CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Sports / Sports /
Derbi Terbesar Jerman Membuka Bundesliga Paska Rehat Pandemi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebfa26f68cc9513995f72ff/derbi-terbesar-jerman-membuka-bundesliga-paska-rehat-pandemi

Derbi Terbesar Jerman Membuka Bundesliga Paska Rehat Pandemi

Dalam hitungan jam, Bundesliga akan dilanjutkan kembali setelah suspensi dua bulan akibat penyebaran virus korona. Menjadi liga elit eropa pertama yang bergulir kembali, tentunya seluruh mata penggila si kulit bundar menuju ke liga dengan rataan penonton di stadion terbanyak di dunia versi CIES Football Observatory ini. Minggu pertama paska suspensi menghadirkan partai Revierderby, derbi terbesar di negara panzer, antara Borussia Dortmund dan FC Schalke 04. Revier, yang diambil dari kata Bergbaurevier, atau area penambangan, menggambarkan region Ruhr yang sempat menjadi salah satu pertambangan besar batu bara hingga lebih dari 150 tahun. Sejarah persaingan dimulai sejak dahulu kala di mana dua kelompok kelas pekerja dari area industri batu bara dan besi memiliki dua tim dengan kultur serupa bersaing memperebutkan hegemoni di lapangan hijau di turnamen regional Westphalia, bagian timur Ruhr dan sekitarnya. Dominasi Schalke selama 20 tahun saat itu dipecahkan oleh Dortmund setelah era perang dunia kedua. Kubu Schalke terpukul dan tidak menerima kekalahan kala itu. Persaingan ini berlanjut saat kompetisi baru tertinggi Oberliga digelar di Jerman, tepatnya Jerman Barat pada saat itu. Kompetisi yang terbagi menjadi lima wilayah ini menjadikan wilayah barat, tempat kedua klub berkompetisi, menjadi wilayah paling kompetitif. Perwakilan wilayah barat mendominasi dengan masuk ke partai final hingga hampir setengah dari pergelaran. Pada akhirnya kompetisi ini digantikan Bundesliga pada tahun 1963. Kebanggaan antar kelompok ini turun-temurun hingga saat ini memasuki kali ke-96 pertemuan di era Bundesliga. Kesengitan Revierderby pun tergambar dari cuitan akun resmi Bundesliga versi Inggris berikut ini.




Si biru dari Gelsenkirchen kali ini akan bertandang ke Signal Iduna, markas Dortmund. Bagi kedua tim, partai perdana dalam kondisi pandemi tentunya akan menjadi krusial dalam lanjutan langkah mereka di kompetisi. Ditambah lagi dengan ego memenangi partai yang sarat gengsi. Sebelum rehat, Schalke memasuki fase terburuk di liga dengan rekor 3 kali seri, 4 kali, dan nihil kemenangan di 7 pertandingan terakhir Bundesliga. Lebih lagi mereka hanya mampu mencetak 2 dan kemasukan 15 gol dalam periode tersebut. Namun, mereka masih beruntung masih bisa bertengger di peringkat 6 klasemen sementara. Kesempatan melakukan reset mental selama lockdownbisa jadi momentum mereka untuk keluar dari rentetan hasil buruk.


Sementara itu, Dortmund yang berada di posisi kedua klasemen sementara sebelumnya dalam kondisi prima. Setelah masa rehat musim dingin, 7 kemenangan dibukukan jawara 2011 dan 2012 ini dari 8 pertandingan. Satu keunggulan lagi dari mereka adalah sudah menjajal pertandingan tanpa penonton kala bertandang ke markas PSG di awal Maret meski berakhir tersingkir di 16 besar UCL musim ini. Sang tuan rumah pun menjamu dengan dendam membara. Dua derbi terakhir di stadium terbesar di Jerman ini berlangsung dramatik dan tragis bagi tuan rumah. Musim lalu mereka dipecundangi 2-4 di hadapan pendukung sendiri dengan diwarnai dua kartu merah bagi tim tuan rumah dalam waktu hanya 5 menit. Musim sebelumnya lebih mengenaskan. Unggul empat gol di paruh pertama permainan, di setengah jam akhir mampu dikejar hingga skor sama empat. Diwarnai pula dengan satu kartu merah bagi Aubameyang yang kali itu masih berkostum Dortmund.


Setelah kondisi rehat panjang, bisa dikatakan kedua tim dalam kondisi serupa. Tingkat kebugaran tanpa latihan yang layak pun dipertanyakan. Signifikansi faktor performa di pertandingan sebelumnya cenderung pudar. Apalagi dengan tantangan bermain tanpa atmosfer pertandingan normal. Dengan aturan baru selama pandemi, seluruh tim diwajibkan mengkarantina diri di hotel seminggu sebelum kompetisi dimulai. Schalke memilih hotel dengan jarak tempat latihan yang bisa ditempuh dengan jalan kaki. Sementara itu Dortmund mengambil strategi penyediaan jaringan WiFi yang cepat untuk membuat masa karantina lebih menyenangkan, termasuk untuk memfasilitasi permainan antar konsol yang dijadikan hiburan bagi para pemain di waktu senggang.


Berkaca dari dua derbi terakhir di Signal Iduna, Schalke bisa jumawa. Namun mereka kali ini datang tanpa diperkuat kapten tim Omar Mascarell dan palang pintu Benjamin Stambouli. Suntikan positif datang dari kembalinya Daniel Caligiuri paska cedera. Pemain Italia ini rajin cetak gol ke gawang Dortmund. Dalam 6 pertemuan di Bundesliga saat membela Schalke, ia membukukan 4 gol dan 3 operan berujung gol. Sementara itu di kubu tuan rumah, Emre Can, Axel Witsel, dan Marco Reus dipastikan absen. Erling Haaland tentunya akan menjadi pusat perhatian dengan 8 gol dari 8 pertandingannya di Bundesliga sejauh ini. Namun dalam 2 pertandingan terakhir dia absen dari papan skor.


profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan Isda555 memberi reputasi
Diubah oleh hardani9


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di