CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Kawasan Pendukung Tiga PLBN Ini Bakal Menjadi Sentra Ekonomi Baru
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebf802ba2d195102d384be1/kawasan-pendukung-tiga-plbn-ini-bakal-menjadi-sentra-ekonomi-baru

Kawasan Pendukung Tiga PLBN Ini Bakal Menjadi Sentra Ekonomi Baru

Kawasan Pendukung Tiga PLBN Ini Bakal Menjadi Sentra Ekonomi Baru

JAKARTA - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) akan melakukan pengembangan kawasan pendukung Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Ada tiga PLBN yang akan dipoles, yakni Aruk di Kabupaten Sambas, Motaain di Kabupaten Belu, dan Skouw di Kota Jayapura.

Kepala BNPP sekaligus Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghendaki kawasan pendukung PLBN menjadi sentra ekonomi dan perdagangan baru. Kawasan di perbatasan itu harus bisa memberikan pengaruh kepada negara tetangga.

"Tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya. Namun, yang lebih penting ke luar daerah sebelah, negara tetangga," tutur Tito dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Sabtu (16/5/2020).

Baca Juga:

Pada periode pemerintahan Jokowi memang sudah membangun berbagai infrastruktur dan fasilitas di tujuh PLBN. Bahkan, rencananya membangun 11 PLBN lainnya, antara lain, Jagoi Babang di Kabupaten Bengkayang, Sota di Kabupaten Merauke, serta Sei Pancang Sebatik dan Long Midang di Kabupaten Nunukan. (Baca juga: PKS Tagih Janji Presiden Kebut Tes Corona).

Tito meminta BNPP membuat market intelegent untuk mengindentifikasi kebutuhan di kawasan perbatasan negara itu. Itu untuk mempercepat kawasan pendukung PLBN Aruk, Motaain, dan Skouw menjadi sentra ekonomi dan perdagangan baru.

Mantan Kapolri itu memerintahkan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris BNPP Suhajar Diantoro, untuk membagi pejabat BNPP menjadi tiga tim. Masing-masing tim melakukan pengumpulan data yang diperlukan untuk mendukung rencana pengembangan kawasan tiga PLBN itu. "Saya minta laksanakan secepatnya, minggu depan harus jadi," pungkasnya.


Sumber : https://nasional.sindonews.com/read/...aru-1589601950

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Kawasan Pendukung Tiga PLBN Ini Bakal Menjadi Sentra Ekonomi Baru BPKH Salurkan Ribuan Paket Sembako untuk Ustaz dan Marbot Terdampak Covid-19

- Kawasan Pendukung Tiga PLBN Ini Bakal Menjadi Sentra Ekonomi Baru Pembukaan Sekolah Sebaiknya Setelah Kasus Covid-19 Turun Drastis

- Kawasan Pendukung Tiga PLBN Ini Bakal Menjadi Sentra Ekonomi Baru Selama Pandemi, Hetifah Sjaifudian Jadi Melek Teknologi dan Makin Kreatif

profile-picture
darmawati040 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di