CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Computer Stuff /
5 Tips Optimasi Ruang Pada Taskbar Windows 10
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebf9326349d0f0eb41753c6/5-tips-optimasi-ruang-pada-taskbar-windows-10

5 Tips Optimasi Ruang Pada Taskbar Windows 10


Semua pengguna Windows pasti sudah tahu taskbar, tempat di mana Start Menu dan ikon aplikasi terpampang untuk dijalankan. Seiring berevolusinya sistem operasi Windows, taskbar juga mengalami perombakan desain dan fungsi, dari yang hanya dipergunakan untuk mengakses ikon program, semakin meluas ke akses notifikasi dan info lainnya.

Bersamaan dengan deretan fungsi ini, taskbar Windows cepat atau lambat akan kehabisan ruang jika kalian sering menggunakan fitur pin. Ini tentu bisa jadi masalah jika taskbar kalian dipenuhi dengan ikon program.

Untuk bisa memanfaatkan ruang pada taskbar dengan bijak, Bang Inul akan melampirkan 5 cara optimasi ruang taskbar di Windows 10 yang bisa kalian simak berikut ini.


1. Hilangkan kotak pencarian Cortana
5 Tips Optimasi Ruang Pada Taskbar Windows 10
Taskbar di Windows 10 hadir dengan kotak pencarian yang juga terintegrasi dengan asisten virtual Cortana. Meskipun fitur ini berguna untuk melakukan pencarian dengan cepat, kotak pencarian Cortana ini menempati ruang yang cukup lebar di taskbar.

Kalau kalian bukan pengguna yang sering menggunakan kotak pencarian Cortana ini, sangat disarankan untuk menonaktifkannya. Untuk menghilangkan kotak pencarian taskbar, klik kanan pada taskbar > Cortana > Hidden.


2. Nonaktifkan tombol Task View
5 Tips Optimasi Ruang Pada Taskbar Windows 10
Task View adalah tombol taskbar Windows 10 yang baru-baru ini diimplementasikan oleh Microsoft, dengan fungsi untuk mempermudah multitasking dan melihat info-info terkait berkas yang pernah dibuka di hari sebelumnya.

Secara default, tombol Task View tepat berada di sebelah tombol Start, yang pada esensinya fungsi Task View bisa dicapai dengan menggunakan shortcut Windows + Tab. Jadi, kalian bisa menambah slot ruang di taskbar dengan menyembunyikan Task View dengan klik kanan di taskbar > hilangkan centang pada Show the Task View button.


3. Kurangi jumlah ikon notifikasi
5 Tips Optimasi Ruang Pada Taskbar Windows 10
Ikon notifikasi terletak di pojok kanan bawah. Untuk menambah ruang taskbar, kalian bisa mengurangi jumlah ikon notifikasi yang ada dengan cara klik kanan pada taskbar > Taskbar settings > Select which icons appear on the taskbar, dan matikan ikon yang tidak kalian butuhkan.


4. Gunakan ikon kecil di taskbar
5 Tips Optimasi Ruang Pada Taskbar Windows 10
Opsi ini bisa jadi pilihan tepat untuk kalian yang ingin membuat desktop lebih luas. Menggunakan ikon kecil dapat dicapai dari setelan bawaan yang bertempat di pengaturan yang sama pada setelan poin ke-3. Klik kanan pada taskbar > Taskbar settings > Use small taskbar buttons.


5. Unpin program yang tidak dibutuhkan
5 Tips Optimasi Ruang Pada Taskbar Windows 10
Proses pinning adalah untuk “menempelkan” program ke taskbar untuk keperluan akses cepat. Biasanya, pada perangkat Windows 10 baru kalian bisa menemukan program-program bawaan yang di-pin oleh Windows 10.

Untuk membuat taskbar lebih lega agar program prioritas lain bisa di-pin, kalian perlu melakukan unpinning dengan cara klik kanan di ikon program > Unpin from taskbar.



Sumber : bukareview.com
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di