CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Carut Marut Penyaluran Bansos di Jombang, Data Kemensos Tidak Update
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebf504ac0cad77bac7c57b0/carut-marut-penyaluran-bansos-di-jombang-data-kemensos-tidak-update

Carut Marut Penyaluran Bansos di Jombang, Data Kemensos Tidak Update

Carut Marut Penyaluran Bansos di Jombang, Data Kemensos Tidak Update
iNews.id – Penyaluran bantuan sosial (bansos) di masa pandemi Covid-19 banyak yang kacau dan tidak tepat sasaran. Seperti yang terjadi di Jombang, Jawa Timur (Jatim), perangkat desa, pegawai negeri sipil (PNS) hingga pegawai bank justru terdaftar sebagai penerima bansos.

Akibatnya, banyak kepala desa di Jombang geram dan marah karena merasa diadu oleh Kementerian Sosial dengan warga. Saat data warga yang berhak menerima bansos keluar, mereka yang merasa lebih berhak namun tak terdaftar akan marah kepada perangkat desa.

BACA JUGA: Akui Data Penerima Bansos Belum Sempurna, Jokowi Minta Warga Aktif Lapor

Seperti yang terjadi di Desa Kepatihan, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang. Menurut Kepala Desa Kepatihan, Erwin Pribadi, data yang dikeluarkan Kementerian Sosial sudah sangat tidak update. Padahal data harusnya bersifat dinamis.

“Contohnya, dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), ada dua nama perangkat desa yang tercantum, meski belum menerima bantuan,” katanya, Kamis (14/5/2020).

BACA JUGA: Warga Keluhkan Bansos Beras dari Pemda Karawang Bau dan Berkutu

Sebagai solusi awal, Erwin meminta kedua perangkat desa tersebut untuk membuat surat pernyataan tidak akan menerima bantuan tersebut. Dia menduga, saat Kementerian Sosial melakukan pendataan, kedua warga tersebut belum menjadi staf desa.

“Itu terjadi kira-kira tahun 2012, karena mereka berdua dilantik jadi perangkat desa tahun 2013 akhir. Artinya, data dari Kementerian Sosial ini sangat tidak update,” katanya.


Baca selegkapnya di iNews.id
Quote:
Kalau pemilu data lengkap.. sampai orang gila dan orang sudah meninggal pun ada datanya.

Begitu kena bansos data kacau..
emoticon-Thinking
jelas lah gak update, data tersebut seharusnya diupdate berkala oleh dinsos prov dan kabupaten kemudian dievaluasi berkala oleh kemensos.. tapi kebanyakan pns generasi lama (yg masuknya zaman nyogok atau tanpa tes) itu gak tau kerja, taunya perjalanan dinas, honorarium, pokoknya yg ada duitnya, soal data mah kagak diurus..

kalau sdh gini baru kelimpungan karena datanya mismatch, emang susah kalau negara ini diisi oleh pejabat tolol
salah wan abud lg nih.
profile-picture
binokulars memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Datanya hrs update nasib orang bisa berubah, disekitar gw byk yg uda baik nasibnya karna tanahnya laku terjual milyaran emoticon-Ngakak (S)
Pantes di goblok2in bupati , ga guna bener nih mantri emoticon-Ngakak
profile-picture
binokulars memberi reputasi
Lihat 1 balasan
siapa bilang...tiap tahun tetep ada sensus kemnsos kok. tapi sensus doang..di pake kagak
Salah Anies Bukan Nih🧐


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di