CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
7 Resep Makanan Yang Cocok Untuk Menu Berbuka Dan Saur, No 1 Paling Mudah Di Buat!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebfb3700577a92a947f23f4/7-resep-makanan-yang-cocok-untuk-menu-berbuka-dan-saur-no-1-paling-mudah-di-buat

7 Resep Makanan Yang Cocok Untuk Menu Berbuka Dan Saur, No 1 Paling Mudah Di Buat!

Resep Makanan yang Cocok Untuk Berbuka dan Saur

7 Resep Makanan Yang Cocok Untuk Menu Berbuka Dan Saur, No 1 Paling Mudah Di Buat!

Bulan suci Ramadhan khas dengan makanan-makanan lezat keberkahannya selalu melimpah, di saat bingung mau buka puasa kagak punya apa-apa selalu ada aja rezekinya ada tetangga atau sanak saudara yang mengirim makanan itulah keberkahan Ramadhan.

Nah sekarang Ane bawa resep makanan yang mudah untuk di buat dan cocok untuk buka dan saur.

1. Oseng Kangkung

7 Resep Makanan Yang Cocok Untuk Menu Berbuka Dan Saur, No 1 Paling Mudah Di Buat!

Oseng kangkung paling cocok untuk menu berbuka atau pun saur. Di buatnya juga gampang banget. Ini makanan paforit Ane, selain enak rasanya buatnya pun gampang.

GanSist cukup tumis, bawang merah, bawang putih, dan tambahkan cabai jika suka sesuai selera, lalu tuangkan kangkung yang sudah di iris yah, kalau sudah mulai layu tambahkan air sedikit, tunggu beberapa menit tuangkan garam dan micin aduk sampe merata jadi deh. Oseng Kangkung yang siap menemani nasi putih yang mengepul, di jamin nambah terus.

Apalagi di saat pandemi begini cari makan yang udah jadi itu susah.

2. Gudeg

7 Resep Makanan Yang Cocok Untuk Menu Berbuka Dan Saur, No 1 Paling Mudah Di Buat!

Gudeg, makanan yang satu ini juga jadi faporit keluarga Ane.gudeg ini cocok untuk menemani saur atau pun berbuka. Bahannya juga dari nangka muda yang mudah di cari kalau di kampung Ane. Jadi walau pasar tutup tetep bisa menikmati gudeg buatan sendiri.
Cara membuatnya cukup mudah.
Rebus terlebih dahulu buah nangka muda yang telah dipotong kecil bersama dengan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan, tunggu hingga nangka muda menjadi sedikit layu dan empuk lalu siapkan panci. kemudian masukkan nangka muda yang telah direbus bersama bumbu.Tambahkan air kelapa murni dan daun salam. Pastikan seluruh permukaan nangka muda bisa terendam, lalu tutup panci dengan rapat.Masak sekitar 3 jam hingga warna nangka muda yang sebelumnya berwarna layu dan pucat menjadi sedikit kecoklatan., setelah proses pemasakan selama kurang lebih 3 jam, GanSist bisa membuka tutup panci dan masukkan telur rebus yang telah dikupas kulitnya serta air santan kental. Usahakan semua bahan terendam. Lalu masak sampai matang.

Gudeg Nangka siap di sajikan untuk menemani berbuka puasa.


3. Sayur Asem

7 Resep Makanan Yang Cocok Untuk Menu Berbuka Dan Saur, No 1 Paling Mudah Di Buat!

Kuliner yang satu ini juga cocok untuk menemani saur dan berbuka, sayur asam ini berbahan campuran sayur mayur, seperti jagung manis, kacang panjang, labu siam, wortel, belinjo.

Bersihkan semua sayur lalu potong-potong sesuai selera sisihkan, Lalu rebus air bersama bawang merah dan bawang putih iris, daun salam, dan lengkuas. Biarkan hingga mendidih. Kemudian masukan wortel, jagung, labu biarkan setengah matang, lalu masukan kacang panjang, gula, garam, kaldu bubuk. Terahir masukan daun melinjo sampai layu cek rasa. Sayur Asem siap di sajikan.

Pokonya cocok untuk menu saur dan berbuka.

4. Opor Ayam

7 Resep Makanan Yang Cocok Untuk Menu Berbuka Dan Saur, No 1 Paling Mudah Di Buat!

Menu yang satu ini selalu ada di saat hari Raya, tapi opor ayam ini juga cocok untuk menemani saur dan berbuka GanSist. Cara buatnya juga mudah

Bersihkan ayam dan potong sesuai selera. Lalu tumis semua bumbu halus dan daun daun. Sampai wangi.
Masukkan ayam, aduk sesekali hingga ayam berubah warna. Masukkan santan dan air. Aduk pelan-pelan agar tidak pecah santan, sampai mendidih. Ketika sudah mendidih kecilkan api. Biarkan ayam dan santan dimasak sampai santan mengental. Jangan lupa beri garam dan aduk sesekali. Koreksi rasa dan sajikan dengan taburan bawang goreng. Opor Ayam siap di sajikan.

5. Perkedel

7 Resep Makanan Yang Cocok Untuk Menu Berbuka Dan Saur, No 1 Paling Mudah Di Buat!
Perkedel ini juga cocok untuk nemenin saur, di buatnya juga mudah. Perkedel ini di buat dari kentang di isi dengan daging atau jagung.
Ini juga jadi menu andalan untuk anak-anak.

6. Pepes Ikan

7 Resep Makanan Yang Cocok Untuk Menu Berbuka Dan Saur, No 1 Paling Mudah Di Buat!

Nah ini yang paling beda cara memasaknya, cara buatnya juga gampang dan peraktis.
Ikan segar dicuci bersih, kemudian beri perasan jeruk nipis dan diamkan 20-30 menit. Setelah itu campurkan, daun jeruk, daun kemangi, daun salam, irisan tomat, potongan sereh, irisan cabai rawit, belimbing wuluh ke dalam bumbu halus dan diaduk jadi satu, lalu siapkan daun pisang untuk membungkus, kemudian oleskan semua bumbu ke seluruh badan nila. Lalu bungkus pakai daun pisang, kemudian bakar di atas bara api hingga matang dan bumbu meresap. Ikan pepes siap di sajikan. Untuk menemani saurmu.


pepes ikan ini di bakar di atas bara api, menu ini juga cocok untuk nemenin saur dan tentunya bergizi.

7. Pecel Lele

7 Resep Makanan Yang Cocok Untuk Menu Berbuka Dan Saur, No 1 Paling Mudah Di Buat!

Menu yang satu ini juga jadi favorit untuk saur, rasanya gak usah di tanya, mantap pokonya. Cara buatnya juga gampang, goreng lele sampai agak kekuningan lalu tiriskan.

Agar rasanya makin gurih enak, siapkan bumbunya untuk 4 ekor ikan lele. Haluskan 3 siung bawang putih, 1 cm kunyit, 1 sdt ketumbar sangrai, 1/2 cm jahe, 1/2 sdt merica bubuk, dan 1 sdt garam.

Larutkan bumbu halus ini dengan sedikit air lalu lumerkan ke badan lele hingga rata. Diamkan selama 30 menit. Lalu goreng.

Buat sambal dari cabai merah keriting, cabe rawit merah, garam dan sedikit terasi. Gerus hingga halus. Kucuri air jeruk limau atau jeruk nipis. Taruh lele goreng di atasnya. Pecel lele siap di sajikan untuk menemani saurmu.

Nah sekarang gak perlu bingung yah, untuk menu berbuka dan saurmu.
Resep di atas bisa di coba.

Sekian Thread Ane kali ini, semoga bermanfaat.

Jangan lupa tinggalkan cendol segar, comen, rate dan share juga yah.

Salam manis dan Terima kasih

7 Resep Makanan Yang Cocok Untuk Menu Berbuka Dan Saur, No 1 Paling Mudah Di Buat!

Penulis: @ukhtyfit81
Sumber gambar: klik
Opini pribadi




profile-picture
profile-picture
profile-picture
emangon dan 20 lainnya memberi reputasi
pajwan
kuy merapat
masak masak
Makanan kesukaan semua. He...he...
profile-picture
ukhtyfit81 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Paling gampang sop tahu kaldu royco emoticon-Ngacir
profile-picture
ukhtyfit81 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Wah mantap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dbimoetz dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
paling gampang memang oseng kangkung ini, apalagi enaknya memang dimakan pas masih hangat hangatnya dimakan sama nasi panas beuhhh udah bisa bikin nafsu makan bertambah siah dari yang biasanya nggk begitu nafsu makan pas sahur
profile-picture
profile-picture
dbimoetz dan ukhtyfit81 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
hahaha ini ane hari ini masak kangkung krn cepet dimasaknya
profile-picture
ukhtyfit81 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Jangan banyak makan yg terlalu berminyak dan santan tidak bagus buat perut yang baru puasa, usahakan yg rebus dan kukus lebih sehat, salam sehat
profile-picture
ukhtyfit81 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Paling enak.pepes ikan
profile-picture
ukhtyfit81 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tumis enak gampang lg ...yg penting sy mah sambelnya emoticon-Ngakak
profile-picture
ukhtyfit81 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Pepes emoticon-Smilie))))))
profile-picture
ukhtyfit81 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ngiler kakak
profile-picture
ukhtyfit81 memberi reputasi
Lihat 6 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di