CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Astaga, Terungkap Bisnis 'Surat Sakti" Agar Bisa Mudik Saat Corona, Mau?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebf8bd1a7276813806f7bca/astaga-terungkap-bisnis-surat-saktiquot-agar-bisa-mudik-saat-corona-mau

Astaga, Terungkap Bisnis 'Surat Sakti" Agar Bisa Mudik Saat Corona, Mau?

Lebaran tinggal menghitung hari saja teman, yang biasanya suasana arus mudik dan pergerakan perekonomian nasional sedang memuncak, kini seperti urat nadi perekonomian yang sedang terputus. Lebih hening, lebih tepatnya memang tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya.

Astaga, Terungkap Bisnis 'Surat Sakti" Agar Bisa Mudik Saat Corona, Mau?

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat semua orang harus tertahan dan bertahan di tempat. Namun sebetulnya keinginan untuk mudik setiap orang pasti ada dan tak tertahankan, tentu saja ini menjadi fenomena yang berbeda karena tingkat kerinduan berada di kampung kelahiran kian memuncak mana kala di halangi oleh aturan PSBB ini.


Bukan Indonesia namanya kalau tidak memiliki akal dan intrik supaya orang tetap bisa mudik. Salah satunya ya ini, memiliki 'surat sakti, atau dokumen aspal' agar tetap bisa mulus dan lolos dari pemeriksaan petugas pos check point di perbatasan kota dan kemudian bisa melanjutkan perjalanan menuju kampung halaman.

Astaga, Terungkap Bisnis 'Surat Sakti" Agar Bisa Mudik Saat Corona, Mau?

Surat sakti atau dokumen yang aspal ini diantaranya adalah; dokumen tugas dari instansi terkait, surat sakit mendesak/ kematian, dokumen imigrasi PMI atau pelajar pulang dari luar negeri. Ketentuan surat keterangan tersebut resminya dikeluarkan oleh ketiga instansi yakni Dinas Perhubungan, Kepolisian Resor (Polres), atau Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Dimana ketiganya nanti akan bertugas memeriksa keabsahan surat atau dokumen milik pemudik tadi, jika kedapatan palsu maka siap-siap saja menerima sangsi.

Seperti hukum pasar berlaku disini, ada permintaan maka akan ada penjualan, soal harga bisa nego-negolah... Praktik jual beli surat sakti ini tentu saja suatu hal yang menurut saya adalah bisnis ilegal karena peruntukkannya tidak sesuai dengan kondisi seseorang, lebih bersifat gambling dan membohongi. Praktik jual beli surat sakti ini pun ada yang terang-terangan menjual jasanya di sebuah platform e-commerce dan sosial media. Hargapun bervariatif, dari Rp 70.000 hingga ratusan ribu selembarnya.

Sedemikian pentingnya kah surat sakti ini agar orang bisa tetap mudik? Puasa sebulan saja kita kuat, masa menahan diri sebentar saja tidak kuat?

Orang boleh saja rindu dengan keluarga di sana, tapi jika memang kita benar menyayangi mereka tentu kita bisa menahan rindu itu sebentar saja agar pandemi Corona ini mereda dan hilang di bumi pertiwi ini.

Buat kita-kita yang masih memiliki akal yang sehat sebaiknya mengingatkan ke handai taulan untuk tidak menggubris iklan dan tawaran tersebut. Kalau nanti ujung-ujungnya membawa kesialan bagi kita maka keluarga kita sendiri yang akan rugi, kan?

Apakah tega melihat orang tua kita yang mulai renta atau keponakan kita yang sedang lucu-lucunya tiba-tiba tidak berdaya, harus menerima kenyataan, kalau dirinya positif tertular virus Corona dari kita? Belum lagi repotnya nanti ketika akan balik ke Jakarta, karena gubernur DKI sendiri sudah siap dengan peraturan baru yang menyulitkan pemudik kembali lagi ke Jakarta. Renungkanlah dengan akal sehat, kawanku. Stop, jangan mudik dulu.




Sebuah opini
Img.header. google

Astaga, Terungkap Bisnis 'Surat Sakti" Agar Bisa Mudik Saat Corona, Mau?
Astaga, Terungkap Bisnis 'Surat Sakti" Agar Bisa Mudik Saat Corona, Mau?
Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
swiitdebby dan 25 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
selalu neng ngarep....
profile-picture
srusuut memberi reputasi
yoyoy
mending bayar 70rb daripada test bisa keluar 500rb
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
srusuut dan iskrim memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Apapun jadi asal jadi fulus emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
iskrim dan srusuut memberi reputasi
jadi dilema emoticon-Bingung
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Quote:

Jan di tiru gaan..

Quote:

Mau ikut mudik yaaa? emoticon-Leh Uga
TS tau gak beli nya dimana
emoticon-Leh Uga
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Bukti bahwa di indonesia itu semua orang yg penting duit duit duit

Nyawa bisa dicari kok dengan cara kimpoi emoticon-Ngakak
profile-picture
iskrim memberi reputasi
naaahh
udah gw duga pasti ada yg kayak gini
profile-picture
iskrim memberi reputasi
pandemi bikin ekonomi sulit, malah mudik yg ngeluarin biaya, ditambah beli surat. tambah lagi pengeluaran... gaya hidup boros padahal tidak mewah
profile-picture
iskrim memberi reputasi
ya pantesan bandara bisa serame itu ya
profile-picture
iskrim memberi reputasi
bisa-bisanya ya emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
iskrim dan KaaSaaR memberi reputasi
karena ad peminatnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ooNee dan 3 lainnya memberi reputasi
Ngga heran sih, pasti selalu ada aksi mencari kesempatan dalam kesempitan, semoga kalo emang bener bisa segera ditindak deh
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Selalu aja ada celah untuk mendapatkan keuntungan ditengah situasi yg lagi carut marut karena si corona ini emoticon-Belo

Tapi sungguh membahayakan, gimana jadinya kalo yg positif corona beli surat ini dan dia bebas berpergian kemana mana karena memegang surat sakti ini ? emoticon-Mad

Mau berapa ribu jiwa lagi yg terinfeksi dan meninggal ?
Mau berapa lama lagi PSBB ?
Mau sampai kapan dihantui oleh virus corona ? emoticon-Berduka (S)
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Quote:

Wani piroo emoticon-Big Grin

Quote:


Duid bukan segalanya, tapi ada duid bisa atur segalanya, ya emoticon-Leh Uga
profile-picture
bon123456789 memberi reputasi
surat yang saketi
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di