CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Serunya Masa Kecil di Bulan Ramadhan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec01249f4d695175501fc82/serunya-masa-kecil-di-bulan-ramadhan

Serunya Masa Kecil di Bulan Ramadhan


Tidak sedikit dari kita yang dilatih untuk berpuasa sejak kecil. Biasanya di mulai dengan puasa setengah hari sampai kita benar-benar mampu menjalankan puasa seharian penuh. Tujuannya adalah agar saat dewasa nanti kita sudah terbiasa untuk menjalankan ibadah puasa, sehingga kita tidak merasa keberatan lagi untuk berpuasa.

Dari tahun ke tahun pasti kita merasakan perbedaan saat bulan Ramadhan. Perbedaan ini terjadi seiring bertambahnya usia. Puasa di bulan Ramadhan sewaktu kita masih kecil merupakan hal yang paling menyenangkan. Banyak kejadian yang bila kita ingat akan membuat kita rindu untuk mengulanginya.

Berikut ini nostalgia kegiatan puasa di bulan Ramadhan saat masih anak-anak.


1.Puasa sebulan penuh dapat hadiah

Namanya juga anak-anak. Pasti akan semangat melaksanakan sesuatu jika ada imbalannya. Salah satunya semangat berpuasa. Tak sedikit anak-anak yang semangat menjalankan ibadah puasa karena sebelumnya telah di janjikan sebuah hadiah oleh orang tuanya jika mampu melaksanakan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh. Hadiah ini biasanya diberikan pada saat hari raya Idul Fitri. Hadiahnya pun beragam mulai dari baju baru, mainan baru bahkan uang jajan tambahan.

 
2.Mengisi buku kegiatan Ramadhan

Saat bulan Ramadhan pasti sekolah kita sering membagikan buku kegiatan Ramadhan. Dalam buku ini biasanya kita di perintahkan untuk mengisinya dengan mencatat aktifitas yang kita lakukan selama bulan Ramadhan.
 
Biasanya buku ini sering di isi dengan inti ceramah pada saat shalat tarawih. Bisa di katakan bahwa buku ini sebagai bukti bahwa kita benar-benar melaksanakan shalat tarawih. Nah kemudian setelah kita selesai melaksanakan shalat tarawih biasanya kita akan menyerbu Ustad penceramah tadi untuk meminta tanda tangannya.
 
Gak cukup sampai di sini saja. Beberapa di antara kita pasti ada yang masa kecilnya bandel banget, seperti shalatnya masih bolong-bolong, tapi agendanya di isi semua. Biasanya kita akan mencontek dari teman kita yang pergi shalat tarawih kemudian pemalsuan tanda tangan pun terjadi. Ini adalah hal yang tidak baik untuk di tiru, namun setiap orang pasti memiliki pegalaman yang berbeda.
 
Quote:

 
3.Sahur sambil tidur

Serunya Masa Kecil di Bulan Ramadhan

Ngantuk saat sahur pasti dialami setiap orang. Namun makan sahur sambil mata terpejam hanya di lakukan oleh ahlinya, anak kecil paling ahli dalam hal ini. Bahkan ada yang baru bebrapa suap dia kembali tidur lagi.
 
Sahur sambil tidur juga menjadi senjata ampuh kita untuk negosiasi dengan orang tuanya. Biasanya saat ngantuk berat melanda kita hanya makan sedikit saat sahur, atau tidak sahur sama sekali. Hal ini bisa menjadi alasan kita untuk meminta keringanan kepada orang tua kita agar kita di perbolehkan puasa setengah hari, dengan alasan badan kita sangat lemas sehingga tidak sanggup jika harus berpuasa seharian penuh, karena hanya makan sedikit saat sahur tadi.

 
4.Main petasan

Serunya Masa Kecil di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan pasti selalu identik dengan petasan. Sewaktu kita masih kecil biasanya kita memiliki bayak stok petasan. Hampir semua anak kecil memiliki stok petasan, tidak hanya anak laki-laki saja, anak perempuan pun juga sama.
 
Saat masih kecil, kita pasti banyak mengoleksi beragam jenis petasan, mulai dari kembang api sampai petasan. Biasanya waktu memainkannya sesuai dengan jenisnya, jika kembang api lebih cocok di mainkan saat malam hari, dan petasan lebih cocok dimainkan saat pagi hari sambil jalan-jalan setelah shalat Subuh.
 
Nakalnya anak kecil biasanya petasan di hidupkan di depan rumah warga, sehingga warga yang tadinya melanjutkan tidur setelah sahur pun terbangun karena suara petasan kita. Bahkan kalau lagi apes, ada yang sampai kena marah. Namun, yang namanya anak kecil pasti tidak pernah merasa takut bahkan sekalipun sudah kena marah, masih tetap saja di ulangi.

 
5.Mandi di sungai

Serunya Masa Kecil di Bulan Ramadhan

Pada siang hari saat sedang berpuasa, tentunya tubuh kita akan merasa gerah dan haus. Mandi di sungai adalah cara ampuh untuk sedikit meringankan rasa gerah dan dahaga. Setelah selesai mandi di sungai, biasanya badan kita akan terasa lebih segar.
 
Tidak sedikit di antara kita yang masa kecilnya suka mandi di sungai. Bahkan bukan anak kecil saja yang suka mandi di sungai, orang dewasa pun juga menyukainya.

Selain mandi di sungai, kadang kita juga mencari ikan di sana. Kegiatan mandi di sungai ini akan lebih sering kita lakukan terlebih saat sedang berpuasa.
 
Mandi di sungai ini sangat menyenangkan, terlebih jika kita beramai-ramai bersama teman-teman sebaya. Meskipun saat berpuasa kita di larang berlama-lama untuk berendam, yang namanya anak kecil pasti tidak memperdulikan hal itu.



Quote:


Penulis : @Anissanuryantri
Sumber : opini + pengalaman pribadi
Pic : dokpri



Pelalawan, 16 Mei 2020


Spoiler for bagi-bagi cendol:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
swiitdebby dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Anissanuryantri
kok saya jadi kangen sih
profile-picture
Anissanuryantri memberi reputasi
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di