasi
tinggal aktifin autodebet dari rekening kalo ga mau repot
kalo ga mampu yg kelas 2 ya turun kelas 3 aja,tapi tetep auto debet,biar ga pake telat2
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
Jangan takut tidak bayar, rejeki dari allah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chevelle16 dan 2 lainnya memberi reputasi
Ingat ya BPJS itu wajib, mau miskin kaya muda tua selama WNI wajib.

Jadi ga bayar kena denda ya wajib bayar sama dendanya.

Wajib.
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Denda dimanakah kau berada..
rindu aku ingin jumpa..emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
profile-picture
dnaltalf dan nasgorbabi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yg protes kadrun doang keles..
buzzer dengan senang hati dukung
doi kan income jalan truss.


kl wa mah ndak mikirrr..(pbi)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh aprilazzazza
ts terguncang apa gimana emoticon-Ngakak
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
nanggung amat.....
skalian aj denda 5 persen perhari ..
trus denda berbunga jg 5 persen....

emoticon-Cool

bodo dah.....
biar buzzer pd seneng!!!!
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Mending ente sumbangin sebagian buat jajan ank gw kalo siap bayar bpjs ampe 1juta.
emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


Lhp kata nastak nasbung itu miskiner tinggal di gorong2. Yg bener yg mana nih? Ngarang cerita itu yg konsisten. Ente udah dpt brifing belum dr kakak pembina? Apalagi nasbung kan minoritas, duit g seberapa buat iuran. Nastak dong yg ngakunya kaya raya ngasih kontribusi ke junjunganya kek. Masak cuma jd benalu ngarepin jatah apbn
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
negara gila
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
kalo ada sodara mu atau tetangga mu yg pendukung jokowi fanatik, kalo lagi kesusahan BPJS nya nunggak, jangan di tolong, biarin mereka minta dilunasin denda nya sama junjungan nya aja. ipar ane ada yg kek gitu, pendukung fanatik jokowi, tapi suka nunggak bpjs nya, dan selama ini selalu ane yg ngelunasin. eeeeehhhhh dasar taik, udahannya ane di damprat karena beberkan kebobrokan jokowi didepan dia, ditantang debat macem rocky gerung gitu, sejak itu ane bulat tekad gak bakalan mau ngelunasin tunggakan dia lagi. biarin mampus aja dia.

Spoiler for rezim ambyar:


Diubah oleh xanax.for.sale
kadrun tolol.. bpjs 25 rb sebulan itu seharga rokok 1 batang sehari.. kalo ngaku miskin ga mampu bayar bpjs tapi rokok jalan terus.. emang elo nya aja yg tolol.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
urban21 memberi reputasi
Diubah oleh valkyr7
tertiblah bayar iuran BPJS kalau memang kesehatan itu penting
duhh macam bayar cicilan ke leasing aja kalau telat kena denda emoticon-Cape d... iuran sudah naik telatpun masih kena denda


Telat bayar iuran dapet denda

Lha itu BPJS telat bayar RS sampai berbulan-bulan itu mau dikasih denda ga sama RS nya?


profile-picture
profile-picture
noey777 dan valkyr7 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di